PENERAPAN KARTU ANGKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK PADA KELOMPOK A DI PAUD BANI SHALEH

Authors

  • Ani Winarti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Bani Shaleh, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia
  • Agus Sumitra Program Studi Pendidikan Masyarakat, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia
  • Syah Khalif Alam Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia

Keywords:

Application of Number Cards, Cognitive, Early Childhood

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan kognitif anak pada kelompok A di PAUD Bani Shaleh yang belum berkembang sesuai harapan. Anak-anak belum mampu mengenal dan mengurutkan angka 1-10. Dengan demikian, penerapan kartu angka sangat tepat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak pada kelompok A di PAUD Bani Shaleh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui penerapan kartu angka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalametode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 8 orang anak, terdiri dari empat laki-laki dan empat perempuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi dan penegasan kesimpulan digunakan dalam menganalisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak pada kelompok A di PAUD Bani Shaleh. Hal tersebut ditunjukan pada pertemuan pertama dengan hasil rata-rata kemampuan kognitif anak Mulai Berkembang (MB), pertemuan kedua setelah dilakukan penerapan kartu angka peningkatan kemampuan kognitif anak meningkat menjadi Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan dipertemuan terakhir mengalami peningkatan yang signifikan yaitu Berkembang Sangat Baik (BSB).

This research is motivated by the cognitive abilities of children in group A in PAUD Bani Shaleh, which have not developed as expected. Children have not been able to recognize and sort numbers 1–10. Thus, the application of number cards is very appropriate to be applied to improve the cognitive abilities of children in group A at PAUD Bani Shaleh. This study aims to improve children's cognitive abilities through the application of number cards. The method used in this research is a descriptive method with a qualitative approach. The research subjects were 8 children, consisting of four boys and four girls. The techniques used in data collection are observation, interviews, and documentation. Data collection, data reduction, data display, verification, and confirmation of conclusions are used in analyzing the data. The results showed that the application of number cards can improve the cognitive abilities of children in group A in PAUD Bani Salih. This was shown in the first meeting with the average result of the child's cognitive ability Starting to Develop (MB), the second meeting after the implementation of the score card for increasing the child's cognitive ability increased to Developing as Expected (BSH), and at the last meeting, there was a significant increase, namely Very Developed Good (BSB).

References

Destiani, S. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Di TK Citra Darma Lampung Barat. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/3844/

Handayani, S. (2012). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Ular Tangga di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Simpang IV Agam. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(3). 1-14. https://doi.org/10.24036/1659

Kurniatin, T., & Rohmalina, R. (2020). PENERAPAN PERMAINAN PENJEPIT BAJU UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL PERBEDAAN UKURAN BANYAK DAN SEDIKIT DI TK KARTIKA XIX BAN-DUNG. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(2), 164-171. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i2.p%25p

Parwati, N. N., Parmiti, D. P., & Jampel, I. N. (2013). PENERAPAN PEMBELAJA-RAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR DAPAT MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNI-TIF. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1041

Permendikbud No. 137, (2014). Tentang standar Nasional PAUD

Rahman, T., & Fuadatun, F. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Konsep Bilangan melalui Media Flashcard. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 118-128. 10.17509/jpa.v1i1.7167

Santoso (2015). Strategi Pendidikan Anak. Yogyakarta : Hikayat.

Sidarta, K. T., & Yunianta, T. N. H. (2019). Pengembangan kartu domano (domino ma-tematika trigono) sebagai media pembelajaran pada matakuliah trigonome-tri. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 62-75. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p62-75

Sugiyono. (2018). Metoda Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung:PT Alfabeta.

Sukmadinata, N. S (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda-karya

Uce. (2015). Belajar dan Pembelajaran Paud. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Rahmayani, Y., & Sumitra, A. (2022). Pembelajaran Berhitung Melalui Media Permainan Ular Tangga Pada Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(2), 164-172.https://doi.org/10.22460/ceria.v5i2.10327

Published

2024-01-11