DAMPAK PENYELENGGARAAN AKTIVITAS BACA, TULIS DAN HITUNG (CALISTUNG) PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Siska Apriyanti Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat
  • Ema Aprianti Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

Keywords:

Calistung, Early Childhood.

Abstract

Kemampuan membaca, menulis dan berhitung (calistung) merupakan standar pendidikan yang harus dimiliki oleh anak. Maka, setiap anak selama proses pembelajaran dari setiap tingkatan pendidikan harus mulai belajar mengenal, mencoba serta mengaplikasikan keterampilan calistung. Namun dalam hal ini, masih terjadi beberapa selisih pendapat mengenai penerapan pembelajaran calistung di tingkat PAUD. Sehingga dalam hal ini menimbulkan kajian mengenai dampak dari penerapan calistung di tingkat PAUD. Sehingga dalam penelitian ini akan mengambil judul Dampak Penyelenggaraan Calistung pada Anak Usia Dini. Rumusan masalah disini adalah apa dampak dari pembelajaran calistung pada anak usia dini. Mengetahui dampak yang ditimbulkan apabila diselenggarakannya pembelajaran calistung pada anak usia dini merupakan tujuan dari penelitian ini. Deskriptif adalah metode penelitian yang digunakan dan kualitatif adalah pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Observasi, wawancara dan dokumentasi adalah Teknik pengumpulan data yang digunakan. Teknik analisis naratif digunakan dalam penelitian ini. Lokasi Penelitian dilaksanakan di KB Az-Zahra Cicalengka. Kemudian didapatkan kesimpulan dimana dampak dari penyelenggaraan calistung di KB Az-Zahra terdiri dari dua dampak, yaitu dampa positif dan dampak negatif. Adapun dampak positif meliputi: anak lebih mudah dan cepat mengikuti pembelajaran, Kemudian dampak negatif dari penyelenggaraan calistung meliputi: cepat menghadapi stress, lebih sering berbuat gaduh, gangguan psikis sebab tuntutan.

The ability to read, write and count (calistung) is an educational standard that must be possessed by children. So, every child during the learning process from every level of education must begin to learn to recognize, try and apply calistung skills. However, in this case, there are still some differences of opinion regarding the application of calistung at the PAUD level. So that in this case it raises a study on the impact of the application of calistung at the PAUD level. So in this study will take the title Impact of Implementation of Calistung on Early Childhood. The formulation of the problem here is what is the impact of learning calistung on early childhood. Knowing the impact of calistung learning in early childhood is the goal of this research. Descriptive is the research method used and qualitative is the approach used in this research. Observation, interviews and documentation are data collection techniques used. Narrative analysis technique is used in this study. The location of the research was carried out in KB Az- Zahra Cicalengka. Then it was concluded that the impact of the implementation of calistung in KB Az-Zahra consisted of two impacts, namely positive impacts and negative impacts. The positive impacts include: children are easier and faster to follow learning, Then the negative impacts of organizing calistung include: quickly dealing with stress, making noise more often, psychological disorders due to demands.

References

Aprianti, E. (2018). Penerapan pembelajaran BCM (bermain, cerita, menyanyi) dalam konteks perkembangan sosial emosional anak usia dini di Kober Baiturrohim Kabupaten Bandung Barat. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 195-211. https://doi.org/10.22460/ts.v3i2p195-211.651

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). 50-58. 10.30595/dinamika.v8i1.943

Depdiknas (2000). Permainan Berhitung di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dinas Peningkatan Mutu Taman Kanak-kanak.

Eviana, E., Thamrin, M., & Ali, M. (2015). Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 4 (5). 1-11. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i5.10095

Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of clap hand games for optimalize cogtivite aspects in early childhood education. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162-169. 10.31004/obsesi.v2i2.76

Hasan, M. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Diva Press.

Marlisa, L. (2016). Tuntutan Calistung Pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(3), 25-38. https://core.ac.uk/download/pdf/230724812.pdf

Munawwarah, H. (2020). Strategi Pengenalan Membaca, Menulis dan Berhitung (CALISTUNG) Pada Anak Usia Dini Kelompok B2 di PAUD Terpadu Santa Maria Banjarmasin. https://idr.uin-antasari.ac.id/14163/

Nasir, A. (2018). Polemik Calistung Untuk Anak Usia Dini (Telaah Konsep Development Approriate Practice). ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 6(2), 325-343. http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v6i2.4759

Parapat, A. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI: Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, dan Praktisi PAUD. EDU PUBLISHER.

Rachman, Y. A. (2019). Mengkaji Ulang Kebijakan Calistung pada Anak Usia Dini. Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, 2(2). 14-22. https://doi.org/10.31869/jkpu.v2i2.1538

JIIP, R. (2019). 5 MENINGKATKAN KEMAMPUAN CALISTUNG MELALUI PERMAINAN GAMBAR PADA SISWA SD NEGERI 9 HU’U TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020: 1. Dyan Mardani, 2. Nisaulhak. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(2), 262-267. Retrieved from http://www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/53

Saputra, A. (2019). Pendidikan Anak Pada Usia Dini. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 10(2), 192 - 209. Retrieved from https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/176

Sugiyono, S. (2017). METODE PENELITIAN kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabet: Bandung.

Suyadi,S., & Ulfah, M. (2017) KONSEP DASAR PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Tursina, A., Khamitcaeva, E., Gnida, D., & Kaczorowski, D. (2018). CePd2Al8–A ferromagnetic Kondo lattice with new type of crystal structure. Journal of Alloys and Compounds, 731, 229-234. https://doi.org/10.1016/j.jallcom.2017.10.031

Wicaksono, G. (2016). PERLINDUNGAN HUKUM PESERTA DIDIK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA). https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/8756

Wulansuci, G., & Kurniati, E. (2019). Pembelajaran calistung (membaca, menulis, berhitung) dengan resiko terjadinya stress akademik pada anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 5(1), 38-44. https://doi.org/10.22460/ts.v5i1p44-50.1272

Published

2023-08-10