PERAN PENDIDIK ANAK USIA DINI BERDASARKAN KAJIAN TEORI BELAJAR SOSIAL KOGNITIF ALBERT BANDURA

Authors

  • Bagas Oktaris Novia Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat
  • Aan Listiana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v6i3.17708

Keywords:

The Role of Early Childhood Educators, Cognitive Social Learning Theory, Albert Bandura

Abstract

Pendidik atau guru adalah salah satu komponen penting dalam pendidikan. Khususnya pada lembaga pendidikan anak usia dini, guru memiliki peranan yang sangat kritikal sebagai role model bagi anak. Hal ini dikuatkan dengan teori belajar sosial kognitif Albert Bandura, dimana Bandura menekankan bahwa guru adalah model yang akan terus diamati oleh orang yang mempelajarinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pendidik anak usia dini berdasarkan kajian teori belajar sosial kognitif Albert Bandura. Penelitian ini menggunakan metode systematic review  dan google scholar sebagai database elektronik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisa data tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peranan yang penting dalam pendidikan anak usia dini. Menurut Bandura guru berperan sebagai model dimana setiap gerak-geriknya akan dipelajari dan ditiru anak. Dalam proses pemodelan ada 4 unsur utama yaitu perhatian (attention); retensi (retention); peniruan tingkah laku model (behavior production process); motivasi dan penguatan (motivation and reinforcement process). Untuk bisa menekankan pemodelan perlu adanya penguatan atau stimulus-stimulus tertentu pada anak. Stimulus tersebut yaitu vicarious reinforcement; vicarious punishment; vicarious motivation; vicarious emotion; dan atribut model.

Educators or teachers are one of the important components in education. Especially in early childhood education institutions, teachers have a very critical role as role models for children. This is reinforced by Albert Bandura's cognitive social learning theory, where Bandura emphasizes that the teacher is a model that will be continuously observed by those who study it. The purpose of this study was to determine the role of early childhood educators based on the study of Albert Bandura's cognitive social learning theory. This study uses a systematic review method and Google Scholar as an electronic database. The data analysis technique used is thematic data analysis techniques. The results of the study show that teachers have an important role in early childhood education. According to Bandura, the teacher acts as a model where every movement will be studied and imitated by children. In the modeling process there are 4 main elements, namely attention; retention; imitation of model behavior (behavior production process); motivation and reinforcement (motivation and reinforcement process). To be able to emphasize modeling, there needs to be reinforcement or certain stimuli in children. The stimulus is vicarious reinforcement; vicarious punishment; vicarious motivation; vicarious emotions; and model attributes.

References

Amriana., Munir. M., & Cholil. [2021]. Pengkondisian Cara Belajar Anak-anak TK melalui Teori Belajar Sosial dengan Teknik Modelling. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 11 (2), pp, 160-175. https://doi.org/10.29080/jbki.2021.11.2.160-175

Ansani., & Samsir H. M. [2022]. Teori Pemodelan Bandura. Jurnal Multidisiplin Madani, 2 (7), pp, 3067-3080. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i7.692

Hawa, S. [2022]. Peran Guru sebagai Role Model Menurut Konsep Albert Bandura dalam Menerapkan Kurikulum 2013. Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 19 (2), pp, 135-151. https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v15i1.203

Kitchenham, B. (2004). Procedures for Performing Systematic Reviews. Eversleigh: Keele University.

Kurniawan, A. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini. Sumatera Barat: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Khaironi, M. [2018]. Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi, 3 (1), 1-12. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Maharani, D., & Wartini, S. [2022]. Implementasi Model ATIK dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini TKIT Al Wildan Bekasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5 (2), pp, 662-667. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.480

Marhayati, N., Chandra, P., & Fransisca, M. [2020]. Pendekatan Kognitif Sosial pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Islamic Education, 3 (2), 250-270. 10.22373/jie.v3i2.7121

Nurfaizah., & Romlah. [2020]. Keberhasilan Mengembangkan Sosial AUD Melalui Teknik Modeling. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (1), 56-68. DOI: https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6654

Sartika, D. [2019]. Pentingnya Pendidikan Berbasis STEM dalam Kurikulum 2013. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3 (3), 89-93. http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v3i3.797

Tullah, R., & Amiruddin. [2020]. Penerapan Teori Sosial Albert Bandura dalam Proses Belajar. Jurnal At-Tarbiyyah, 6 (1), 48-55. Retrieved from: https://ejournal.iaialaziziyah.ac.id/index.php/jiat/article/view/266

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Bab Tentang Guru dan Dosen.

Wahyuni, N., & Fitriani, W. [2022]. Relevansi Teori Belajar Sosial Albert Bandura dan Metode Pendidikan Keluarga dalam Islam. Jurnal Ilmu Kependidikan, 11 (2), 60-66. https://doi.org/10.33506/jq.v11i2.2060

Wibowo, Y. R., Salsafadilah, F., & Alfani, M. F. [2023]. Studi Komparasi Teori Keteladanan Nashih Ulwan dan Teori Kognitif Sosial Albert Bandura. Journal of Islamic Primary School, 1 (1), 43-59. Retrieved from: http://www.ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/ment/article/view/1069

Yanto, M., & Syaripah. [2017]. Penerapan Teori Sosial dalam Menumbuhkan Akhlak Anak Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Rejang Lebong. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4 (2), 65-85. https://doi.org/10.24042/terampil.v4i2.2218

Yanuardianto, E. [2019]. Teori Kognitif Sosial Albert Bandura. Jurnal Auladuna, 1 (2), 94-111. https://doi.org/10.36835/au.v1i2.235

Downloads

Published

2023-06-13