Pengembangan Media Papan Flanel dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini
Keywords:
Flannel Board Media, Early ReadingAbstract
Media pembelajaran merupakan penunjang keberhasilan proses belajar mengajar, karena membuat pembelajaran lebih menyenangkan. Seperti pada penelitian yang dilaksanakan di TK Plus Al Hikmah, masih banyak anak mengalami kesulitan mengucapkan dan mengingat bentuk huruf. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media papan flanel dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B usia 5-6 tahun sebanyak 26 orang anak, dengan menggunakan metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriprif yang diperoleh dari penilaian produk berupa saran dan masukan dari ahli dan analisis data statistik deskriptif kuantiatif berupa jumlah skor yang dihitung menggunakan teknik statistik dari hasil penilaian angket. Hasil validitas kelayakan dari ahli materi dan media memperoleh presentase 91% kriteria “Sangat Layak”. Hasil penilaian guru media papan flanel dinyatakan “Sangat Layak” nilai rata-rata sebesar 82,%. Hasil respon peserta didik menyatakan media papan panel “Sangat Baik”, dengan nilai rata-rata persentase 90,2%. Hasil peningkatan kemampuan membaca permulaan memperoleh nilai BSB dengan nilai rata-rata 81% , hasil menunjukkan media papan flanel sangat layak digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan anak usia 5-6 tahun.
Learning media is a supporter of the success of the teaching and learning process because it makes learning more enjoyable. As in research conducted at Kindergarten Plus Al Hikmah, many children still have difficulty pronouncing and remembering letter shapes. Therefore, this research aims to develop flannel board media to improve the beginning reading skills of children aged 5-6 years. The subjects of this research were 26 group B children aged 5-6 years, using the Research and Development (R&D) research method with the Borg and Gall development model. Data collection techniques were carried out using interviews, observations, and questionnaires. Data were analyzed using descriptive qualitative data analysis techniques obtained from product assessments in the form of suggestions and input from experts and quantitative descriptive statistical data analysis in the form of total scores calculated using statistical techniques from the results of questionnaire assessments. The feasibility validity results from material and media experts obtained a percentage of 91% for the "Very Eligible" criteria. The results of the teacher's assessment of flannel board media were declared "Very Appropriate" with an average score of 82%. The results of student responses stated that the panel board media was "very good," with an average percentage score of 90.2%. The results of improving initial reading ability obtained a BSB score with an average score of 81%. The results show that flannel board media is very suitable for use in early reading learning for children aged 5-6 years.
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode penelitian kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press.
Aladiah, S. [2020]. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Me-dia Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelas B di Roudathul Athfal Nurul Yaqin. [Skripsi. UIN Sultan Thaha Saifuddin. Jambi. 2020]
Aprila, E. F. S. S., & Fitriani, I. I. (2018). Meningkatkan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Menggunakan Media Papan Flanel. Jurnal pendidkan, 19(2), 109-155. https://core.ac.uk/download/pdf/322509931.pdf
Apriliana, T. L. (2019). Pengembangan Media Pop-up Hidden Chart Untuk Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 141-149. https://core.ac.uk/download/pdf/287323947.pdf
Arini, D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Melalui Papan Flanel Di TK Kemiri 06 Karanganyar. [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2018]. https://eprints.ums.ac.id/65438/
Herlina, E., & Aprianti, E. (2021). Implementasi pembelajaran daring dalam meningkat-kan kemampuan bahasa anak dengan metode bercakap-cakap melalui media balon pintar pada kelompok a di paud senyum ananda bandung. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(6), 647-656. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i6.p%25p
Khadijah, S. (2019). Pengaruh Media Papan Flanel Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Ra Jam’iyyatush Shoolihiin Kelurahan Tanjung Mulia Kecamatan Medan Deli Tahun Ajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Su-matera Utara). http://repository.uinsu.ac.id/6746/1/SKRIPSI%20U%20PERPUS%20SITI%20KHADIJAH%20%2838151001%29.pdf
Mariana, M. (2020). Pengembangan Media Flash Card Dalam Meningkatkan Kemam-puan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Ananda Putri Deli Serdang Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).http://repository.uinsu.ac.id/11702/
Mery, M. M. (2020). Penggunaan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan pada Anak Kelompok B di TKK Rherhedja 2. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 116-124. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i1.357
Musafaah, M., & Komalasari, D. (2020). Pengembangan Aplikasi Mobile Membaca Permulaan Untuk Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 9(1), 1-10. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/35052
Nurdyansyah, (2019). Media pembelajaran inovatif. Sidoarjo: UMSIDA Press.
Puspitorini, T. D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Penggunaan Media Papan Flanel pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Taman Kota Madiun. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 5(2), 41-51. https://doi.org/10.25273/jcare.v5i2.3109
Rahayu, (2017). Pengembangan bahasa pada anak usia dini. Sleman Yogyakarta: Kalime-dia.
Rosyid, Z., Sa’diyah, H., Septiana, H. (2019). Ragam media pembelajaran. Malang: Lit-erasi Nusantara
Samsu, (2017). Metode penelitian. Jambi: Pusaka Jambi.
Sugiyono, (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Suyadi & Ulfah, (2017). Konsep dasar PAUD. Bandung: PT Rosdakarya.
Wulandari, R. (2020). Mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak melalui media busy book usia 5-6 tahun di tk islam bina balita bandar lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). https://repository.radenintan.ac.id/10909/1/Awal%20%20BAB%20II%20dan%20Daftar%20Pustaka.pdf
Yulista, I. (2019). Penggunaan Media Papan Flanel Dalam Mengembangkan Kemam-puan Berhitung Permulaan Pada Anak Kelompok A Di Taman Kanak-Kanak Alam Baradatu Waykanan (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). https://repository.radenintan.ac.id/7821/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20PDF%20.pdf