PENERAPAN METODE BERCERITA AUDIO VISUAL UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI MASA PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Nurmalah Nurmalah Taman Kanak-kanak (TK) Puzzle, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat
  • Ema Aprianti Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v6i3.17420

Keywords:

Audio-Visual Storytelling Method, Cognitive Ability, Online Learning

Abstract

Dalam mengembangkan kemampun kognitif anak dibutuhkan metode yang sesuai dengan kebutuhan dan minat anak dalam pelaksanaannya yang dilakukan secara daring, melalui bercerita audio-visual diharapkan akan mampu mengembangkan kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Puzzle. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kegiatan-kegiatan dalam pembelajaran, kurangnya stimulus dalam kegiatan berhitung, merangkai kata dalam kalimat, hal tersebut dapat mengambat kemampuan kognitif anak selama pembelajaran daring. Maka dari itu peneliti mengambil solusi untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan mengembangkan kemampun kognitif anak dengan penerapan metode cerita audio-visual yang dilakukan secara pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan lembaga di TK Puzzle pada anak kelompok B  yang berjumlah delapan anak yang terdiri dari lima anak laki-laki dan tiga anak perempuan. Metode pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan reduksi data,  display data dan menarik kesimpulan. Dari hasil pengamatan selama melakasanakan penelitian dilakukan di TK Puzzle di kelompok Bdiperoleh hasil dengan pelaksanaan kegiatan penerapan metode bercerita audio visual  yang dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak kelompok B yang dilakukan selama pembelajaran daring berkembang sesuai yang diharapkan, perkembangan kognitif anak berkembang dengan baik.

In developing children's cognitive abilities, a method that suits the needs and interests of children is needed in its implementation, which is carried out online through audio-visual storytelling. It is hoped that it will be able to develop the cognitive abilities of group B children in Puzzle Kindergarten. This research is motivated by the lack of activities in learning, the lack of stimulus in counting activities, and assembling words in sentences. These can hinder children's cognitive abilities during online learning. Therefore, researchers took a solution to develop children's cognitive abilities with the aim of knowing the implementation of developing children's cognitive abilities by applying the audio-visual story method, which was carried out online learning. This research was carried out by an institution at Puzzle Kindergarten in group B children, totaling eight children consisting of 5 boys and three girls. The method in this study uses descriptive qualitative methods with data collection techniques of observation, interviews, and documentation, data analysis using data reduction, data display, and drawing conclusions. From the observations during the research conducted at the Puzzle Kindergarten in group B, the results obtained by implementing the activities of applying the audio-visual storytelling method that can develop the cognitive abilities of children in group B, which is carried out during online learning, develops as expected, children's cognitive development develops well.

References

Anjani, K. S., Wirya, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2013). PENERAPAN METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK A DI PAUD PRADNYA PARAMITA. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1538

Hasnida. (2014). Media Pembelajaran Kreatif Mendukung Pembelajaran Pada AUD. Jakarta: PT Luxima Metro Media.

Husdarta, J. S., & Kusmaedi, N. (2010). Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik: Olahraga dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Izzati, L., & Yulsyofriend, Y. (2020). Pengaruh metode bercerita dengan boneka tangan terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 472-481.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2020). Tentang Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Covid-19.

Khadijah, K. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Grup.

Madyawati. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Grup.

Moleong, L.J. (2004) Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mutiah, D. (2015). Psikologi Bermaina Anak Usia Dini. Kencana. Jakarta.

Permendikbud 137 Tahun 2014 Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Formal.

Permendikbud 146 Tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Rahmatika, P., Hartati, S., & Yetti, E. (2019). Metode Pembelajaran Mind Map dan Bercerita dengan Gaya Kognitif, Pengaruhnya terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 548-560. 10.31004/obsesi.v3i2.260

Rusman, (2014) Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi ke Dua. Jakarta: PT Raja Grafindo Prakasa.

Setiawan, W., & Aprianti, E. (2018). Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika melalui Biblioterapi Anak Usia Dini Kelompok A di Kober Warna Plus. Jurnal Ceria, 1(4), 7-15. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i4.p7-15

Susanto, A. (2015).Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Tabany. (2014). Mendesain Model pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media Grup.

Tanfidiyah, N., & Ferdian Utama. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 9–18. https://doi.org/10.14421/jga.2019.43-02

Downloads

Published

2023-07-09