MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI KEGIATAN MEMBATIK MENGGUNAKAN COTTON BUDS

Authors

  • Rini Ratna Puri Taman Kanak-kanak (TK) Mustika, Kab. Bandung Barat, Prov. Jawa Barat
  • Rohmalina Rohmalina Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

Keywords:

Emotional Social Skills, Batik Activities, Early Childhood

Abstract

Aspek sosial emosional merupakan aspek dasar yang sangat penting bagi anak, karena jika aspek sosial emosional anak sudah tertanam dengan baik, maka untuk mengembangkan aspek lain yang ada pada dirinya akan lebih mudah. Adapun beberapa prilaku sosial emosional tersebut diantaranya sabar, jujur, mandiri, tanggung jawab, pantang menyerah, percaya diri, dan lain-lain. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan sebelumnya, peneliti menemukan aspek sosial emosional anak kelompok B di TK Mustika masih sangat kurang, hal ini di sebabkan kurangnya stimulus yang di berikan oleh guru. Biasanya untuk meningkatkan aspek sosial emosional pada anak, guru hanya menjelaskan secara klasikal melalui cerita saja, sehingga anak merasa bosan. Maka dari itu peneliti memilih kegiatan pembelajaran membatik menggunakan cotton buds untuk meningkatkan aspek sosial emosional pada anak. peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian tujuh anak perempuan dan delapan anak laki-laki kelompok B di TK Mustika. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi langsung. Dengan menggunakan teknis analisis data kualitatif. Dari hasil observasi yang dilaksanakan selama satu bulan, kemampuan aspek sosial emosional anak kelompok B di TK Mustika mengalami peningkatan yang jauh lebih baik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran membatik menggunakan cotton buds.

The social-emotional aspect is a basic aspect that is very important for children, because if the social-emotional aspect of the child is properly embedded, then it will be easier to develop other aspects that exist in him. Some of these emotional social behaviors include being patient, honest, independent, responsible, unyielding, confident, and others. Based on the observations that have been made previously, the researchers found that the socio-emotional aspects of group B children in Mustika Kindergarten were still lacking, this was due to the lack of stimulus provided by the teacher. Usually, to improve the social and emotional aspects of children, teachers only explain classically through stories, so that children feel bored. Therefore, the researchers chose batik learning activities using cotton buds to improve the social and emotional aspects of children. The researcher used a qualitative descriptive research method, with seven girls and eight boys in Group B in Mustika Kindergarten. By using data collection techniques, namely direct observation. By using the technical analysis of qualitative data. From the results of observations carried out for one month, the ability of the socio-emotional aspects of children in group B at Mustika Kindergarten experienced a much better improvement after participating in batik learning activities using cotton buds.

References

Efi, A., & Sahara, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pada Pelatihan Membatik Berbasis Budaya Lokal. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 9(1), 211-217. https://doi.org/10.24114/gr.v9i1.18878

Handayani, T., & Jumiatin, D. (2022). STIMULASI KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI PENDEKATAN STEAM DI KOBER AL BANA. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(2), 195-200.https://doi.org/10.22460/ceria.v5i2.10318

Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. GENERASI EMAS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 47-58. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301

Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Rohmah, N. (2018). Integrasi Kecerdasan Intelektual ( IQ), Kecerdasan Emosi (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) dalam Meningkatkan Etos Kerja. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(2), 77-102. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatuna/article/view/3525

Rohmalina, R. (2016). 3R “(Reduce, Reuse, Recycle)“SEBAGAI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN PAUD DALAM MENYONGSONG INDONESIA BEBAS SAMPAH DI PAUD SIAGA KOTA CIMAHI. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 2(2), 43-53. https://doi.org/10.22460/ts.v2i2p43-53.333

Roostin, E. (2020). Upaya Meningkatkan Motorik Halus dan Kreativitas Anak Melalui Teknik Membatik Sederhana. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 66-79. http://doi.org/10.19105/kiddo.v1i2.3481

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).Bandung: Alfabeta

Suharjono, J., & Rohmalina, R. (2022). MENUMBUHKAN JIWA ENTREPRENEURSHIP MELALUI KEGIATAN IBU DAN ANAK DI PAUD AZZAHRA INSAN KAMIL. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(2), 144-149. https://doi.org/10.22460/ceria.v5i2.10259

Suniarti, P., & Nuraeni, L. (2022). PENERAPAN PERMAINAN KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN ASPEK SOSIAL PADA ANAK USIA DINI. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(2), 131-135. https://doi.org/10.22460/ceria.v5i2.10135

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 20

Yaswinda, Y., Yulsyofriend, Y., & Mayar, F. (2018). Pengembangan bahan pembelajaran sains berbasis multisensori ekologi bagi guru Paud Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 13-22. https://doi.org/10.24853/yby.2.2.13-22

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83-90. https://www.researchgate.net/profile/Cut-Zellatifanny/publication/332168438_TIPE_PENELITIAN_DESKRIPSI_DALAM_ILMU_KOMUNIKASI/links/5f8ea114a6fdccfd7b6e9d1a/TIPE-PENELITIAN-DESKRIPSI-DALAM-ILMU-KOMUNIKASI.pdf

Published

2023-10-21