KAJIAN PENDEKATAN REGGIO EMILIA DALAM MEMBANGUN KOMPETENSI SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI

Authors

  • Santi Nisfi Anggraeni Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung
  • Aan Listiana Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v6i3.17710

Keywords:

Reggio Emilia Approac, Social-Emotional Competence, Early Childhood

Abstract

Kompetensi sosial-emosional merupakan aspek penting yang perlu dikembangkan guna menunjang kualitas kehidupan bersosial. Dalam prosesnya, pendekatan pembelajaran menjadi faktor penentu keberhasilan pengembangan kompetensi belajar. Salah satu pendekatan pembelajaran yang memiliki fokus terhadap pengembangan sosial-emosional yaitu Reggio Emilia. Namun, perlu adanya penelaahan untuk memastikan efektivitas dari pendekatan Reggio Emilia dalam membangun kompetensi sosial-emosional, khususnya pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan tinjauan sistematis terhadap literatur yang ada mengenai implementasi pendekatan Reggio Emilia dalam membangun kompetensi sosial-emosional anak usia dini. Metode yang digunakan pada penulisan artikel ini adalah systematic review. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pencarian secara terstruktur dan komprehensif pada database yang terpercaya. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi literatur berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi, dengan cara melihat relevansi artikel dan data yang diinginkan, sehingga didapat 12 artikel yang dijadikan subjek penelitian. Hasil dari tinjauan literatur menunjukkan bahwa pendekatan Reggio Emilia dapat membantu membangun kompetensi sosial-emosional anak melalui berbagai aktivitas yang menekankan pada pengalaman nyata dan kreativitas anak. Selain itu, faktor keberhasilan dalam mengintegrasikan pendekatan Reggio Emilia dipengaruhi oleh pengelolaan lingkungan bermain, media dan metode pembelajaran, kompetensi guru, serta partisipasi orang tua.

Social-emotional competence is an important aspect that needs to be developed to support the quality of social life. In the process, the learning approach becomes a determining factor for the success of developing learning competencies. One learning approach that has a focus on social- emotional development is Reggio Emilia. However, there needs to be a study to ensure the effectiveness of the Reggio Emilia approach in building social-emotional competence, especially in early childhood. This study aims to carry out a systematic review of the existing literature regarding the implementation of the Reggio Emilia approach in building social-emotional competence in early childhood. The method used in writing articles is a systematic review. Data collection techniques are carried out by searching in a structured and comprehensive manner in a trusted database. Data analysis was carried out by selecting literature based on inclusion and exclusion criteria, by looking at the relevance of the articles and the desired data, so that 12 articles were obtained as research subjects. The results of the literature review show that the Reggio Emilia approach can help build children's social-emotional competence through various activities that emphasize real experiences and children's creativity. In addition, the success fac- tor in integrating the Reggio Emilia approach is influenced by the management of the playing environment, learning media and methods, teacher competence, and parental participation.

Author Biography

Santi Nisfi Anggraeni, Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung

Pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini

References

Agusniatih, A., & Manopa, J. M. (2019). Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Akbar, E. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Amal, A., Musi, M. A., & Hajerah. (2019). Pengaruh Reggio Emilia Approach dalam Bermain Peran dan Bererita terhadap Kemampuan Bahasa Anak. Jurnal Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 48–55.

Anzani, R. W., & Insan, I. K. (2020). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Pandawa : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(2), 180–193.

Ardini, P. P., & Eki, M. (2019). Gerak Tari Kreasi melalui Regio Emilia Approach untuk

Meningkatkan Kecerdasan Sosial dan Emosional Anak di Gorontalo. JAMBURA Early

Childhood Education Journal, 1(1), 1–8.

Arseven, A. (2014). The Reggio Emilia approach and curriculum development process.

International Journal of Academic Research, 6(1), 166–171. https://doi.org/10.7813/2075-

2014/6-1/b.23

Asmah, A., & Mustaji. (2014). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Alam Pasir sebagai Sumber Belajar Terhadap Kemampuan Sains dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 13–36. http://journal.um- surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Cagliari, P., Castagnetti, M., Giudici, C., Rinaldi, C., Vecchi, V., & Moss, P. (2016). Loriz Malaguzzi and The Schools of Reggio Emilia: A selection of his writings and speeches, 1945-1993. New York: Reutledge.

Fadlillah. (2019). Bermain dan Permainan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Fidesrinur. (2013). Pola Guru dalam Memotivasi Anak Studi terhadap Pola Guru di TK Islam dan TK Umum. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(2), 99–115.

https://doi.org/10.36722/sh.v2i2.121

Fitri, M., & Nugraheni, A. S. (2021). Manajemen Sekolah dalam Mengembangkan Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 96–114.

Hardiyanti, W. D. (2020). Aplikasi bermain berdasarkan kegiatan seni lukis untuk stimulasi kreativitas anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 134–139.

Mahiroh, N. R., Prima, E., Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Pura, U. D., & Dini, A. U. (2021). Meningkatkan kemampuan sosial emosional anak kelompok B1 melalui kegiatan menganyam di PAUD Aisyiyah Dalung. Media Edukasi Jurnal Dan Pendidikan, 5(2), 50–59.

Maryana, R., Nugraha, A., & Rachmawati, Y. (2013). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Moreno, A. J., Nagasawa, M. K., & Schwartz, T. (2019). Social and Emotional Learning and Early Childhood Education: Redundant terms? Contemporary Issues in Early Childhood,

(3), 221–235. https://doi.org/10.1177/1463949118768040

Nugraheni, T., & Pamungkas, J. (2022). Analisis pelaksanaan pembelajaran seni pada PAUD. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 5(1), 20–30. https://doi.org/10.23917/ecrj.v5i1.18689

Nuraeni, L., & Sharina. (2020). Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan Reggio Emilia untuk Meningkatkan Kreativitas Anaka dalam Konteks Merdeka Belajar di Taman Kanak-Kanak Kota Cimahi pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 51–62. Palintan, A. T. A., & Saria. (2018). Penggunaan media kolase dalam meningkatkan kreativitas anak. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1–9.

Parwoto. (2015). Model Pengembangan Kognitif Berbasis Komputer dengan Penerapan Pendekatan Reggio Emilia pada Anak Taman Kanak-Kanak. Journal of Educational Science and Technology, 1(1), 64–73.

Roopnarine, J. L., & Johnson, J. E. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Berbagai Pendekatan. Jakarta: Kencana.

Sasmita, R. J., Tarwiyah, T., & Sumadi, T. (2021). Pendekatan Reggio Emilia dalam Menjawab Tantangan Kemampuan Anak Usia Dini Abad 21. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak

Usia Dini, 6(1), 182–207. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1217

Sayekti, T. (2016). Analisis Kurikulum Reggio Emilia. JPP PAUD FKIP: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(8), 143–154.

Setyowati, R. I., Farantika, D., & Lutfia, Z. M. (2021). Perencanaan Pembelajaran Reggio Emilia Pada Anak Usia Dini. Jurnal Sinda, 1(3), 146–164.

Suminar, D. R. (2019). Psikologi Bermain: Brtmain dan Permainan bagi Perkembangan Anak. Surabaya: Airlangga University Press.

Susanty, Yudistirani, S. A., Fithriyah, N. H., & Adiwarna. (2019). Model dan Metode Pembelajaran Sains bagi Guru-Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Himpaudi Cakung Jakarta Timur. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat. Universitas Muhammadiyah Jakarta, 24 September.

Wardhani, W. D. L., Misyana, Atniati, I., & Septiani, N. (2022). Stimulasi Perilaku Sosial Anak Usia Dini melalui Media Loose Parts ( Bahan Lepasan ). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1894–1904. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.694

Westhisi, S. M., & Nuraeni, L. (2022). Penyuluhan Daring Pendekatan Reggio Emilia melalui Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak dalam Konteks Merdeka Belajar bagi Pendidik Kober di Desa Cilame Kabupaten Bandung Barat. Abdimas Siliwangi, 5(1), 25– 34.

Wortham, S. C. (2006). Early Childhood Curriculum Developmental Bases fo Learning and Teaching. Prentice Hall.

Yulia, B., Fadhli, M., & Sutrisno. (2021). STEM Kreatif: Pembelajaran Berbasis Alam Menggunakan Natural Loose Parts. Lamongan: Academia Publication.

Yulsyofriend, Yaswinda, & Zulminiati. (2013). Pelaksanaan Model Reggio Emilia pada Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Assyofa Padang. PEDAGOGI: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 52–57.

Yus, A. (2015). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2023-06-11