KEGIATAN MUSIK PERKUSI SEBAGAI KEGIATAN BERMAIN DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN MUSIKAL ANAK USIA DINI

Authors

  • Fitri Qoshdah Nur Hafshoh RA Ibnu ‘Aqil, Soreang
  • Heni Nafiqoh Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat

Keywords:

Musical Intelligence, Playing Percussion Instruments, Online Learning

Abstract

Kecerdasan musikal yaitu kecerdasan yang terhubung dengan musik. Kecerdasan musikal sangat penting bagi anak usia dini. Anak usia dini yaitu anak yang berusia 0-6 tahun. Anak usia dini sangat menyukai kegiatan bermain alat musik perkusi hal itu merupakan bermain. Saat memainkan alat musik seperti dipukul-pukul sehingga dapat menghasilkan suara. Kegiatan ini dilakukan secara pembelajaran daring yang dilakukan di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara untuk meningkatkan kecerdasan musikal anak usia dini melalui kegiatan bermain alat musik perkusi dalam pembelajaran daring. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kelompok B di RA Ibnu ‘Aqil dengan jumlah 5 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan dokumentasi dan untuk teknik analisisnya adalah naratif. Berdasarkan hasil peneltian yang sudah dilakukan dalam meningkatkan kecerdasan musikal anak usia dini melalui kegiatan bermain alat musik perkusi dalam pembelajaran daring di RA Ibnu ‘Aqil dapat terlaksana dengan baik, dengan begitu hasil dari yang peneliti lakukan bahwa dengan memainkan peralatan perkusi dapat memudahkan anak untuk meningkatkan kecerdasan musikal pada anak, stimulus yang dilakukan kepada anak untuk merangsang kepekaannya terhadap musik bisa terimplementasikan, hal ini sangat relevan dengan tujuan dari penelitian ini, dilihat dari segi respon anak yang antusias dalam pembelajaran bermain musik ini.

Musical intelligence is intelligence connected with music. Musical intelligence is very important for early childhood. Early childhood is children aged 0-6 years. Early childhood likes the activity of playing percussion instruments, it is playing. When playing a musical instrument such as being beaten so that it can produce sound. This activity is carried out through online learning carried out at home. This study aims to find out how to improve early childhood musical intelligence through playing percussion instruments in online learning. The method used in this research is a qualitative approach with a descriptive method. The subject of this research is group B in RA Ibn 'Aqil with a total of 5 students. Data collection techniques are using observation and documentation and the analysis technique is narrative. Based on the results of research that has been carried out in improving the musical intelligence of early childhood through activities playing percussion instruments in online learning at RA Ibnu 'Aqil can be carried out well, so the results of what the researchers did are that playing percussion instruments can improve children's musical intelligence from an early age, the stimulus given to children to stimulate their sensitivity to music can be implemented, this is very relevant to the purpose of this study, in terms of the enthusiastic response of children in learning to play music.

References

Febriana, D., & Sofyan, F. A. (2022). ANALISIS PENGEMBANGAN BAKAT TERHADAP KECERDASAN MUSIKAL DALAM ANIMASI “BING BUNNY: MOMENT MUSIKAL”. JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 21-28.

John, W,. C. (2013). Research Design, terj. Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kirnadi. (2011). Dunia Marching Band. Jakarta Selatan: PT Eksatama Pertiwi.

Liana, M., Gunara, S., & Nusantara, H. (2022). PEMBELAJARAN RITMIK MELALUI ALAT MUSIK PERKUSI DI SD NEGERI 2 SIDAMULIH. SWARA-Jurnal Antologi Pendidikan Musik, 2(2), 33-48

Nasution, R. A. (2016). Pembelajaran Seni Musik Bagi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 4(1). 11-21. http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v4i1.60

Nisya, N. I. (2022). Analisa Desain Organisasi Pada Kedai Kopi Ben’Enak (BE) Menggunakan Metode Deskriptif Kualitatif. Jurnal Dunia Bisnis, 2(4).

Putri, N. (2012). Efektifitas penggunaan media video untuk meningkatkan pengenalan alat musik daerah pada pembelajaran IPS bagi anak tunagrahita ringan di SDLB 20 Kota Solok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 318-328. https://doi.org/10.24036/jupe8580.64

Qomariyah, N., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru PAUD Tentang Pembelajaran Berbasis STEAM Dengan Penggunaan Media Loose Parts Di Desa Bukit Harapan. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 3(1), 47-52. https://doi.org/10.15642/jeced.v3i1.995

Sousa, D,. A. (2012). Bagaimana Otak Belajar. Jakarta : PT. Indeks.

Sunoviani, R. (2021). MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI MEDIA ALAT MUSIK PERKUSI PADA ANAK KELOMPOK B2 RA BABUSSALAM (Doctoral dissertation, STKIP Bina Bangsa Getsempena).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung.

Wulansuci, G., & Nafiqoh, H. (2021). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar dengan Menggunakan Kegiatan Eksperimen Sains untuk Guru PAUD Kecamatan Banjaran Berbasis Daring (dalam jaringan). Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 42-47. https://doi.org/10.31334/jks.v4i1.1633

Published

2023-11-20