MICROSOFT POWERPOINT: IMPLEMENTASI BAHAN AJAR TERHADAP RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI MELALUI BERCERITA

Authors

  • Fitriyanti Fatimah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi
  • Ifat Fatimah Zahro Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi
  • Ghina Wulansuci Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat https://orcid.org/0009-0002-4905-3165

Keywords:

Microsoft PowerPoint, Teaching Materials, Self-Confidence, Story Telling

Abstract

Kurangnya rasa percaya diri membuat anak kesulitan untuk melakukan aktivitas dan bersosialisasi dengan teman sebaya atau masyarakat sekitar. Rasa percaya diri penting bagi anak karena dapat membantu anak untuk melangkah ke jenjang selanjutnya, oleh karena itu perlu adanya stimulus peningkatan rasa percaya diri dengan menggunakan bahan ajar bercerita. Bercerita menjadi salah satu bahan ajar yang banyak digunakan untuk mengasah dan menstimulasi berbagai kemampuan termasuk peningkatan rasa percaya diri anak, dengan cara penyampaian bahan ajar yang memanfaatkan teknologi Microsoft PowerPoint. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi dan respon dari bahan ajar bercerita dengan menggunakan Microsoft PowerPoint untuk meningkatkan rasa percaya diri. Metode penelitian menggunakan deksriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 9 orang anak berusia 4-5 tahun. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, pada pengimplementasian dan proses anak mulai berani dan beratusias karena memiliki rasa tertarik yang sangat tinggi, lebih memberikan kesan karna pengimplementasian yang menarik, cerita lebih mudah dipahami dengan animasi, suara, dan video.

The lack of self-confidence makes it difficult for children to carry out activities and socialize with peers or the surrounding community. Self-confidence is important for children because it can help children to move to the next level, therefore there is a need for a stimulus to increase self-confidence by using storytelling teaching materials. Storytelling is one of the teaching materials that are widely used to hone and stimulate various abilities including increasing children's self-confidence, by delivering teaching materials that utilize Microsoft PowerPoint technology. The purpose of this study is to determine the implementation and response of storytelling teaching materials using Microsoft PowerPoint to increase self-confidence. The research method uses qualitative description. The subjects in this study were nine children aged 4-5 years. Data collection techniques include conducting observations, interviews, and documentation studies. Data analysis is carried out through data reduction, data presentation, and concluding. The results of the study, in the implementation and process of children starting to be brave and mature, because they have a very high sense of interest, give the impression that because of the implementation of interesting, the story is easier to understand with animation, sound, and video.

References

Agustiyani, S., Rohaety, E. E., & Westhisi, S. M. (2019). PENERAPAN METODE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(4), 154-165.https://doi.org/10.22460/ceria.v2i4.p154-165

Anggraeni, A. D. (2017). Kompetensi kepribadian guru membentuk kemandirian anak usia dini (Studi kasus di TK Mutiara, Tapos Depok). AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 28-47. 10.24235/awlady.v3i2.1529

Amini, S. (2015). Hubungan antara interaksi sosial dengan kepercayaan diri dalam public speaking(Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). https://eprints.ums.ac.id/34917/

Azhar, R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point pada sistem Koordinat Kartesius. Sarwah: Journal of Islamic Civilization and Thought, 16(1). https://www.semanticscholar.org/paper/PENGEMBANGAN-MEDIA-PEMBELAJARAN-INTERAKTIF-BERBASIS-Azhar/12a2f397dbda49db28c6aeb0e059fb365bc46049

Djaman, S., & dan Aan K., (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Hakim. T. (2004) Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri, edisi kedua Jakarta: Puspa Swara

Masruroh, F., & Ramiati, E. (2022). PEMBENTUKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR. INCARE, International Journal of Educational Resources, 2(6), 576-585. https://doi.org/10.59689/incare.v2i6.353

Muharoma, Y. P., & Wulandari, D. (2014). Penerapan model problem based learning dengan media powerpoint untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ipa. Joyful Learning Journal, 3(2). 33-40. 10.15294/JLJ.V3I2.5904

Mustika, F. A. (2020). Pembuatan dan Pelatihan Media Interaktif Mengenal Bentuk pada TK Fatahillah. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 3(4), 414-420. ttp://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i4.5603

Putra, L. D., & Ishartiwi, I. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mengenal angka dan huruf untuk anak usia dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 169-178. 10.21831/tp.v2i2.7607

Sudjana, N & Ibrahim. (2004). Penelitian dan Penilaian pendidikan. Bandung: Sinar Ba-ru Algesindo

Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Published

2024-01-08