Media Loose Part: Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini

Authors

  • Emay Maryanti Pos Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Hebras 10, Cimahi
  • Ririn Hunafa Lestari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi https://orcid.org/0000-0003-2560-7469
  • Aghnia Farrassyania Azhar Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

Keywords:

Fine Motoric Skill, Loosepart

Abstract

Bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan, dan anak usia dini belajar melalui bermain. Salah satu kemampuan yang dapat dikembangkan dalam bermain adalah kemampuan fisik motoric salah satunya adalah kemampuan motoric halus. Kemampuan motorik halus dapat dikembangkan melalui kegiatan bermain dengan loose part sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Loose part sebagai media pembelajaran merupakan salah satu media yang dapat disusun, dirangkai, digabungkan, dipindahkan dan yang lainnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anak.  Penelitian ini bertujuan untuk membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan motorik halus dengan media loose part. Penelitian ini dilaksanakan di lembaga PAUD di kota Cimahi dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan subjek penelitan adalah anak  kelompok A dan guru. Analisis data yang digunakan adalah reduksi dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitan menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan media loose part dapat meningkatkan kemampuan motoric halus di kelas kelompok A, bahwa kemampuan motoric awal peserta didik yang sudah baik sebanyak dua orang dari delapan orang peserta didik, setelah mengikuti kegiatan meningkat sebanyak tiga orang  menjadi lima orang peserta didik yang kemampuan motoriknya berkembang sesuai harapan pada hasil akhir  kemampuan motoric halus peserta didik.

Playing is a fun activity, and young children learn through playing. One of the abilities that can be developed in playing is physical motor skills, one of which is fine motor skills. Fine motor skills can be developed through playing activities with loose parts as a learning medium that can be used to help improve children's fine motor skills. A loose part as a learning medium is a medium that can be arranged, assembled, combined, moved, and so on, according to the child's wishes and needs. This research aims to help students improve their fine motor skills using loose-part media. This research was carried out at an Early Childhood institution in the City of Cimahi using a qualitative descriptive research method. Data collection was obtained through observation, interviews, and documentation, with the research subjects being group A children and teachers. The data analysis used is data reduction and presentation, as well as conclusion. The results of the research show that learning using loose part media can improve fine motor skills in group A classes and that the initial motor skills of two students out of eight students were already good after taking part in the activity. The Students whose motor skills develop according to expectations for the final results of students' fine motor skills.

References

Adam, S. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi siswa kelas X SMA Ananda Batam. Computer Based Information System Journal, 3(2). 78-90. Retrieved from https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis/article/view/400

Ardyatmika, I. A. I. A., Parmiti, D. P., Ujianti, P. R., & Psi, S. (2016). Penerapan metode bermain melalui media playdough untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak Kelompok A Semester II Di TK Widya Kumarasthana Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jjpaud/article/view/7757

Azizah, S., Munawar, M., & Ds, A. C. (2020). Analisis metaphorming melalui media loose parts pada anak usia dini Kelompok B Paud Unggulan Taman Belia Candi Semarang. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 57-71. https://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/5745

Hadiyanti, S. M., Elan, E., & Rahman, T. (2021). Analisis media loose part untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini. Jurnal PAUD Agape-dia, 5(2), 237-245. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i2.40920

Hasjiandito, A., Adiarti, W., & Wantoro, W. (2016). Efektivitas media pembelajaran berbasis powerpoint tema agama di KB-TK Assalamah Ungaran Kabupaten Sema-rang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 33(1), 7-12. https://journal.unnes.ac.id/nju/JPP/article/view/7660

Haughey, S., & Hill, N. (2017). Loose Parts: A Start-Up Guide. Fairy Dust Teaching.

Khadijah., & Amelia, N. (2020). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Jakar-ta:Kencana

Siyoto, S., & Sodik, A, M. (2015). Dasar metodologi penelitian. Yogyakarta: Literasi Media

Sugiyono, S. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tohirin, (2016). Metode penelitian kualitatif dalam pendidikan dan bimbingan konseling. Jakarta. Raja Grafindo Pancasila

Wiyani., Ardy. N., & Barnawi. 2012. Formad PAUD: Konsep, karakter, dan implemen-tasi pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Ar-Ruz

Published

2024-07-13