PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENCAPAI HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN PAUD

Authors

  • Melia Dwi Widayanti Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Prov. Jawa Timur
  • Eka Maulidiyah Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Prov. Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v6i2.17354

Keywords:

Cooperative Learning, Numbered Head Together, Early Childhood Education, PAUD Learning Strategy

Abstract

Guru yang memiliki kemampuan yang baik menjadi salah satu kunci tercapainya tujuan pembe- lajaran. Hasil observasi awal yang dilakukan pada mahasiswa PG PAUD Angkatan 2020 menunjukkan bahwa terdapat kemampuan yang rendah dalam mata kuliah Strategi Pembelajaran PAUD, maka peneliti mengambil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) untuk mencapai hasil belajar yang baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan ini bersifat partisipatif dan kolaboratif. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini diterapkan pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran PAUD di semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Subyek Penelitian ini adalah mahasiswa jurusan PG PAUD semester lima pada tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah mahasiswa adalah 37 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes dengan menggunakan lembar observasi dan lembar tes sebagai instrumennya. Pendekatan kuantitatif dan kualitatif digunakan sebagai analisis data. Adapun hasil dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan nilai peserta didik dalam mata kuliah Strategi Pembe- lajaran PAUD dan mencapai nilai ketuntasan minimum pada siklus II yakni sebanyak 36 mahasiswa dan satu mahasiswa belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum Hasil observasi juga menunjukkan peningkatan keaktifan mahasiswa baik secara individu maupun kelompok.

Teachers who have good abilities are one of the keys to achieving learning objectives. The re- sults of initial observations made on PG PAUD students in Batch 2020 showed that there was low ability in the PAUD Learning Strategy course, so the researchers adopted the numbered head together (NHT) cooperative learning model to achieve good learning outcomes. This type of research is classroom action research. This action research is participatory and collaborative. This study uses qualitative and quantitative approaches. This research is applied to the PAUD Learning Strategy Course in the odd semester of the 2020/2021 academic year. The subjects of this study were students majoring in PG PAUD semester 5 in the 2020/2021 academic year with a total of 37 students. Data collection techniques used in this study were observation and tests using observation sheets and test sheets as the instruments. Quantitative and qualitative ap- proaches are used for data analysis. The results of this study were that there was an increase in student scores in the PAUD Learning Strategy course and achieved a minimum completeness score in cycle II, namely, 36 students and one student had not met the minimum completeness criteria. Observations also showed an increase in student activity. both individually and in groups.

References

Adhini, I. N. (2017). THE USE OF NUMBERED HEAD TOGETHER TECHNIQUE ON STUDENTS" READING ABILITY IN NARRATIVE TEXT Collaborative/ Cooperative Learning. English Language and Literature International Conference (ELLIC), 124–128. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/ELLIC/article/view/ 2433/2479

Akbar, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas: Filosofi, Metodologi, Implementasi. Cipta Media.

Alwiyah, D., & Imaniyati, N. (2018). Keterampilan Mengajar Guru Dan Kesiapan Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal MANAJER- IAL, 17(1), 95. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9767

Andasari, W. (2015). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun

Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Jurnal Usia Dini,

(2), 40-57.https://doi.org/10.24114/js.v1i4.9074

Diana, L. M., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2018). Pengaruh Model Kooperatif Numbered

Head Together (NHT) Berbantuan Media Video terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Islam Al-Hidayah Kali- wates Jember. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 144-151. http://dx.doi.org/10.17977/ um031v3i22017p144

GP, H., Rusijono, R., Masitoh, S., & Setyawan, W. H. (2020). Collaborative-cooperative Learning Model to Improve Theology Students’ Characters: Is It Effective?. Cakrawala Pendidikan, 39(2). 409-421. 10.21831/cp.v39i2.31272

Mills, G. (2000). Action Research A Guide For The Teacher Researcher. Prentice Hall. Nurhadi, D. (2020). Pembelajaran Konstektual dan Penerapannya dalam KBK. Univer-

sitas Negeri Malang.

Permatasari, I., & Dorlina, N. (2017). PENGARUH TIPE PEMBELAJARAN NUM- BERED HEAD TOGETHER BERMEDIA MANDI BOLA BILANGAN TER- HADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-20 ANAK KELOMPOK B DI TK KARTIKA IV-9 SURABAYA. 6(3). 1-4.

Purwati, N. L. P. D., Wibawa, I. M. C., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengaruh Num- bered Head Together Berbantuan Gambar Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 282-292.

Sanjaya. (2006). Model Kooperatif (Vol. 3, Issue 1). Universitas Negeri Surabaya. Sartika, A. D., Pargito, P., & Sumardi, S. (2013). Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together Untuk Peningkatan Hasil Belajar IPS. Jurnal Teknologi Informasi

Komunikasi Pendidikan (Old), 1(1).

Suwandiari, N. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered

Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Journal of Education Action Research, 4(3), 345–353. https://doi.org/ 10.23887/jear.v4i3.27237

Shoimin, A. (2016). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. PT Rineka Cipta.

Standar Kualifikasi Guru dan Kompetensi Guru, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional (2007).

Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi. In Kumpulan Metode Pembelajaran. Pustaka Pelajar. http://history22education.wordpress.com-bloghis- toryeducation

Suwandiari, N. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Journal of Education Action Research, 4(3), 345–353. https://doi.org/ 10.23887/jear.v4i3.27237

Wayan Mimpin, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD. Journal of Education Action Research, 6(3), 376–382. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.49527

Downloads

Published

2023-03-30