PEMBELAJARAN DARING UNTUK ANAK USIA DINI: MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK SPEECH DELAY MELALUI KEGIATAN SENSORIMOTOR

Authors

  • Gheanisa Nabillah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat
  • Lenny Nuraeni Program Studi Pendidikan Masyarakat, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

Keywords:

Speech Delay, Sensorimotor Activities, Online Learning

Abstract

Terlaksana nya penelitian ini dilatarbelakangi karena permasalahan orang tua yang sulit mendampingi anak nya yang mengalami speech delay selama pembelajaran daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring ini pihak sekolah dan orang tua harus bersinergi dalam menciptakan pembelajaran yang dapat mengembangkan bahasa anak speech delay, sehingga menjadi penting bagi orang tua untuk mempelajari perkembangan bahasa anak dan cara menstimulasi nya agar orang tua dan pihak sekolah dapat mengambil tindakan yang tepat melalui kegiatan sensorimotor. Maka secara khusus tujuan dari penelitian ini adalah untuk menstimulasi perkembangan aspek bahasa anak speech delay melalui kegiatan sensorimotor sebagai pendekatan pembelajaran agar anak mampu menanamkan sikap percaya diri, melatih gerakan otot-otot kecil, menarik minat anak dalam mengikuti kegiatan sehingga mempermudah guru dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak yang mengalami keterlambatan berbicara. Penelitian dilakukan di Sekolah Gemintang dengan fokus kepada dua anak kelompok A yang mengalami speech delay. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan bahasa anak speech delay mengalami perkembangan, terlihat dari anak menjadi lebih komunikatif, dapat memahami dua perintah secara bersamaan, dan  mengulang  kalimat sederhana.

The background of this research was that it was difficult for parents to accompany their children who experienced speech delays during online learning. In the implementation of online learning, the school and parents must synergize in creating learning that can develop speech delay children's language, so parents need to learn about their child's language development and how to stimulate it so that parents and the school can take appropriate action through sensorimotor activity. So specifically the purpose of this research is to stimulate the development of the language aspect of speech delay children through sensorimotor activities as a learning approach so that children can instill an attitude of confidence, train small muscle movements, attract children's interest in participating in activities so that it is easier for teachers to improve language skills. children with speech delays. The study was conducted at the Gemintang School with a focus on two children in group A who experienced speech delay. The research method uses descriptive qualitative methods by collecting data through interviews, observations, and documentation. Data analysis techniques used in this study are data reduction, data display, and conclusion. Based on the results of the research, the language skills of speech-delayed children have developed, it can be seen from the children being more communicative, able to understand two commands simultaneously, and repeating simple sentences.

References

Alfin, J., & Pangastuti, R. (2020). Perkembangan Bahasa pada Anak Speechdelay. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 76–86. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.572

Anatasya, H., Aulia, P., & Mutiara. (2022). Implementasi Pembelajaran Guru Dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Di RA Al-Jihadiyah Bekasi Anastasya Puspita Hafidz 1 , Aulia Putri Pratiwi 2 , Mutiara 3. 1(1), 38–48. https://doi.org/10.33511/ash-shobiy.v1n1.38-47

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Deepublish.

Farida, A., & Pd, M. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. IV(2). http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v4i2.52

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25-34. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Khoiriyah. (2016). Model Pengembangan Kecakapan Berbahasa Anak Yang Terlambat Berbicara (Speech delay), 1(1), 36–45. https://www.neliti.com/publications/187403/model-pengembangan-kecakapan-berbahasa-anak-yang-terlambat-berbicara-speech-dela

Nuraeni, L., & Westisi, S. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN REGGIO EMILIA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVI-TAS ANAK DALAM KONTEKS MERDEKA BELAJAR DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA CIMAHI PADA MASA PANDEMI COVID 19. Tunas Sili-wangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(2), 51-63. doi:http://dx.doi.org/10.22460/ts.v6i2p51-63.2065

Nuraeni, L., & Riyanto, A. (2017). Efektivitas Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD (Studi Deskriptif Pada Pen-didik Paud Di Kota Cimahi). Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 4(1), 21-29. https://doi.org/10.22460/p2m.v4i1p21-29.388

Permendiknas No. 58 Tahun (2009). Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Diunduh: https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendiknas_58_09.pdf.

Wahidah, A. F. N., & Latipah, E. (2021). Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 4(1), 43–62. https://doi.org/10.15575/japra.v4i1.10940

Van, T.J.M. (2011). Pendidikan Anakku Terlambat Berbicara. Jakarta Timur: Perdana Media

Published

2023-08-21