Busy Book Tiga Dimensi sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatakan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini
Keywords:
Fine Motor Ability, Media Busy Book, ChildrenAbstract
Kemampuan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun di Kober Kasih Ibu masih rendah, dengan solusi guru memberikan pembelajaran melalui media busy book tiga dimensi membuat pembelajaran menjadi menarik dan memiliki pengalaman belajar baru serta dapat meningkatkan aspek fisik motorik anak. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus melalui busy book tiga dimensi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah anak usia 4-5 tahun sebanyak 10 anak. Wawancara, observasi dan dokumentasi dijadikan sebagai alat pengumpulan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yaitu reduksi data, display data, kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian dalam delapan kali pertemuan melalui media busy book tiga dimensi terbukti efektif dan hasilnya lima anak sudah menunjukkan berkembang sangat baik (BSB), tiga anak sudah berkembang sesuai harapan (BSH) serta hanya dua anak saja yang masih membutuhkan arahan dari guru dalam kegiatan tersebut dengan kategori penilaian mulai berkembang (MB) dengan anak mampu membuat garis lurus dan miring, anak dapat mengenal macam-macam bentuk, anak mampu mengkoordianasikan antara mata dengan tangan menciptakan gerakan komplek, anak mampu berekspresi dan berkarya menggunakan media busy book tiga dimensi. Selain itu dapat menimbulkan ketertarikan anak untuk berpikir.
Fine motor skills in children aged 4-5 years at Kober Kasih Ibu are still low, with the solution of the teacher providing learning through three-dimensional busy book media to make learning interesting, have new learning experiences, and improve children's physical motoric aspects. The purpose of the study was to determine the improvement of fine motor skills through a three-dimensional busy book. This research method uses descriptive research with a qualitative approach. Subjects in the study were children aged 4-5 years, as many as 10 children. Interviews, observations, and documentation were used as data collection tools. The data analysis technique in this study uses qualitative analysis, namely data reduction, data display, conclusion, or verification. The results of the study in eight meetings through three-dimensional busy book media proved to be effective, and the results showed that five children had shown very good development (BSB), three children had developed as expected (BSH), and only two children still needed guidance from the teacher in these activities. with the assessment category starting to develop (MB), with children being able to make straight and slanted lines, children being able to recognize various shapes, children being able to coordinate between eyes and hands, creating complex movements, and children being able to express and create using three-dimensional busy book media. In addition, it can stimulate children's interest in thinking.
References
Avirudini, K. (2018). Pengembangan Media 3 Dimensi Busy Book pada Tema Alat Transportasi Sub Tema Macam-macam Transportasi di TK Kelompok A Kartika IV-92 Surabaya. Jurnal Mahaanak Teknologi Pendidikan. 9 (2). 1-17 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/24627
Herdiansyah, H. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika
Indraswari, L. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD. 1 (1).
Jauhar, M. (2011). Implementasi PAIKEM dari Behavioristik Sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakarya
Jubaedah, D.S., Wulansari, R.., & Zahro, I. F. (2018). Penerapan Teknik Kolase Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Kegiatan Menggambar Pada Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif). 1 (3). 84-89. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i3.p89-94
Mardiana, E. (2019). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Media Busy Book Flanel pada Usia 4-5 tahun di RA Fathun Qarib. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15193/
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Putri, N., Antara, P, A., & Tirtayani L, A. (2016). Pengaruh Permainan Konstruktif terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelopok A2 Rabaitulmutaallim Tegalinggah Singaraja. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4 (3). https://doi.org/10.23887/paud.v4i3.8725
Ramadhani, S. N., & Sudarsini. (2018). Media Quiet Book dalam Meningkatkan Keterampilan memakai Baju Berkancing bagi Tunagrahita. Jurnal ORTOPEDAGOGIA. 4 (1). 12-16. 10.17977/um031v4i12018p12-16
Romadhona, W. A., Bagaskorowati, R., & Bintoro, T. (2017). MENGURANGI PERILAKU MALADAPTIF MELALUI PEMBELAJARAN BERBANTUAN ME-DIA MY BUSY BOOK PADA ANAK AUTISME. Jurnal Pendidikan Da-sar, 8(2), 89-99. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/5358
Rizaldy, S. (2015). Manajemen Pengelolaan Sekolah Usia Dini. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.
Sani, A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Sari, E. K. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Kolase dari Bahan Bekas di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Simpang IV Agam. Jurnal Pesona PAUD. 1 (1). 1-11. https://doi.org/10.24036/1615
Siagian, N., Rohaeti, E.E., & Westhisi, S.M. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Jepitan Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif). 2 (5). 202-209. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p202-209
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Suryadi, M. U. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Umrati & Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif: Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray
Uno, B. H. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif . Jakarta: PT Bumi Aksara