PENGENALAN KOSAKATA BAHASA SUNDA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA POSTER

Authors

  • Rezki Suciani Raudhatul Athfal (RA) AT-Tarbiyah Kab.Bandung, Prov. Jawa Barat
  • Sharina Munggaring Westhisi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

Keywords:

Sundanese Vocabulary, Poster Media

Abstract

Di RA AT-Tarbiyah khususnya pada kelompok usia 4-5 tahun anak berkomunikasi hanya dengan Bahasa Indonesia saja sehingga peneliti memutuskan untuk melakukan pengenalan kosakata Bahasa sunda pada anak kelompok A RA AT-Tarbiyah sebagai bentuk pengenalan bahasa Daerah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi media poster dalam pengenalan kosakata Bahasa Sunda. Observasi, dokumentasi dan wawancara teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Subjek dalam penelitian ini tujuh peserta didik 4-5 tahun dan dua pendidik, kepala sekolah serta orang tua sebagai informan. Analisis data deskriptif kualitatif dimana observasi, dokumentasi,dan wawancara yang menjadi bahan penilaian.Hasil penilaian dan evaluasi terhadap anak melalui pengenalan kosakata Bahasa sunda melalui media poster di tahun ajaran 2020/2021 pendidik melakukan kegiatan secara berulang-ulang sampai target penilaian perkembangan kemampuan berbicara anak melalui media poster tersebut berkembang sangat baik dan meningkat. Dari enam anak yang diteliti lima anak berkembang sangat baik dalam empat indikator yang diteliti sedangkan satu anak dalam indikator terakhir menunjukkan berkembang sesuai harapan, hal ini sudah membuktikan adanya respon positif dari guru dan anak dalam pelaksanaan pengenalan kosakata Bahasa Sunda melalui media poster tersebut.

In RA AT-Tarbiyah, especially in the 4-5-year-old age group, children communicate only in Indonesian, so the researchers decided to introduce Sundanese vocabulary to children in the A RA AT-Tarbiyah group as a form of regional language introduction. The purpose of this study was to determine the implementation of poster media in the introduction of Sundanese vocabulary. Observation, documentation, and interview data collection techniques in this study. The subjects in this study were seven 4-5-year-old students and two educators, school principals, and parents as informants. Qualitative descriptive data analysis where observations, documentation, and interviews are the materials for assessment. The results of the assessment and evaluation of children through the introduction of Sundanese vocabulary through poster media in the 2020/2021 school year educators carry out activities repeatedly until the target of assessing the development of children's speaking skills Through the poster media it developed very well and increased. Of the six children studied, five children developed very well in the four indicators studied, while one child in the last indicator showed progress as expected. This has proven a positive response from teachers and children in implementing the introduction of Sundanese vocabulary through poster media.

References

Arianti, A. (2019). Urgensi lingkungan belajar yang kondusif dalam mendorong siswa belajar aktif. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(1), 41-62. 10.30863/didaktika.v11i1.161

Kustiawan, (2019). Pengertian Poster. Retrieved 4 mei 2020. From : https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/repos/FileUpload/membuat%20poster_IK/pengertian-poster.html

Rohaety, E. E., & Westhisi, S. M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Mind Mapping. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(3), 57-64. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i3.p57-64

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Trisa, F. (2015). Implementasi Pembelajaran Bahasa Sunda Di Taman Kanak–Kanak: Penelitian Deskriptif pada Kelompok B TK Negeri Pembina Citarip Kotamadya Bandung Tahun Ajaran 2014–2015 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). Retrieved 12 Mei 2020 from : http://repository.upi.edu/16791/5/S_PAUD_1005011_Chapter1.pdf

Yanti, M., Sumitra, A., & Wulansuci, G. (2022). EFEKTIFITAS MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PROSES MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK PADA PEMBELAJARAN DARING. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(2), 224-231. https://doi.org/10.22460/ceria.v5i2.10425

Published

2023-08-27