PENDIDIKAN INKLUSIF: PERAN GURU PENDAMPING DI TAMAN KANAK-KANAK MARHAMAH KIDUCITION

Authors

  • Adinda Elvia Hidayat Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat
  • Lenny Nuraeni Program Studi Pendidikan Masyarakat, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

Keywords:

The Role Of The Accompanying Teacher, Inclusive Education

Abstract

Strategi yang tepat sangat diperlukan untuk pembelajaran pada pendidikan inklusi. Tentu saja disesuaikan dengan kebutahan anak berkebutuhan khusus. Salah satu yang harus dimiliki lembaga yang bersikap inklusif adalah adanya guru pendamping. Kemahiran guru diperlukan dalam menggelola kelas di pendidikan inklusi, seorang guru diminta mempunyai kompetensi dan kemampuan dalam mengelola pembelajaran dan menguasai aspek perkembangan anak. Dengan adanya guru pendamping disekolah maka anak berkebutuhan kusus berasa terbantu dalam setiap kegiatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran guru pendamping khusus pada pendidikan inklusi di TK Al Marhamah kiducation. Dalam penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan analisis data yang digunakan analisis data kualitatif. Subjek penelitiannya adalah guru dengan teknik menggumpulan data yang digunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh peran guru pendamping di TK Al Marhamah Kiducation sudah berjalan dengan baik Pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus, sarana dan prasarana harus memadai untuk sekolah yang bersifat inklusif, selain itu guru pendamping khusus harus berperan sebagai fasilitator anak dalam melakukaj pembelajaran di sekolah inklusif.

Proper strategy is indispensable for learning in inclusive education. Of course, it is adjusted to the needs of children with special needs. One of the things that inclusive institutions must have is the presence of accompanying teachers. Teacher proficiency is needed in managing classes in inclusive education, a teacher is asked to have competence and ability in managing learning and mastering aspects of child development. With the presence of an accompanying teacher in school, children with special needs feel helped in every activity. The purpose of this study is to determine the role of special accompanying teachers in inclusion education in Al Marhamah Kiducation Kindergarten. This study uses the case study method with data analysis qualitative data analysis. The subject of his research was a teacher with a data collection technique used for observation and interviews. The results of the research obtained on the role of accompanying teachers in Al Marhamah Kiducation Kindergarten have been running well Learning is tailored to the needs of children with special needs, facilities, and infrastructure must be adequate for inclusive schools, besides that special accompanying teachers must act as child facilitators in carrying out learning in inclusive schools.

References

Agustin, I. (2017). Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Sumbersari 1 Kota Malang.Education and Human Development Journal, 1(1). https://doi.org/10.33086/ehdj.v1i1.290

Budyawati, L. P. I. (2020). Pengembangan Program Pembelajaran Individual (PPI) Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif Jember. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 89-101. https://doi.org/10.29062/seling.v6i2.625

Depdiknas. (2009). No. 70 tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif Bagi Anak yang Memiliki Kelainan dan memiliki potensi istimewa

Depdiknas. (2007). Pedoman Khusus Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif ten-tang Pengadaan dan Pembinaan Tenaga Pendidik

Farisia, H. (2017). Strategi Optimalisasi Kemampuan Belajar Anak Berkebutuhan Khu-sus (ABK) melalui Program Pembelajaran Individual (PPI). SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 3(2), 1-17. https://doi.org/10.29062/seling.v3i2.116

Maraani, A. (2017). Kurikulum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Studia Insania, 5(2), 105– 119. https://doi.org/10.18592/jsi.v5i2.1358

Nirmala. (2020). Peran Guru Pendamping Khusus Dalam Mengembangkan Emosional Anak Autisme DiKelas 1 A Sdit Al-Firdaus Banjarmasin Mengembangkan Emo-sional Anak Autisme Di Kelas 1 A Sdit Al-Firdaus Banjarmasin.Universitas Islam Kalimantan MAB. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/4357/

Nuraeni, L., & Santana, F. D. T. (2015). Persepsi, Pola Pengasuhan, Dan Peran Serta Keluarga Pemulung Tentang Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Deskriptif Pada Keluarga Pemulung Dikampung Cibatu Desa Cilame Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 160-168. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i2p160-168.175

Nuraeni, L. (2016). Desain Paud Accessible Bagi Semua. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1-17. https://doi.org/10.22460/empowerment.v5i1p1-17.552

Yin, R. K. (2009). Case Study Research Design and Methods (4th ed. Vo). Sage Publica-tion.

Published

2023-11-27