PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Eva Nironi Taman Kanak-kanak (TK) Pandu, Kota Bandung, Prov. Jawa Barat
  • Dedah Jumiatin Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

Keywords:

Early Reading, Early Childhood, Snake And Ladder Game

Abstract

Media pembelajaran yang diberikan masih kurang dalam menstimulus membaca permulaan anak usia 5 tahun di TK Pandu disebabkan oleh kurang menarik untuk anak karena hanya disediakan buku, lembar kerja anak ataupun permainan yang monoton, sehingga minat anak dalam membaca permulaan kurang. Media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5 tahun di TK Pandu adalah permainan ular tangga. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak dengan media pembelajaran permainan ular tangga. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Research and Development  (R and D). Subjek penelitian ini adalah 1) Peserta didik kelompok B, 2) Guru kelas kelompok B. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif dimana data kualitatif diperoleh dari masukan validator. Sedangkan teknik kuantitatif diperoleh dari data yang memaparkan hasil pengembangan produk. Hasil penelitian pengembangan produk berupa permainan ular tangga berukuran besar yang terbuat dari bahan karpet bongkar pasang evamart dengan penambahan kata-kata yang dilaminating sesuai dengan tema yang berlangsung. Hasil uji coba menunjukkan anak yang mulai berkembang (MB) satu anak, yang berkembang (B) 2 anak, yang berkembang sesuai harapan (BSH) 6 anak, dan yang berkembang sangat baik 1 anak, tidak ada anak yang belum berkembang (BB).

The learning media provided is still lacking in stimulating reading the practice of children aged 5 years in Pandu Kindergarten due to the lack of interest for children because only books, children's worksheets, or monotonous games are provided so that children's interest in reading at the beginning is less. The learning medium to improve the reading ability of the beginning 5-year-olds in Pandu Kindergarten is a game of snakes and ladders. The purpose of the study was to improve initial reading skills in children learning media for snakes and ladders games. The research method uses the Research and Development (R and D) development model. The subjects of this study were 1) Students of group B, and 2) Class teachers of group B. Data collection techniques, namely through observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques use qualitative and quantitative analysis techniques where qualitative data is obtained from validator input. Meanwhile, quantitative techniques are obtained from data that explains the results of product development. The results of product development research are in the form of a large snakes and ladders game made of evamart unloading carpet material with the addition of laminating words according to the direct theme. The results of the trial showed that the child who began to develop (MB) one child, who had a bang (B) 2 children, who developed as expected (BSH) 6 children, and who developed very well 1 child, no undeveloped child (BB)

References

Darwadi. (2002). Langka-langkah Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia.

Hainstock, L. J. (2002). Seasonal photochemistry, growth dynamics, and carbon alloca-tion of the wild blueberry plant (Vaccinium angustifolium Ait.).

Kurniawati, R., & PG PAUD, F. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berhitung dengan Permainan Ular Tangga Pada Anak Kelompok B TK Yunior Surabaya. PAUD Tera-tai, 2(1), 24-25. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/1286

Moleong, L. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Putri, S. N. A. (2019). Pengaruh Permainan Ular Tangga Kata Besar Modifikasi Ter-hadap Kemampuan Membaca Anak di Tk Islam Khairaummah. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 6(1). 1-11. https://doi.org/10.24036/104538

Siyoto, S., & Sodik, A, M. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media

Sugiyono, E. I. (2014). Pengembangan bahan ajar menyimak berbasis multimedia inter-aktif dalam model belajar mandiri untuk sekolah menengah pertama. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2). 83-89. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/6619/4779

Suryana, Y. (2016). PENGARUH OLAHRAGA TRADISIONAL GOBAK SODOR (GALAH ASIN) TERHADAP KELINCAHAN DAN KERJASAMA PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN DI RENGASDENGKLOK KARAWANG (Doc-toral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). http://repository.upi.edu/23698/

Susanto (2011) membaca permulaan https://radar Semarang .jawapos.com/artikel-guruku/2022/03/11/pembelajaran-membaca-permulaan-dengan-kartu-huruf/ https://fatkhan.web.id/pengertian-media-pembelajaran-permainan-ular-tangga/

Tjoe, J. L. (2013). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pemanfaatan multimedia. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 17-48. https://media.neliti.com/media/publications/118623-ID-peningkatan-kemampuan-membaca-permulaan.pdf

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional pasal 1 ayat 14

Widoyoko, E. P. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Published

2023-08-10