PENGEMBANGAN MEDIA DADU PUTAR MENGGUNAKAN KANTONG AJAIB MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI
Keywords:
Dice, Reading AbilityAbstract
Upaya meningkatkan kemampuan membaca pada anak dapat melalui salah satu media belajar yaitu dadu putar dengan menggunakan kantong ajaib modifikasi. Tujuan penelitian ini, mengetahui kelayakan media dadu putar dengan menggunakan kantong ajaib modifikasi terhadap kemampuan membaca. Subjek penelitian berjumlah 15 anak yang dilakukan di TK Ulil Albab berjumlah limaanak sedangkan di TK Al Hikmah berjumlah 10 anak. Metode penelitian menggunakan Research and Devoplment (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi dan angket. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif deskritif dan analisis data statistik deskritif kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari penilaian kualitas produk berupa saran dan masukan para ahli. Data kuantitatif berupa jumlah skor yang dihitung menggunakan teknik statistik dari hasil penilaian angket. Validitas kelayakan dari ahli materi dan media memperoleh persentase 66,1% dan 76,5% dengan kategori Layak. Penilaian guru terhadap media dadu putar Sangat Baik dengan nilai persentase 81,3%. Adapun peningkatan kemampuan membaca dengan nilai persentase 74,5% dalam kategori BSB. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan media dadu putar dengan menggunakan kantong ajaib modifikasi dinyatakan layak.
Efforts to improve reading skills in children can be made through one of the learning media, namely rotating dice using a modified magic bag. The purpose of this study was to determine the feasibility of rotating dice media using a modified magic bag on reading ability. The research subjects were 15 children who were conducted in Kindergarten Ulil Albab totaling five children in Kindergarten Al-Hikmah there were 10 children. The research method uses Research and Development (R&D) with the Borg and Gall development model. Data collection techniques through interview techniques, observation, and questionnaires. The data were analyzed using descriptive qualitative data analysis techniques and descriptive quantitative statistical data analysis. Qualitative data obtained from product quality assessment in the form of suggestions and input from experts. Quantitative data is in the form of the number of scores calculated using statistical techniques from the results of the questionnaire assessment. The validity of the feasibility of material and media experts obtained a percentage of 66.1% and 76.5% in the Eligible category. The teacher's assessment of the rotating dice media is very good with a percentage value of 81.3%. The increase in reading ability with a percentage value of 74.5% in the BSB category. The results showed that the development of rotating dice media using a modified magic bag was declared feasible.
References
Agustini, D. R., & Rofiqoh, D. (2020). Pengaruh Media Dadu Putar Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Kelompok B. Jurnal PAUD Teratai, 9(1), 1-14. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/35161
Herlina, E., & Aprianti, E. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK DENGAN METODE BERCAKAP-CAKAP MELALUI MEDIA BALON PINTAR PADA KELOMPOK A DI PAUD SENYUM ANANDA BANDUNG. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(6), 647-656. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i6.p%25p
Jatmika, Y. N. (2012). Ragam Aktivitas Harian Untuk Playgroup. Jogjakarta: Diva.
Kurnia, R. (2020). Efektifitas Media Dadu Putar Untuk Kesiapan Membaca Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 32-41. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4644
Mariana, [2020]. Pengembangan Media Flash Card Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Ananda Putri DeliSerda. [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. 2020]. http://repository.uinsu.ac.id/11702/
Agustini, D. R., & Rofiqoh, D. (2020). Pengaruh Media Dadu Putar Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Kelompok B. Jurnal PAUD Teratai, 9(1), 1-14. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/35161
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 PAUD
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini
Rahayu, (2017). Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia
Susanto, A. (2011) . Pengembangan kemampuan Berbahasa. Jakarta: Pustaka Setia.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta CV.
Sujiono, B. (2014). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT.Indeks
Wulandari, R. [2020]. Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Media Busy Book Usia 5-6 Tahun di TK Islam Bina Balita Bandar Lampung. [Skripsi, UIN Raden Intan Lampung. 2020]. http://repository.radenintan.ac.id/10909/1/Awal%20%20BAB%20II%20dan%20Daftar%20Pustaka.pdf