MEDIA PEMBELAJARAN LOOSE PARTS DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI

Authors

  • Hanna Widia Komara Taman Kanak-kanak (TK) Gemintang, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat
  • Rohmalina Rohmalina Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi

Keywords:

Loose Parts, Early Childhood, Creativity

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya tingkat kreativitas anak usia dini untuk berkreasi, menuangkan ide dan gagasan sendiri. Hal ini terlihat ketika anak masih bingung dan kurang percaya diri ketika harus membuat suatu karya bebas tanpa diberi contoh oleh guru. Berdasarkan hasil analisis data penelitian sebelumnya didapat bahwa kurangnya kreativitas pada anak disebabkan oleh pembelajaran yang monoton dengan media yang kurang menarik, maka diperlukan media pembelajaran yang dapat merangsang kreativitas anak secara optimal salah satunya adalah media loose parts. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media loose parts dalam pembelajaran dalam meningkatkan kreativitas anak, penelitian ini menggunakan metode studi literatur berdasarkan sumber bacaan dari buku, artikel dan hasil penelitian yang telah dipublikasi. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dengan mengumpulkan beberapa sumber bacaan dari beberapa artikel mengenai penerapan media loose parts dalam meningkatkan kreativitas anak. Data yang diperoleh dianalisis dengan pendekatan deskripsi sehingga mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian tentang penerapan media loose parts menyatakan bahwa dengan media loose parts kemampuan kreativitas anak meningkat, anak dapat berpikir kreatif dan inovatif dalam membuat karya menggunakan bahan-bahan yang berada dilingkungannya.

This research is motivated by the low level of creativity of early childhood to be creative, express their own ideas and ideas. This can be seen when children are still confused and lack confidence when they have to make a free work without being given an example by the teacher. Based on the results of previous research data analysis, it was found that the lack of creativity in children was caused by monotonous learning with unattractive media, it is necessary to use learning media that can stimulate children's creativity optimally, one of which is loose parts media. The purpose of this study was to describe the application of loose parts media in learning in increasing children's creativity, this study used a literature study method based on reading sources from books, articles and published research results. The data collection technique used in this research is a literature study by collecting several reading sources from several articles regarding the application of loose parts media in increasing children's creativity. The data obtained were analyzed with a description approach so as to get a conclusion. The results of research on the application of loose parts media state that with loose parts media children's creativity abilities increase, children can think creatively and innovatively in making works using materials that are in their environment.

References

Awwaabiin, S. (2021). Studi Literatur: Pengertian, Ciri-ciri, dan Teknik Pengumpulan Datanya. Retrieved October, 23, 2021. from https://penerbitdeepublish.com/studi-literatur/

Damayanti, A., Rahmatunnisa, S., & Rahmawati, L. (2020). PENINGKATAN KREATIVITAS BERKARYA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS STEAM DENGAN MEDIA LOOSE PARTS. Jurnal Buah Hati , 7(2), 74-90. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1124

Imamah, Z., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui metode pembelajaran berbasis STEAM and loose part. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 15(2), 263–278. https://doi.org/10.24090/yinyang.v15i2.3917

Laelasari, E., Windarsih, C. A., & Alam, S. K. (2022). Mengembangkan Kreativitas Seni Anak Melalui Me-Dia Loose Parts Dalam Pembelajaran Daring. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(2), 122-130. https://doi.org/10.22460/ceria.v5i2.9504

Maulana, I., & Mayar, F. (2019). PENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI ERA REVOLUSI 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1141–1149. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.333

Maulidah, E. (2021). Keterampilan 4C Dalam Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 52-68. https://doi.org/10.53515/CJI.2021.2.1.52-68

Maulidah, E. (2021). Keterampilan 4C Dalam Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 52-68. https://doi.org/10.53515/CJI.2021.2.1.52-68

Rachmawati, Y. (2012). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Prenada Media.

Rohmalina, R. (2017). 3R “(Reduce, Reuse, Recycle)“SEBAGAI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN PAUD DALAM MENYONGSONG INDONESIA BEBAS SAMPAH DI PAUD SIAGA KOTA CIMAHI. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 2(2), 43-53. https://doi.org/10.22460/ts.v2i2p43-53.333

Safitri, D., Lestariningrum, A., & Nusantara, U. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 40-52.

Siantajani, Y. (2020). Loose Parts Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. Semarang : Sarang Seratus Aksara.

Sit, M., Khadijah, K., Nasution, F., & Sitorus, A. S. (2016). Buku pengembangan kreativitas anak usia dini (teori dan praktik). Medan : Perdana Publishing.

Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara.

Published

2023-09-22