KREATIVITAS SENI MUSIK ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN ALAT MUSIK ANGKLUNG

Authors

  • Lustianti Rizzkiya Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat
  • Ema Aprianti Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

Keywords:

Creativity, Music Ar, Early Childhood, Musical Instruments, Angklung

Abstract

Salah satu pengaruh penting bagi proses tumbuh kembang anak usia dini dalam berbagai aspek adalah seni. Hal ini dikarenakan anak senang sekali memperoleh proses kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan, karena pada hakikatnya dunia anak adalah bermain. Selain itu, kreativitas seni sangatlah mengungguli peran belajar pada anak, terutama seni musik yang didalamnya terdapat kegiatan yang menyenangkan seperti bermain alat musik, menari, menyanyi, dan menggambarkan perasaan senang dalam gerakan dan lagu. Seni musik dalam kegiatan belajar mengajar yaitu angklung. Angklung merupakan salah satu dari banyaknya alat musik tradisional Indonesia dari pulau Jawa bagian barat dan telah diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO. Tujuan penelitian ini adalah untuk menumbuhkan kreativitas seni musik pada anak usia dini dengan menggunakan alat musik angklung sebagai media pelatihannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek adalah peserta didik Taman Kanak-kanak (TK) Cerdas Cendekia. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Analisis data yang dilakukan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, serta metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil akhir dari penelitian ini adalah alat musik angklung, dapat menumbuhkan kreativitas seni musik pada anak usia dini.

One of the important influences on the development process of early childhood in various aspects is art. Early Childhood is very easy to accept the process of teaching and learning activities that are fun because, in essence, the world of children is play. Art creativity outperforms the role of learning in children, especially music, which includes fun activities such as singing, moving, playing musical instruments, and describing feelings of joy in movements and songs. The art of music in teaching and learning activities is angklung. Angklung is one of the traditional Indonesian art tools from the western part of Java and has been recognized by UNESCO as a world cultural heritage for a decade. This study aims to explain how to foster creativity in early childhood music art through playing activities with angklung musical instruments at  Kindergarten's Cerdas Cendekia Sariwangi. This study used descriptive qualitative research with the research subjects being the TKindergarten's Cerdas Cendekia Sariwangi students. The data collection techniques used were data analysis techniques, data presentation, and data collection or conclusions. Data collection methods used were observation, interviews, and documentation. The object of this research is to foster the creativity of Early Childhood music art through playing the angklung musical instrument. The results of the research that the authors conducted show that the children in Kindergarten's Cerdas Cendekia Sariwangiare very enthusiastic about the angklung musical instrument and are proven to be able to foster creativity in the art of music in TK Cerdas Cendekia Sariwangi children.

References

Aprianti, E. (2018). Pengaruh komunikasi interpersonal dalam kegiatan mengajar antara guru dan murid paud pada proses pembentukan karakter. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 4(1), 1-9. https://doi.org/10.22460/ts.v4i1p1-9.716

Augusta. (2017). Pengertian Anak Usia Dini. Retrieved October 2, 2020, from http://infoini.com/Pengertian Anak Usia Dini.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Fatonah, S., Mappapoleonro, A. M., & Mansoer, Z. (2020). Upaya Meningkatkan Ke-mampuan Seni Musik Anak dengan Permainan Angklung. In Prosiding Seminar Na-sional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 12-17). https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/410

Hasan, M. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Diva Press: Yogyakarta.

Jamalus. (2017). Pendidikan Kesenian I (Musik). Jakarta: Bumi Aksara.

Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Moleong, L, J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosda-karya.

Subandi, S. (2011). Deskripsi kualitatif sebagai satu metode dalam penelitian pertun-jukan. Harmonia journal of arts research and education, 11(2), 173-179. 10.15294/harmonia.v11i2.2210

Suhastjarja. (2011). Menulis Lagu Dari Hati. Surabaya: Widyawara.

Yulianti, D. (2016). Bermain SambilBelajar Sains di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Indeks.

Yuni, K. (2020). Pengembangan Seni Musik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Drum Band dan Angklung di TK Nakita Insan Mulia Purwokerto (Doctoral dissertation, Iain Purwokerto). https://eprints.uinsaizu.ac.id/7881/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

Published

2023-11-21