ANALISIS METODE MONTESSORI DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER MANDIRI PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Ita Loka FIP UPI , Jl. Setiabudi No. 229 Gd. FIP, UPI, Sukasari Bandung, Jawa Barat
  • Aan Listiana FIP UPI , Jl. Setiabudi No. 229 Gd. FIP, UPI, Sukasari Bandung, Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v6i3.17464

Keywords:

Montessori Method, Independent Character, Early Childhood

Abstract

Kemandirian untuk anak usia dini itu sangat penting, namun nyatanya masih banyak anak usia dini yang kemandirian dalam dirinya belum muncul. Oleh karena itu, perlu ditemukan metode yang sesuai untuk membantu mengembangkan karakter mandiri anak usia dini. Metode montessori merupakan salah satu cara untuk mengembangkan kemandirian anak. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah metode Montessori dalm mengembangkan kemandirian pada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam artikel ini merupakan sistematik review dengan teknik analisis data tematik. Untuk mencari sumber-sumber yang relevan, penulis menggunakan database seperti Google Scholar, Crossref, dan Semantic Scholar. Dalam pencarian awal, penulis berhasil mengidentifikasi 20 jurnal yang kemudian disaring berdasarkan kriteria eksklusif, seperti tujuan penelitian, metode penelitian, bahasa, dan relevansi dengan metode Montessori dan dibentuknya kemandirian pada anak usia dini. Dari proses seleksi tersebut, penulis berhasil menemukan jurnal-jurnal yang memiliki hubungan yang cukup erat dengan dibentuknya kemandirian untuk anak dengan menerapkan metode Montessori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Montessori dapat digunakan dalam membentuk karakter mandiri pada anak usia dini. Kegiatan Parctical Life Skill dalam metode Montessori efektif untuk membangun kemandirian anak melalui cara guru membiasakan anak dalam melakukan kegiatan sendiri secara berulang dan anak dibebaskan dalam berekplorasi untuk dikembangkannya bakat serta minat berdasarkan kemampuan anak. 

Independence for early childhood is very important, but in fact there are still many young children whose independence in themselves has not emerged. Therefore, it is necessary to find appropriate methods to help develop the independent character of early childhood. The Montessori method is one way to develop children's independence. This study aims to examine the Montessori method in developing independence in early childhood. The method used in this article is a systematic review using thematic data analysis techniques. To find relevant sources, the authors use databases such as Google Scholar, Crossref, and Semantic Scholar. In the initial search, the authors managed to identify 20 journals which were then filtered based on exclusive criteria, such as research objectives, research methods, language, and relevance to the Montessori method and the formation of independence in early childhood. From this selection process, the authors managed to find journals that had a fairly close relationship with the formation of independence for children by applying the Montessori method. The results of this study indicate that the Montessori method can be used in forming independent characters in early childhood. Practical Life Skill activities in the Montessori method are effective for building children's independence through the way the teacher accustoms children to doing their own activities repeatedly and frees children to explore to develop talents and interests based on children's abilities.

References

Adisti, A. R. (2016). Perpaduan Konsep Islam dengan Metode Montessori dalam Membangun Karakter Anak. Mudarrisa : Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(1), 61-88. https://doi.org/10.18326/mdr.v8i1.61-88

Anugrahana, A. (2019). Penyusunan Album Keterampilan Hidup Sehari-Hari Untuk Anak Usia 2-6 Tahun Berdasar Pada Metode Montessori. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(2), 122-131. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p122-131

Atalia, Ferawati, D., & Multahada, A. (2021). Upaya Guru dalam Melatih Kemandirian Anak Usia Dini. PRIMEARLY Jurnal Kajian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, 4(1), 27-34. https://doi.org/10.37567/prymerly.v4i1.391

Budiani, Y. S. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter Metode Montessori di Jogjakarta Montessori School. Jurnal utsjogya MMP (Media Manaemen Pendidikan), 2(2), 251-259. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i2.5072

Damayanti, E. (2020). Meningkatkan Kemandirian Anak melalui Pembelajaran Metode Montessori. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 463-470.

Elytasari, S. (2017). Metode Montessori dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. 3(1), 59-73. 10.31004/obsesi.v4i1.333

Adisti, A. R. (2016). Perpaduan Konsep Islam dengan Metode Montessori dalam Membangun Karakter Anak. Mudarrisa : Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(1), 61-88. https://doi.org/10.18326/mdr.v8i1.61-88

Idham, S. M., Daud, M., & Zainuddin, K. (2018). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Montessori terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. 1-11. http://eprints.unm.ac.id/8334/

Imamah, H. (2019). Implementasi Metode Montessori dalam Mengembangkan Ketrampilan Sosial Anak Sekolah Dasar. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 190-199. https://doi.org/10.32665/ulya.v4i2.757

Indyati, F., Suryana, D., & Wirman, A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Metode Montessori terhadap Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3267-3280. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.838

Khulusinniyah, & Masrurah, Z. (2021). Implementasi Metode Montessori untuk Mengembangkan Kemandirian Anak di Ra Miftahul Ulum Manggisan Jember. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini atthufula, 1(2), 47-52. 10.35316/atthufulah.v1i2.1367

Krobo, A. (2021). Kemandirian Anak Mengurus Diri Sendiri Dikembangkan Melalui Metode Pembiasaan. PERNIK Jurnal PAUD, 4(2), 70-77. https://doi.org/10.31851/pernik.v4i2.5449

Kurniawati, N., & Hayati , T. (2020). Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Practical Life. JAPRA Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 3(1), 49-60. https://doi.org/10.15575/japra.v3i1.8105

Nasution, R. A. (2017). Penanamana Disiplin dan Kemandirian Anak Usia Dini dalam. RAUDHAH, 5(2), 1-16. http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v5i2.179

Ningsih, S., Wiyono, B. B., & Atmoko, A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Montessori dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian dan Pengembangan, 6(2), 292-299. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i2.14503

Sari, D. Y. (2018). Pengaruh Bimbingan Guru dalam Mengembangkan Kemandirian dan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 35-44. https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4436

Sunarti, C., S, W., & Sumitra, A. (2018). Pembentukan Karakter Mandiri pada Anak Usia Dini Melalui Metode Montessori di TK Almarhamah Cimahi. Jurnal Ceria, 1(2), 47-57. http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v1i2.p47-57

Suryadi. (2018). Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Masalah. El-Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 1-7. 10.54125/elbanar.v2i1.22

Ulinna'ma, M. N., Subkhan, & Hidayati, Z. (2022). Pelatihan Kemandirian Anak Usia Dini dengan Metode. Servis : Jurnal Pengabdian dan Layanan, 1(1), 1-7.

Wulandari, D. A., Saifuddin, & Muzakki, J. A. (2018). Implementasi Pendekatan Metode Montessori dalam Membentuk Karakter Mandiri pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 1-19. 10.24235/awlady.v4i2.3216

Yuliastutie, K. L., & Supriyadi. (2022). Pengaruh Pendekatan Metode Montessori dalam Membentuk Karakter Kemandirian pada Anak Usia Dini. Arus Jurnal Pendidikan (AJUP), 2(2), 185-195. https://doi.org/10.57250/ajup.v2i2.97

Downloads

Published

2023-06-12