Aplikasi Zoom sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Maya Permatasari SPS Anggrek Putih 2,Kp.Tipar Barat Desa Laksanamekar Kec. Padalarang
  • Ema Aprianti Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

Keywords:

Interest To Learn, Zoom

Abstract

Guru telah dituntut untuk lebih kreatif pada masa pandemi virus corona, mengenai penyampaian materi. Pengajaran dengan media yang menarik sehingga meningkatkan minat belajar peserta didik. Oleh karenanya pemilihan aplikasi zoom sebagai media pembelajaran dapat dijadikan solusi  dalam meningkatkan minat belajar anak usia 5-6 tahun. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana peningkatan kreativitas anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan aplikasi zoom sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian terdiri dari 13 orang anak, dan teknik pengumpulan data yang diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data, reduksi data, dan display data merupakan teknik yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian yang didapat dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran anak usia 5-6 tahun melalui aplikasi zoom  mempunyai peranan penting dalam meningkatkan minat belajar. Minat belajar anak umumnya dapat meningkat dengan media pembelajaran aplikasi zoom, terjadinya perubahan peningkatan pada karakter dasar minat belajar, yaitu perasaan senang, ketertarikan, aktivitas dan keterlibatan, pada aspek peningkatan minat belajar ini anak menunjukan perasaan senang, ceria, mulai terbiasa aktif bertanya, dan berbaur.

Teachers have been required to be more creative during the coronavirus pandemic regarding material delivery. Teach with interest media to increase student interest in learning. Therefore, this selection of the Zoom application as a learning medium can be used as a solution to increasing interest in learning for children aged 5-6 years. The purpose of this research is to find the extent to which the creativity of children aged 5-6 years increased by using the Zoom application as a learning medium. The research method used in this study is descriptive qualitative with research subjects consisting of 13 children and data collection techniques taken through observation, interview, and documentation. Data collection, reduction data, and display data are techniques used in this research. The results obtained from this study show that the implementation of learning for children aged 5-6 years through the Zoom application has a role in increasing interest in learning. Children’s learning interest can generally increase with the Zoom application learning media, so there is an increase in the basic character of interest in learning, namely feelings of pleasure, interest in activities, and involvement in this aspect of increasing interest in learning, children show feelings of joy and happiness, starting to get used to actively asking and mingling.

References

Agustina, M. (2021). Identifikasi minat belajar anak paud dalam pelajaran berhitung. Journal of Basic Education Research, 2(2), 51–54. 10.37251/jber.v2i2.193

Anand, J. (2020). Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar anak (survey pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan kelas xii tata boga di smkn 15 bandung). FKIP UNPAS. http://repository.unpas.ac.id/49473/

Beaty, J. (2013). Observasi perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana.

Departemen Pendidikan Nasional (2020). Tentang pencegahan covid-19 pada satuan pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Hamidah, W., & Lestari, R. H. (2022). Kurang puas dan bingung: respon guru terhadap pendekatan saintifik di masa pandemi. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(3), 270–276. https://doi.org/10.22460/ceria.v5i3.10701

Istikomah, D. D. (2020). Penerapan model problem based learning dengan media daring zoom meet dalam meningkatkan keaktifan anak dan hasil belajar anak pada pembelajaran gangguan pada organ peredaran darah manusia di kelas 5 tema 4 sdn pengkol 2 sragen tahun pelajaran 2020/2021. JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 6(1). 103-113. https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7337

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi zoom sebagai media pembelajaran online pada mahaanak saat pandemi covid-19. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416

Pantan, F., & Benyamin, P. I. (2020). Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak pada Masa Pandemi Covid-19. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.47167/kharis.v3i1.43

Sugiyono. (2021). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syah, M. (1995). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trinova, Z. (2012). Hakikat belajar dan bermain menyenangkan bagi peserta didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209–215. 10.15548/jt.v19i3.55

Undang-Undang Sisdiknas. No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Published

2024-01-28