Meningkatkan Kemampuan Berbahasa pada Anak Kelompok B melalui Media Big Book dengan Menggunakan Loose Part

Authors

  • Engken Yeni Kelompok Bermain (Kober) Al-Ihsan, Garut
  • Heni Nafiqoh Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi
  • Sharina Munggaraning Westhisi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi https://orcid.org/0000-0002-8827-9282

Keywords:

Language Skills, Big Book Media, Children Group B

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya kemampuan berbahasa pada anak kelompok B di Kober Al-Ihsan. Melalui media big book dengan menggunakan loose part diharapkan kemampuan berbahasa pada anak meningkat karena guru merasa kesulitan dalam menerapkan metode pembelajaran yang tepat selama proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa melalui media big book dengan menggunakan loose part pada anak kelompok B di Kober Al-Ihsan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah anak kelompok B sebanyak 10 anak. Wawancara, observasi dan dokumentasi dijadikan sebagai alat pengumpulan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yaitu reduksi data, display data, kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian dalam enam kali pertemuan melalui media big book dengan menggunakan loose part terbukti efektif dan hasilnya lima anak menunjukkan berkembang sangat baik (BSB), tiga anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan meningkat kemampuan bahasanya serta hanya dua anak saja yang masih membutuhkan arahan dari guru dalam kegiatan tersebut dengan kategori penilaian mulai berkembang (MB) serta dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dengan anak mampu menghubungkan gambar benda dengan kata-kata serta anak mampu mengenal suku kata  awal nama benda di sekitarnya.   This research began with the low language skills of group B children in Kober Al-Ihsan. Through big book media using loose parts, it is hoped that children's language skills will increase because teachers find it difficult to apply appropriate learning methods during the learning process. This research aims to find out and describe how to improve language skills through big book media using loose parts for group B children in Kober Al-Ihsan. This research method uses descriptive research with a qualitative approach. The subjects in the research were 10 group B children. Interviews, observations, and documentation were used as data collection tools. The data analysis technique in this research uses qualitative analysis, namely data reduction, data display, conclusions, or verification. The results of research in six meetings via big book media using loose parts proved to be effective and the results showed that five children showed very good development (BSB), three children developed according to expectations (BSH) and improved their language skills and only two children still needed guidance from the teacher in this activity is in the beginning to develop (MB) assessment category and can improve language skills with children being able to connect pictures of objects with words and children being able to recognize the initial syllables of the names of objects around them.

References

Halimatussa’diyah, F., & Fachrudin, F. (2017). Pengembangan media big book untuk menstimulasi kemampuan membaca permulaan anak kelompok b paud tanwirul qulub tahun ajaran 2016/2017. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8 (2). https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10534/6529

Handayani, K.W., Wirya. N., & Ujianti, P. R. (2016). Penerapan metode bercerita berban-tuan media wayang kertas untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/paud.v4i2.7792

Madyawati, L. (2016). Strategi pengembangan bahasa pada anak. Jakarta: Kencana.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakar-yaMursid. (2015). Belajar dan pembelajaran paud. Bandung : PT.Remaja Rosda Karya.

Rostini, S., & Nafiqoh, H. (2020). MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS MELAUI PERMAINAN PESAN BERANTAI DENGAN MEDIA GAMBAR. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(4), 282-289. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i4.p%25p

Sani, A. (2013). Inovasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: CV Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi pembelajaran teori dan aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Suryadi, M. U. (2013). Konsep dasar paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Westhisi, S. M. (2019). Metode fonik dalam pembelajaran membaca permulaan bahasa inggris anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 5(1), 23-37. https://doi.org/10.22460/ts.v5i1p29-43.1271

Published

2024-01-28