MEDIA BALOK ANGKA: PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN UNTUK ANAK USIA DINI

Authors

  • Sonia Monikasari IKIP Siliwangi
  • Agus Sumitra Program Studi Pendidikan Masyarakat, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia
  • Ririn Hunafa Lestari Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia https://orcid.org/0000-0003-2560-7469

Keywords:

Beginning Counting, Number Blocks, Early Childhood

Abstract

Kemampuan berhitung pada anak merupakan satu hal yang sangat penting, akan tetapi kegiatan berhitung kurang diminati anak karena berhitung adalah sesuatu kegiatan yang kurang menarik, membosankan serta masih terasa tidak mudah untuk anak. Hal ini diakibatkan oleh sebagian faktor baik dari guru, peserta didik ataupun sumber belajar serta metode pengajaran yang digunakan sebagai pendukungnya. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan media balok angka terhadap berhitung permulaan untuk anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru serta kepala sekolah PAUD Al-Amanah dan anak usia 5-6 tahun yang berjumlah lima orang anak. Teknik pengumpulan data ini melalui teknik observasi dan wawancara, Pengolahan data yang  telah   dicatat   dan dikumpulkan, dianalisis dengan menggunakan  metode  analisis  data  secara kualitatif-deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan adanya penerapan media balok angka dapat membantu anak dalam memahami pembelajaran berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun, penerapanya dengan cara membiarkan anak berhitung dan menyusun balok angka ini sesuka hati mereka dan penerapan media balok ini juga dapat membantu guru untuk mengetahui sejauh mana perkembangan kemampuan berhitung pada anak, serta mengajarkan dan melatih anak belajar berhitung angka 1-20 dengan tepat.  

The ability to count in children is a very important thing, but counting activities are less attractive to children because counting is an activity that is less interesting, boring, and still not easy for children. This is caused by several factors, both from teachers, students, and learning resources as well as the teaching methods used as supporters. Therefore, the purpose of this study was to find out how the application of number block media to early counting for children aged 5-6 years. The research method used is descriptive qualitative. The subjects of this study were teachers and principals of PAUD Al-Amanah and 5-6-year-old children, totaling five childrens. This data collection technique is through observation and interview techniques, processing the recorded and collected data, and analyzing using qualitative-descriptive data analysis methods. The results showed that the application of number blocks media can help children understand early numeracy learning for children aged 5-6 years, its application is by letting children count and arrange these number blocks as they please and the application of this block media can also help teachers to find out how far the development of numeracy skills in children, and with the application of this number block media children can learn to count numbers 1-20 correctly.

References

Aswir, B. P., & Ali, N. M. (2020). Penggunaan Media Balok Dalam Berhitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B Di TK Almanar Peusan-gan. Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 1(1), 16-21. http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/33

Depdiknas. (2007). Permainan Berhitung Permulaan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Hasendra, A. (2019). Penggunaan Balok Angka Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 2(2), 64-80. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v2i2.42

Holis, A. (2017). Belajar melalui bermain untuk pengembangan kreativitas dan kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 23-37. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v10i1.84

Istiqomah, S. (2018). Penerapan Metode Bermain Melalui Permainan Ular Tangga Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Sriwijaya Lampung Timur Tp. 2017/2018 Skripsi (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5119

Kartinih, I., Nurhayati, S., & Nurunnisa, R. (2021). Penerapan media pembelajaran Papan Tutup Botol Pintar Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(4), 334-341. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i4.p%25p

Mudiyarsih, M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Dengan Per-mainan Balok Angka Pada Anak Kelompok B. Jurnal Pelita PAUD, 3(2), 121-134. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i2.521

Pahenra, P. (2020). Optimalisasi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran untuk Mes-timulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Journal of Education and Teaching (JET), 1(2), 67-74. https://doi.org/10.51454/jet.v1i2.16

Rawa, N. R., Meka, M., & Noa, M. G. (2020). MEDIA BALOK ANGKA MONTES-SORI UNTUK ASPEK KOGNITIF DALAM BERPIKIR SIMBOLIK PADA ANAK. JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(2), 107-113. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/563

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung, Alfabeta.

Surur, L. (2016). Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus di Lembaga Bimbingan Belajar “Bu Lilik” Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulunga-gung). (Skripsi, PG PAUD, FKIP UN PGRI Kediri). Retrieved from http://simki.unpkediri.ac.id/

Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Jakarta: Bumi Aksara.

Syarif, M. A. (2019). HUBUNGAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PER-MAINAN BALOK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK SEROJA DESA KALIDERES KECAMATAN KALIWEDI KABUPATEN CIRE-BON. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 6(2), 64-74. https://doi.org/10.32534/jjb.v6i2.1356

Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49-55. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939

Yuliatiningsih, Y., Asfiyak, K., & Lismanda, Y. F. (2019). Penerapan Permainan Balok Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B Di TA Al Kautsar Kota Malang. Jurnal Dewantara, 1(2), 127-136. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jd/article/view/3246

Published

2024-01-14