BELAJAR DARI RUMAH: MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGANYAM
Keywords:
Fine Motor Skills, Weeding Activities, Learning From HomeAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta di lapangan bahwa kemampuan motorik halus anak usia usia 5-6 tahun di Kober Al-Humairo masih rendah dikarenakan pemilihan metode pembelajaran yang kurang menarik dan kurang bervariasi. Kegiatan menganyam merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang dipilih dalam penelitian ini. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan skenario dan implementasi dari kegiatan menganyam terhadap kemampuan motorik halus anak pada masa belajar dari rumah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian anak usia 5-6 tahun Kober Al-Humairo yang berjumlah 12 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan bahwa skenario dan implementasi kegiatan menganyam pada masa belajar dari rumah sudah dilakukan sesuai dengan perencanaan dan langkah-langkah pembelajaran. Dan ditemukan hasil bahwa dengan melalui kegiatan menganyam yang di implementasikan pada anak kelompok B di Kober Al-Humairo mampu melatih kelenturan jari-jari tangan, kecermatan dan ketelitan saat mengkoordinasikan gerakan mata dan tangan, mampu mengembangkan pengetahuan anak melalui pengenalan warna dan bentuk, serta menjadi solusi bagi guru dalam menyampaikan pembelajaran yang kreatif dan menarik pada saat belajar dari rumah.
This study is motivated by the fact that in the field, the fine motor skills of children aged 5–6 years in Kober Al-Humairo are still low due to the selection of learning methods that are less interesting and less varied. Weeding activities are one of the learning activities selected in this study. Therefore, this study aims to describe the scenario and implementation of sympathetic activities for children's fine motor skills during learning from home. This study used qualitative descriptive methods with the research subjects, 5–6-year olds Kober Al-Humairo, who numbered 12 learners. Data collection was done using interview instruments, observation sheets, and documentation. Data is analyzed through data reduction, data display, and verification or withdrawal of conclusions. Based on the results of the research, the scenario and implementation of weeding activities during learning from home have been done by planning and learning steps. It was found that through weeding activities implemented in group B, children in Kober Al-Humairo were able to train the flexibility of the fingers, accuracy, and rigor when coordinating eye and hand movements, develop children's knowledge through the introduction of color and shape, and be a solution for teachers in delivering creative and interesting learning when learning from home.
References
Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2019). Pengembangan kemampuan bahasa reseptif anak usia dini dalam memperkenalkan bahasa inggris melalui flash card. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 274-279. 10.31004/obsesi.v4i1.301
Alam, S. K. (2018). Efforts to increase the group of teacher competency through the teacher work groups in central bakung cimahi. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Sili-wangi, 5(2), 106-113. https://doi.org/10.22460/p2m.v5i2p106-113.1061
Dewi, N. K. A. R., Suara, I. M., & Zulaikha, S. (2014). Metode Pemberian Tugas Ber-bantuan Media Konkret Kegiatan Menganyam Kertas Untuk Meningkatkan Kemam-puan Motorik Halus Anak Kelompok B TK Kumara Jaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3235
Handayani, O. D. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pelaksanaan Belajar dari Rumah pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1754-1763. 10.31004/obsesi.v5i2.975
Herlina, E., & Aprianti, E. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK DENGAN METODE BERCAKAP-CAKAP MELALUI MEDIA BALON PINTAR PADA KELOMPOK A DI PAUD SENYUM ANANDA BANDUNG. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(6), 647-656. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i6.p%25p
Huliyah, M. [2017]. Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 60-71. https://moraref.kemenag.go.id/documents/article/98446958070338043
Kementrian Riset Teknologi dan PendidikanTinggi. (2016). Kebijakan Pendidikan Jarak Jauh dan E-Learning di Indonesia Pembelajaran berbasis Teknologi Group growth Individual growth. Ministry of Research, Technology, & Higher Education, 1–21.
Mulyani, N. (2018). Pengembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Permendikbud. (2013). Permendikbud No.65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rukmandari, O. D., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). UPAYA MELATIH KE-MANDIRIAN PADA ANAK BERDASARKAN ORANG TUA YANG BEKER-JA. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(5), 457-467. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i5.p%25p
Suharti, & Kholis, N. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HA-LUS MELALUI KEGIATAN MEWARNAI. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 37-52. Retrieved from https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/222
Salamah, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mengan-yam Dengan Media Kain Perca Pada Anak Kelompok B Di Tk Dharma Wanita 01 Pegandan Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati . Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 63 - 72. https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i6.229
Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV Alfabeta.
Windarsih, C. A. [2017]. Aplikasi Teori Umpan Balik (Feedback) Dalam bela-jaran Motorik Pada Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Pro-gram Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Ba dung, 2(1), 20-29. https://doi.org/10.22460/ts.v2i1p20-29.306
Yunita, A., Fatimah, A., & Fahmi, F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidi-kan Anak Usia Dini, 8(1). 25-34. http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v8i1.11742