UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI PERMAINAN BOLA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Rospita Sinta Uli Kelompok Bermain (KB) Tunas Kasih, Kota Cimahi, Prov. Jawa Barat,
  • Dedah Jumiatin Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

Keywords:

Kinesthetic Intelligence, Bowls, Early Childhood

Abstract

Penelitian  ini  mempunyai  tujuan  untuk  mengetahui  perkembangan  kemampuan  psikomotor  pada  anak  umur  5-6  tahun  melalui  variasi  pada  permainan  bola.  Latar  belakang  dari  pemilihan  topik  ini  karena  masih  banyak  anak  yang  mengalami  kejenuhan  dalam  belajar,  dan  kurangnya  strategi  guru  saat  mengajar.  Dalam  Penelitian  ini  digunakan  pendekatan  deskriptif  kualitatif  yang  dimaksudkan  untuk  mengeksplorasi  atau  mengklarifikasi  suatu  gejala,  dengan  subjek  penelitian  11  peserta  didik  di  KB  Tunas  Kasih  Cimahi.  Kecerdasan  kinestetik  sangat  berpengaruh  dalam  merangsang  pertumbuhan  dan  perkembangan  fisik  anak,  sehingga  anak  dapat  bergerak  dengan  lincah  dan  terampil  dalam  setiap  kegiatan.  Permainan  adalah  sesuatu  yang  menyenangkan  bagi  anak,  karena  melalui  bermain  anak  mampu  menunjukkan  potensi  dan  bakatnya.  Oleh  karena  itu  diperlukan  kegiatan  yang  menyenangkan  yang  dapat  menstimulus  kecerdasan  kinestetik  anak  yaitu  melalui  permainan  bola.  Analisis  data  kualitatif  ini  dilakukan  dengan  menganalisis  data  dari  hasil  pengamatan  di  lapangan  dan  wawancara  selama  penelitian  berlangsung  dengan  analisis  wacana  selama  dilakukannya  kegiatan.  Hasil  dari  penelitian  ini  menunjukkan  adanya  peningkatan  kemampuan  jasmani  atau  motorik  kasar  pada  anak  dimana  sebelumnya  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  anak  sudah  mampu  melakukan  gerakan  lokomotor,  non  lokomotor,  dan  manipulatif.  Dengan  demikian  kegiatan  permainan  bola  yang  bervariasi  dapat  meningkatkan  kemampuan  dan  kecerdasan  kinestetik  anak.

The research was intended to find out the increased kinesthetic intelligence in five-year-olds through variations in ball games. The background of this selection topic is that many children still experience a saturation of this selection topic is that many children still experience a lack of teacher strategy in teaching. The study uses a qualitative descriptive method intended to explore or clarify a symptom, with the subject of study 11 participants in a birth control study. Kinesthetic intelligence goes a long way in stimulating a child's physical growth and development, enabling him to move with agility and skill in every activity. Games are fun for a child who is capable of showing his potential and talent. It is therefore necessary for fun activities that can only stimulate the child's kinesthetic intelligence through a ball game. This qualitative data analysis is done by analyzing data from field observations and interviews during the study of the activity. The results of this study indicate improvement in physical or crude motor skills in children, whereas studies previously showed that children are capable of soft, non-soft, and manipulative movements. Thus, varying ball game activities can enhance a child's kinesthetic ability and intelligence

References

Ajhuri, K. F., & Humaida, R. (2021). Efektifitas Permainan Bola dan Rintangan untuk Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-6 Tahun. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(4), 169-178. https://doi.org/10.14421/jga.2021.64-01

Hasibuan, N. R. F., Fauzi, T., & Novianti, R. (2020). Pengaruh Kegiatan Senam Irama Terhadap Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Kelompok B Tk Mustabaqul Khoir Palembang. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), pp 118-123. 10.21831/jpa.v9i2.33564

Komaini, A. (2018). Kemampuan Motorik Anak Usia Dini. PT Raja Grafindo Persada: Depok.

Latif, M., Zukhairina., Zubaidah, R., & Afandi, M. (2020). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini-Teori dan Aplikasi. Kencana: Jakarta.

Nur, L., Mulyana, E. H., & Perdana, M. A. (2017). Permainan Bola Kecil Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini pada Kelompok B di TK Pertiwi DWP Kota Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 53-65. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7161

Reswari, A. (2021). Efektivitas Permainan Bola Basket Modifikasi terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), pp. 17-29. 10.31004/obsesi.v6i1.1182

Samsu, S. (2017). Metode Penelitian:(Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development).

Sobariah, S., & Santana, F. D. T. (2019). Meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia dini melalui media tari mapag layung. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 370-375. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p370-375

Sutini, A. (2018). Meningkatkan keterampilan motorik anak usia dini melalui permainan tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). 67-77. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10386

Published

2023-12-13