PEMBELAJARAN DARING IMPLEMENTASI SERIAL ANIMASI NUSSA DAN RARA DALAM MENINGKATKAN NILAI AGAMA DAN KETELADANAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Ine Agustin Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat
  • Ema Aprianti Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

Keywords:

Nussa And Rara Animated Series, Religious Values, Early Childhood

Abstract

Dimasa pandemi seperti ini meningkatkan nilai agama anak sangat tidak mudah karena pembelajaran dilakukan secara daring. Kurangnya kemampuan anak dalam memahami nilai-nilai agama seperti pengenalan kalimat toyyibah dan bacaan shalat, sikap tolong menolong, sopan dan toleransi. Isi artikel ini menggunakan metode penelitian studi literatur untuk memperoleh data di lapangan. Dalam prosedur pemilihan informasi pemeriksaan ini menggunakan informasi tambahan yang diperoleh dengan memeriksa judul dan artikel logis yang berbeda sesuai dengan persoalan serta judul observasi sebagai teknik pengumpulan data. Dalam perkembangannya, tujuan utama pembelajaran anak usia dini melalui pembelajaran daring adalah meningkatnya nilai agama yang dicapai anak. Serial animasi Nussa serta Rara adalah suatu media yang dipakai buat proses pendidikan buat memberikan pemahaman efesien terhadap pertumbuhan kanak-kanak. Penyampaiannya yang sederhana dan dapat menarik perhatian anak. Sehingga, dapat memudahkan guru dalam menyampaikan nilai agama pada serial tersebut. Maka disimpulkan bahwa serial Nussa serta Rara merupakan sebuah media buat menaikkan nilai agama pada anak usia dini melalui pembelajaran daring.

In times of pandemics like this increasing the value of children's religion is not easy because learning is done online. Lack of children's ability to understand religious values such as the introduction of toyyibah sentences and prayer readings, attitudes of help, politeness, and tolerance. The contents of this article use research methods of literature studies in the preparation of research frameworks to obtain data on the ground. In the procedure for selecting information, this examination uses additional information obtained by examining different logical titles and articles according to the problem and the title of observation as a data collection technique. The analysis used is content analysis. In its development, the main goal of early childhood learning through online learning is the increasing religious value achieved by children. The animated series Nussa and Rara is a medium used for the learning process to provide an effective understanding of children's growth. Its delivery is simple and can attract the child's attention. So, it can make it easier for teachers to convey the value of religion in the series. Then it is concluded that the series animation Nussa and Rara is one of the media that can increase the value of religion in early childhood through online learning.

References

Alfiah, N. U. (2019). Teknik role playing melalui video animasi nussa dan rara untuk meningkatkan perilaku akhlakul karimah anak usia dini (doctoral dissertation, fakultas dakwah dan komunikasi). Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2(1), 25.

Demillah, A. (2019). Peran film animasi nussa dan rara dalam meningkatkan pemahaman tentang ajaran islam pada pelajar SD. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 106-115. https://doi.org/10.30596/interaksi.v3i2.3349

Fadillah & Muhammad. (2014). Desain Pembelajaran PAUD. Jakarta: Ar-ruzz Media.

Fardani, D. N., & Lismanda, Y. F. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Dalam Film “Nussa”. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 34-49. https://doi.org/10.33474/thufuli.v1i2.4921

Ikhwantoro, M. E., Jalil, A., & Faisol, A. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Film Animasi Nussa dan Rara Karya Aditya Triantoro. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 4(2), 65-72. https://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/3195

Khodijah, N. (2006). Psikologi Belajar. Palembang: IAIN Raden Fatah Press.

Lestariningrum, A. (2014). Pengaruh penggunaan media VCD terhadap nilai-nilai agama dan moral anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 195-206.

Moleong, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Pusdakarya.

Nuraini, C. (2019). Kedidaktisan di dalam Genre Fiksi Anak “Fiksi Realistik”(Film Pendek Berseri Nusa dan Rara). Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 5(2), 141-144.

Nurnahayatun, S. (2021). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DALAM FILM NUSSA (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Nuryana, A., Pawito, P., & Utari, P. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kepada Suatu Pengertian Yang Mendalam Mengenai Konsep Fenomenologi. Ensains Journal, 2(1),19-24. https://www.researchgate.net/publication/330754924_PENGANTAR_METODE_PENELITIAN_KEPADA_SUATU_PENGERTIAN_YANG_MENDALAM_MENGENAI_KONSEP_FENOMENOLOGI/fulltext/5c52f60a92851c22a39e2b63/PENGANTAR-METODE-PENELITIAN-KEPADA-SUATU-PENGERTIAN-YANG-MENDALAM-MENGENAI-KONSEP-FENOMENOLOGI.pdf

Purba, E., Yusuf, A., & Astuti, I. (2013). Peningkatan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(12).

Stefani, V. (2020). Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Film Animasi Nussa dan Rara Karya Aditya Triantoro. Purwokerto. https://repository.uinsaizu.ac.id/7613/2/VIVI%20STEVANI_NILAI-NILAI%20PENDIDIKAN%20ISLAM%20DALAM%20FILM%20ANIMASI%20NUSSA%20DAN%20RARA%20KARYA%20ADITYA%20TRIANTORO.pdf

Published

2023-09-23