UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE MENDONGENG PADA KELOMPOK A DI TPA CAHAYA GEMINTANG KOTA CIMAHI

Authors

  • Nani Yulianingsih TPA Cahaya Gemintang

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v1i6.p1-9

Keywords:

Kemampuan Berbicara, Metode Mendongeng

Abstract

Bahasa memegang peranan penting dalam kehidupan manuasia karena bahasa merupakan alat komunikasi kehidupan sehari-hari. Salah satu masalah yang berkaitan dengan perkembangan bahasa anak usia dini adalah kemampuan berbicara. Oleh sebab itu, tugas guru dan orang tua untuk memberikan perhatian terhadap kemampuan berbicara anak melalui metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Kemampuan berbicara pada kelompok A TPA Cahaya Gemintang belum berkembang sesuai harapan, dibutuhkan upaya guru dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Salah satu metode yang dapat digunakan yaitu melalui pendekatan mendongeng. Berdasarkan latar belakang tersebut Peneliti tertarik untuk meneliti tentang, bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara kelompok A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara kelompok A. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, yaitu penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pedoman observasi, dan wawancara terhadap orang tua murid. Hasil analisis data menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berbicara pada kelompok A melalui metode mendongeng. Hal ini diketahui dari hasil evaluasi meningkatkan kemampuan berbicara kelompok A. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode mendongeng dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada kelompok A TPA Cahaya Gemintang.

References

Hasnidar. (2015). Penerapan Metode Story Reading untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Melati/ABA 005. Retrieved from http//download.portalgaruda.org/article.php?

Hurlok, E. (2011). Psikologi Perkembangan. Edisi kelima. Jakarta: Erlangga.

Moleong, J. L. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosda Karya.

Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa.

Yuda, A. (2007). Cara Pintar Mendongeng. Bandung: Mizan.

Zubaedah, E. (2005). Buku Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Downloads

Published

2019-03-29