PANDANGAN AL-GHAZALI TERHADAP PENDIDIKAN MORAL BAGI ANAK USIA DINI

Authors

  • Siti Hanifah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nida Ulfadilah Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat
  • Vita Siti Zulaeha Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat
  • Mubiar Agustin Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat https://orcid.org/0000-0003-1451-2405

Keywords:

Early Childhood, Moral Education, Al-Ghazali's Views

Abstract

Pendidikan moral merupakan pendidikan penting yang harus di terapkan guna sebagi bekal dalam kehidupan, banyak pandangan mengenai pendidikan moral salahsatunya pandangan menurut Imam Ghazali. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sistematik terhadap pandangan Imam Al-Ghazali terhadap pendidikan moral bagi anak usia dini untuk memahami konsep-konsep kunci yang ditekankan oleh Al-Ghazali dalam pendidikan moral anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah systematic literature review. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mencari artikel pada databes yang terpercaya. Dalam proses pengumpulan data, dilakukan pencarian yang terstruktur dan menyeluruh pada sumber informasi yang dapat dipercaya. Artikel yang sudah terpilih dan melewati proses peninjauan kemudian dianalisis. Analisis data adalah langkah yang sangat penting karena melalui proses ini, informasi dan data terkait dengan pandangan Al-Ghazali terhadap pendidikan moral anak usia dini. Hasilnya, terpilih 13 artikel yang menjadi fokus penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, pandangan Imam Al-Ghazali tentang pendidikan moral bagi anak usia dini dapat dirangkum dalam beberapa konsep kunci. Hasil analisis ini kemudian digunakan untuk membuat kesimpulan. Dalam studi ini, metode analisis data yang digunakan adalah analisis tematik, yang merupakan cara untuk mengumpulkan data dan mengidentifikasi pola dalam penelitian yang dilakukan. Kesimpulannya bahwa pandangan Imam Al-Ghazali terhadap pendidikan moral bagi anak usia dini menawarkan landasan teoritis yang kuat untuk pendidikan moral dalam Islam.

Moral education is an important education that must be applied as a provision for life. There are many views regarding moral education, one of which is the view of Imam Ghazali. This research aims to carry out a systematic analysis of Imam Al-Ghazali's views on moral education for early childhood to understand the key concepts emphasized by Al-Ghazali in the moral education of early childhood. The research method used is a systematic literature review. The data collection technique is carried out by searching for articles in trusted databases. In the data collection process, a structured and comprehensive search was carried out based on reliable sources of information. Articles that have been selected and passed the review process are then analyzed. Data analysis is a very important step because, through this process, information and data are related to Al-Ghazali's views on the moral education of early childhood. As a result, 13 articles were selected as the focus of the research. Based on the research results, Imam Al-Ghazali's views on moral education for early childhood can be summarized into several key concepts. The results of this analysis are then used to make conclusions. In this study, the data analysis method used is thematic analysis, which is a way to collect data and identify patterns in the research conducted. The conclusion is that Imam Al-Ghazali's views on moral education for early childhood offer a strong theoretical basis for moral education in Islam.

References

A, N. (2011). Pentingnya pendidikan nilai moral bagi generasi penerus. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 16(2), 119-133.

Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : THE EFFECTIVENESS OF REALISTIC. IJI Publication, 1(3), 189–197.

Bahri, S. (2022). Pendidikan Akhlak Anak dalam Perspektif Imam Al-Ghazali. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 23–41. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v1i1.6

Busroli, A. (2019). Pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih dan Imam al-Ghazali dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 4(2), 236–251. https://doi.org/10.15575/ath.v4i2.5583

Dirsa, A., & Kusumawati, I. (2019). Implementasi Pemikiran Imam Al-Ghazali tentang Pendidikan Karakter. Academy of Education Journal, 10(02), 159–169. https://doi.org/10.47200/aoej.v10i02.281

Gina Amalia, Maulida Maulida, & Wirdatul Ulfah. (2022). Analisis Pendidikan Karakter Sosial Anak Usia Sd Di Era Society 5.0 Menurut Imam Al-Ghazali. Al-Furqan : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(3), 10–20. https://doi.org/10.35931/alfurqan.v1i3.2

Haybati, S. S. K. (2022). ANALISIS KECERDASAN MORAL PERSPEKTIF IMAM AL-GHOZALI TERHADAP ANAK USIA DIN. Al-Hikmah : Jurnal Studi Agama Agama, 8(2), 171–185.

Khadijah, I. (2019). Etika Guru dan Murid dalam Pendidikan Perspektif Imam Al-Ghazali. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 89–102. https://doi.org/10.30653/003.201951.60

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479

Kurniawan, S. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM ISLAM Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan Karakter Anak Berbasis Akhlaq al-Karimah. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 197. https://doi.org/10.19109/tadrib.v3i2.1792

Rahmawati, M. (2019). Mendidik Anak Usia Dini Dengan Berlandaskan Pemikiran Tokoh Islam Al-Ghazali. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(2), 274. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i2.2271

Sahar, A. (2012). PANDANGAN AL-GHAZALI TENTANG PENDIDIKAN MORAL. AN NUR: Jurnal Studi Islam, 4(2).

Setiawan, E. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak Anak Perspektif Imam Al Ghazali. Jurnal Kependidikan, 5(1), 55–70. https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1252

Sholeh, S. (2017). Pendidikan Akhlak dalam Lingkungan Keluarga Menurut Imam Ghazali. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1), 55–70. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).618

Sukmawati, A. (2018). Peran Guru dalam Pengembangan Moral Bagi Anak Usia Dini. Biota, 8(1), 87–96. https://doi.org/10.20414/jb.v8i1.61

Supardi, D., Ghofar, A., & Nuryadien, M. (2017). Konsep Pendidikan Moral Imam Al-Ghazali dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Jurnal Al Tarbawi Al Haditsah, 01(02), 3.

Suryadarma, Y., & Haq, A. H. (2015). Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali. At-Ta’dib, 10(2), 362–381. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/460

Tadjuddin, N. (2018). Early Children Moral Education in View Psychology, Pedagogic and Religion. Al-Athfaal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 13(April), 15–38.

Downloads

Published

2023-11-27