PEMBELAJARAN DARING: IMPLEMENTASI BAHAN AJAR TEMATIK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Neng Salma Hamidatussholihat Raudhatul Athfal (RA) Al Maqom, Kota. Cimahi, Prov. Jawa Barat
  • Rohmalina Rohmalina Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

Keywords:

Digital Thematic Teaching Materials, Digital Literacy

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar bagi pendidikan di Indonesia, alih proses pembelajaran memaksa guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun bahan ajar agar pembelajaran di rumah berlangsung efektif dan efisien. Namun kecanggihan teknologi dapat membuat bahan ajar tematik anak lebih menarik dengan konsep unik yang mudah dipahami dan dikemas sesuai dengan karakteristik anak sehingga anak dapat meningkatkan kemampuan belajar literasi digital di usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan bahan ajar tematik digital dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan literasi digital pada anak menggunakan aplikasi Book Creator. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, angket dan dokumentasi dengan sampel data penelitian dari anak kelompok B usia 5-6 tahun dalam pengumpulan data. Dengan jumlah anak 9 orang, guru dan orang tua. Dalam pengolahan data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah proses pembelajaran menggunakan bahan ajar tematik digital dalam pembelajaran daring berlangsung efektif dan efisien. Penyajian tema selama pembelajaran online dapat dikomunikasikan dengan baik dan jelas. Bahan ajar dengan tema berbasis digital dapat membantu guru dalam proses pembelajaran online di rumah, merangsang minat belajar anak melalui permainan edukatif, dan dapat meningkatkan kemampuan literasi digital pada anak.

The COVID-19 pandemic has had a huge impact on education in Indonesia, changing the learning process and forcing teachers to be more creative and innovative in compiling teaching materials so that learning at home takes place effectively and efficiently. However, technological sophistication can make children's thematic teaching materials more interesting with unique concepts that are easy to understand and packaged according to children's characteristics so that children can improve their digital literacy learning skills at an early age. The purpose of this study is to describe the application of digital thematic teaching materials in online learning to improve digital literacy in children using the Book Creator application. This study uses a qualitative descriptive methodology with observation, questionnaires, and documentation techniques with research data samples from group B children aged 5-6 years in data collection. With nine children, teachers and parents. In processing the data in this study using data reduction, data presentation, and concluding. The result of this research is the learning process using digital thematic teaching materials in online learning takes place effectively and efficiently. Presentation of themes during online learning can be communicated well and clearly. Teaching materials with digital-based themes can help teachers in the online learning process at home, stimulate children's interest in learning through educational games, and improve digital literacy skills in children.

References

Afnida, M., & Suparno, S. (2020). Literasi dalam pendidikan anak usia dini: persepsi dan praktik guru di prasekolah Aceh. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 971-981. 10.31004/obsesi.v4i2.480

Agnesia, F., Dewanti, R., & Darmahusni, D. (2021). Praksis Literasi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Abad 21. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP), 5(1), 16-29. https://doi.org/10.31539/kibasp.v5i1.2713

Agustin, D. Y., Setyosari, P., & Suharti, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Digital untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(12), 1793-1799. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14335

Al Maidah, A., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2017, May). Pengembangan bahan ajar tematik cetak semi digital berbasis multiple intelligences untuk siswa kelas I SD. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017(pp. 11-16).

Ardiyanto,. T,. (2021). Pendidikan di Masa Covid-19. Kotabumi: Raih Asa Sukses.

Aripin, U., Setiawan, W., Hendriana, H., & Masruroh, A. A. (2020). ASGAR (animasi software geogebra dan alat peraga) untuk mendukung proses pembelajaran matematika di kelas. Jurnal Solma, 9(2), 354-360. https://www.semanticscholar.org/paper/ASGAR-%28Animasi-Software-Geogebra-Dan-Alat-Peraga%29-Aripin-Setiawan/0e2c35c79332d3ead4ecb140dc6bb434d4f411c6?p2df

Assyauqi, M. I. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Pai Berbasis Digital Untuk Anak Usia Dini. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(2). 23-32 https://doi.org/10.18592/jtipai.v10i2.4310

Cahyani, A. D., Yulianingsih, W., & Roesminingsih, M. V. (2021). Sinergi antara Orang Tua dan Pendidik dalam Pendampingan Belajar Anak selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1054-1069. 10.31004/obsesi.v6i2.1130

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran orang tua dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi Covid 19. Jurnal golden age, 4(01), 152-159. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2203

Day, V. M., & Qodariah, S. (2018). Menumbuhkan Literasi Digital Pada Anak Usia Sekolah 6-12 Tahun Increasing Digital Literation On 6-12 Years Old School-Age Children. Prosiding Nasional Psikologi, 2. https://proceeding.unisba.ac.id/index.php/PronaP/article/view/1495

Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., Ariawan, I. P. W., Mahendra, I. W. E., & Sugiharni, G. A. D. (2019, February). The design of digital book content for assessment and evaluation courses by adopting superitem concept based on Kvisoft Flipbook Maker in era of industry 4.0. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1165, No. 1, p. 012020). IOP Publishing. 10.1088/1742-6596/1165/1/012020

Habibah, U., Hasibuan, R., & Setyowati, S. (2021). Keefektifan Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis dan Mengungkapkan Bahasa Anak. Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 81-91. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1427

Hanik, E. U. (2020). Self directed learning berbasis literasi digital pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183-208. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary

Hewi, L. (2020). Pengembangan Literasi Anak Melalui Permainan Dadu Literasi. Thufula, 8(1), 112-124. http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v8i1.7238

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M. https://digilib.uinsgd.ac.id/30518/

Komala, K., & Rohmalina, R. (2021). Kompetensi guru PAUD dalam PJJ melalui pelatihan pendekatan STEAM pada masa covid-19. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 38-52. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.96

Kusmiati, R., & Komala, K. (2023). KEGIATAN MERONCE DENGAN MANIK-MANIK SEBAGAI BA-HAN AJAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(4), 408-415. https://doi.org/10.22460/ceria.v6i4

Kosasih. E., (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Kurnia, N., & Astuti, S. I. (2017). Peta gerakan literasi digital di Indonesia: studi tentang pelaku, ragam kegiatan, kelompok sasaran dan mitra. Informasi, 47(2), 149-166. 10.21831/informasi.v47i2.16079

Kurnia, N., Wendratama, E., Adiputra, W. M., & Poerwaningtias, I. (2019). Literasi digital keluarga: Teori dan praktik pendampingan orangtua terhadap anak dalam berinternet. UGM PRESS.

Lailiyah, I. (2020). Pembelajaran Ekstrakurikuler Kaligrafi terhadap Motorik Halus Anak Usia Dini di RA PSM Kanigoro Kras Kediri. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 4, 457-464. Retrieved from https://vicon.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/156

Mascita. D.E., (2021). Mendesain Bahan Ajar Cetak dan Digital. Bandung : Media Sains Indonesia.

Muslimin, M. M., Sriwulandari, Y. A., & Salamah, U. S. (2021, October). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi dengan Media Artikel Teks Deskripsi Berbasis Book Creator pada Siswa MA. In Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, Dan Pembelajarannya (Salinga) (Vol. 1, No. 1, pp. 473-483). http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/salinga/article/view/1566

Narti, Y., Setyosari, P., Degeng, I. N. S., & Dwiyogo, W. D. (2016). Thematic learning implementation in elementary school (Phenomenology studies in Pamotan SDN 01 and 01 Majangtengah Dampit Malang). International Journal of Science and Research, 5(11), 1849-1855.

Purba, R. A., Tamrin, A. F., Bachtiar, E., Makbul, R., Rofiki, I., Metanfanuan, T., ... & Ardiana, D. P. Y. (2020). Teknologi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Puspitasari, V., & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator Untuk Pembelajaran Bipa Di Kelas Yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education And Development, 8(4), 310-310. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ed/article/view/2173

Rohimah, R., & Rohmalina, R. (2019). Efektivitas Bermain Lego Dalam Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Pada Kelompok Play Group. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 216-219. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p216-219

Rohimah, R., & Rohmalina, R. (2019). Efektivitas Bermain Lego Dalam Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Pada Kelompok Play Group. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 216-219. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p216-219

Santosa. E.B., Hamid. A., Ying. Y., (2021). Literasi Digital dan Kekuatan Media Sosial. Lamongan : Academia Publication.

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini : Teori dan Praktik Pembelajaran. Jakarta: KENCANA

Sutirna. (2018). Inovasi dan Teknologi Pembelajaran. Sleman: Deepublish.

Switri, E. (2019). Teknologi dan Media Pendidikan dalam Pembelajaran. Cirebon: Ayra Luna

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widya, W., Zaturrahmi, Z., Muliani, D. E., Indrawati, E. S., Yusmanila, Y., & Nurpatri, Y. (2021). Pelatihan pembuatan bahan ajar digital menggunakan aplikasi kvsoft flipbook dan web anyflip di smp negeri 41 padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 4(3), 183-189.

Widyasmi, A., Nurrahmah, A., Pratiwi, E., Hidayati, K., & Cahyani, V. (2021). Media Pembelajaran Daring Book Creator dan Evaluasi Educandy pada Materi Suhu dan Kalor IPA SMP/MTs. PISCES : Proceeding Of Integrative Science Education Seminar, 1(1), 192-198. Retrieved from https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/159

Wulansari, N. M. D. (2017). Didiklah Anak Sesuai Zamannya: Mengoptimalkan Potensi Anak Di Era Digital. Visimedia.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan orangtua dalam pendampingan belajar anak selama masa pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138-1150. 10.31004/obsesi.v5i2.740

Zahroh, F., & Sholeh, M. EFEKTIVITAS LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/44154

Zati, V. D. A. (2018). Upaya untuk meningkatkan minat literasi anak usia dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 4(1), 18-21. https://doi.org/10.24114/jbrue.v4i1.11539

Published

2023-12-09