MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SENI ANAK BERBASIS ENTREPRENEURSHIP PADA KELOMPOK B DALAM PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Ratna Ningrum Raudhatul Atfal (RA) As-Syifa, Kab. Bandung Barat, Indonesia
  • Ema Aprianti Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

Keywords:

Artistic Ability, Entrepreneurship-Based Learning, Online Learning

Abstract

Artikel ini berlatarbelakang kurangnya kemampuan seni pada anak kelompok B di RA As-Syifa Sindangkerta, kurangmya minat anak untuk mengerjakan seni karena lamanya pengerjaan seni tersebut. Mengembangkan kemampuan seni anak yang berbasis entrepreneurship di masa pandemi ini memberikan kesempatan anak belajar kreatif dan inovatif dalam bekarya seni. Maka peneliti memberikan solusi mengembangkan seni anak tujuannya untuk mengetahui implementasi pembelajaran daring mengembangkan  kemampuan seni anak berbasis entrepreneurship. Metode penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara adalahng digunakan. Teknik pengumpulan data y. Metode deskriptif kualitatif menggunakan analisis data menggunakan display data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang diperoleh dengan melaksanakan kegiatan implementasi melalui mengembangkan kemampuan seni anak berbasis entrepreneurship pada kelompok B di RA As-Syifa Sindangkerta yang di laksanakan secara daring yang memperoleh hasil yaitu anak antusias melakukan kegiatan seni tersebut. Oleh karena itu peneliti melihat kemampuan seni anak berbasis entrepreneurship anak mampu menjawab pertanyaan dan dapat diperolehnya hasil dan tujuan yang ingin dicapai.

The background of this article is the lack of artistic ability in group B children at RA As-Syifa Sindangkerta, and the lack of interest in children to do art because of the length of time the art is done. Developing children's artistic skills based on entrepreneurship during this pandemic provides opportunities for children to learn to be creative and innovative in making art. So the researcher provides a solution to develop children's art, the goal is to find out the implementation of online learning to develop children's artistic skills based on entrepreneurship. This research method uses observation, documentation, and interviews. Data collection techniques y. Qualitative descriptive method using data analysis using data display, data reduction, and concluding. From the research results obtained by carrying out implementation activities through developing children's artistic skills based on entrepreneurship in group B at RA As-Syifa Sindangkerta which was carried out online, the results were that children were enthusiastic about doing these art activities. Therefore, researchers see that children's entrepreneurship-based artistic abilities can answer questions and get results and goals to be achieved.

References

Antara, P. A. (2015). Pengembangan bakat seni anak pada taman kanak-kanak. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 10(1), 29-34. https://doi.org/10.21009/JIV.1001.4

Astuti, R. (2021). Penanaman Karakter Entrepreneur pada Anak Usia Dini dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 di Madura. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 4(2), 164-173. http://dx.doi.org/10.29300/alfitrah.v4i2.3938

Heryani, H., & Sumitra, A. (2021). Pembelajaran Seni Rupa Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Mewarnai. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(3), 251-259. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i3.p%25p

Jumiatin, D. (2018). Pendidikan Seni Rupa Anak Usia Dini. Sumedang: Alqa Print.

Nurhafizah, N. (2018). Bimbingan awal kewirausahaan pada anak usia dini. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 6(3), 205. 10.29210/127300

Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan

Pamungkas, J. (2015). Estetika koreografi sebagai penunjang kreativitas seni anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1). 596-600. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12348

Rohmah, L. (2017). Implementasi Pendidikan Entrepreneurship pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Sukonandi Yogyakarta. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 15–26. Retrieved from https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal/article/view/1354

Sari, A. H. (2020). Studi Kasus Strategi Guru dalam Kegiatan Menggambar untuk Pengembangan Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 150-155. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.905

Subekti, H. A. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Entrepreneurship Pada Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Karakter Kelompok B Semai Benih Bangsa Al Fikri Manca Kretek. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33586/1/14430013_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Surat Edararan Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendiidkan Dalam Masa Darurat Coronavirus (Covid-19)

Wulansari, R., Jubaedah, D. S., & Zahro, I. F. (2018). PENERAPAN TEKNIK KOLASE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA KEGIATAN MENGGAMBAR PADA ANAK USIA DINI. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(3), 89-94. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i3.p89-94

Published

2023-10-13