UPAYA ORANG TUA DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI DALAM KELUARGA

Authors

  • Zukabibah Zukabibah Kelompok Bermain (Kober) At-Thohiriyah, Kab. Garut, Prov. Jawa Barat
  • Ayu Rissa Atika Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

Keywords:

Parent's Effort, Family, Discipline

Abstract

Disiplin sangat penting diajarkan pada anak untuk mempersiapkan anak belajar hidup sebagai makhluk sosial. Disiplin merupakan tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. Terkait dengan upaya orang tua untuk menanamkan disiplin tersebut, penelitian bertujuan untuk menanamkan kedisiplinan anak melalui kegiatan pembiasaan kedisiplinan dalam belajar, hidup bersih dan sehat dan pada saat melakukan ibadah pada kelompok A di PAUD At-Thohiriyah. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif  dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah lima peserta didik PAUD At-Thohiriyah dan orang tua peserta didik PAUD At-Thohiriyah yang berperan sebgai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya orang tua dalam kegiatan pembiasaan kedisiplinan anak dalam belajar, hidup bersih dan sehat, kemudian dalam beibadah menunjukan hasil yang sangat signifikan ini terlihat dari kegiatan pertama yang menunjukan penilaian Mulai Berkembang dikegiatan akhir menunjukan penilaian berkembang sangat baik.

Discipline is very important to be taught to children to prepare children to learn to live as social beings. Discipline is an action that shows orderly behavior and obeys various rules and regulations. Regarding the efforts of parents to instill this discipline, the research aims to instill discipline in children through habituation of discipline in learning, living clean and healthy and when doing worship in group A in PAUD At-Thohiriyah. This research approach is qualitative and the data collection technique uses observation and interviews. The subjects in this study were five PAUD At-Thohiriyah students and parents of PAUD At-Thohiriyah students who acted as informants. The results showed that the efforts of parents in the activities of habituation of children's discipline in learning, living clean and healthy, then in worship showed very significant results, this was seen from the first activity which showed an assessment of Beginning to Develop in the final activity, the assessment developed very well.

References

Aziz, O. F. (2017). Peranan Orang Tua Dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Pada Lingkungan Keluarga (Studi Kasus Di Dusun Kukap Desa Poncosari Kecamatan Srandakan). Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(2), 158-171. 10.21831/diklus.v1i2.23867

Beaty, J.J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Ketujuh. Jakarta: Kencana Prenada Media

Fitri. A.Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Kusuma, D. (2016). Pengertian Karakter menurut Ahli. Retreived June 11, 2020 From https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-karakter/

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nadliroh, I. (2018). Pengertian pola asuh orang tua terhadap anak. Retreived March 4, 2022. From:https://www.kompasiana.com/iinnadliroh/5b8e82c2ab12ae0f1113bbb2/pola-asuh-menurut-kacamata-para-ahli

Nurmala, M., & Aprianti, E. (2018). UPAYA PENGEMBANGAN DISIPLIN ANAK DENGAN METODE PEMBIASAAN PEMBERIAN KALUNG ANGKA PADA KELOMPOK B3 DI RA AL-JIHAD PADALARANG. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(2), 14-20. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i2.p14-20

Sugiyono, S. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif KuaAssegaftif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta. 123-227

Sutirna. (2014). Perkembangan dan Pertumbuhan Peserta Didik. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Zainal. (2009). Pengertian Disiplin Menurut Ahli. Retreived June 6, 2020 from https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/08/20-pengertian-disiplin-menurut-para-ahli.html

Published

2023-08-20