UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI PERMAINAN BOLA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Keywords:
Kinesthetic Intelligence, Bowls, Early ChildhoodAbstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan psikomotor pada anak umur 5-6 tahun melalui variasi pada permainan bola. Latar belakang dari pemilihan topik ini karena masih banyak anak yang mengalami kejenuhan dalam belajar, dan kurangnya strategi guru saat mengajar. Dalam Penelitian ini digunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk mengeksplorasi atau mengklarifikasi suatu gejala, dengan subjek penelitian 11 peserta didik di KB Tunas Kasih Cimahi. Kecerdasan kinestetik sangat berpengaruh dalam merangsang pertumbuhan dan perkembangan fisik anak, sehingga anak dapat bergerak dengan lincah dan terampil dalam setiap kegiatan. Permainan adalah sesuatu yang menyenangkan bagi anak, karena melalui bermain anak mampu menunjukkan potensi dan bakatnya. Oleh karena itu diperlukan kegiatan yang menyenangkan yang dapat menstimulus kecerdasan kinestetik anak yaitu melalui permainan bola. Analisis data kualitatif ini dilakukan dengan menganalisis data dari hasil pengamatan di lapangan dan wawancara selama penelitian berlangsung dengan analisis wacana selama dilakukannya kegiatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan jasmani atau motorik kasar pada anak dimana sebelumnya Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak sudah mampu melakukan gerakan lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif. Dengan demikian kegiatan permainan bola yang bervariasi dapat meningkatkan kemampuan dan kecerdasan kinestetik anak.
The research was intended to find out the increased kinesthetic intelligence in five-year-olds through variations in ball games. The background of this selection topic is that many children still experience a saturation of this selection topic is that many children still experience a lack of teacher strategy in teaching. The study uses a qualitative descriptive method intended to explore or clarify a symptom, with the subject of study 11 participants in a birth control study. Kinesthetic intelligence goes a long way in stimulating a child's physical growth and development, enabling him to move with agility and skill in every activity. Games are fun for a child who is capable of showing his potential and talent. It is therefore necessary for fun activities that can only stimulate the child's kinesthetic intelligence through a ball game. This qualitative data analysis is done by analyzing data from field observations and interviews during the study of the activity. The results of this study indicate improvement in physical or crude motor skills in children, whereas studies previously showed that children are capable of soft, non-soft, and manipulative movements. Thus, varying ball game activities can enhance a child's kinesthetic ability and intelligence
References
Ajhuri, K. F., & Humaida, R. (2021). Efektifitas Permainan Bola dan Rintangan untuk Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-6 Tahun. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(4), 169-178. https://doi.org/10.14421/jga.2021.64-01
Hasibuan, N. R. F., Fauzi, T., & Novianti, R. (2020). Pengaruh Kegiatan Senam Irama Terhadap Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Kelompok B Tk Mustabaqul Khoir Palembang. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), pp 118-123. 10.21831/jpa.v9i2.33564
Komaini, A. (2018). Kemampuan Motorik Anak Usia Dini. PT Raja Grafindo Persada: Depok.
Latif, M., Zukhairina., Zubaidah, R., & Afandi, M. (2020). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini-Teori dan Aplikasi. Kencana: Jakarta.
Nur, L., Mulyana, E. H., & Perdana, M. A. (2017). Permainan Bola Kecil Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini pada Kelompok B di TK Pertiwi DWP Kota Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 53-65. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7161
Reswari, A. (2021). Efektivitas Permainan Bola Basket Modifikasi terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), pp. 17-29. 10.31004/obsesi.v6i1.1182
Samsu, S. (2017). Metode Penelitian:(Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development).
Sobariah, S., & Santana, F. D. T. (2019). Meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia dini melalui media tari mapag layung. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 370-375. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p370-375
Sutini, A. (2018). Meningkatkan keterampilan motorik anak usia dini melalui permainan tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). 67-77. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10386