Youtube sebagai Media Audio Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini

Authors

  • Cici Rohayati Raudhatul Athfal (RA) Al-Azhar, Kab. Subang
  • Lenny Nuraeni Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

Keywords:

Cognitive Ability, Audio Visual Media, Youtube

Abstract

Kemampuan kognitif merupakan bentuk perkembangan anak yang berkaitan dengan kemampuan memperoleh makna dari pengetahuan, pengalaman dan informasi, karena di zaman milenial ini informasi sangat mudah untuk didapatkan salah satu nya dengan youtube, youtube juga telah banyak dijadikan media untuk meningkatkan kemampuan area kognitif anak oleh sebagian orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperjelas peran media YouTube dalam meningkatkan keterampilan kognitif anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Metodologi pengumpulan data penelitian ini adalah hasil observasi lingkungan dan wawancara dengan tiga orang tua yang menggunakan YouTube sebagai stimulus untuk meningkatkan kemampuan perkembangan kognitif anaknya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, paparan atau sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat beberapa kemampuan yang dapat ditingkatkan melalui media audio visual berbasis youtube yaitu mengenal angka dan alfabet menghafal nama-nama hewan dan mengekplorasi cerita yang ditonton, berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media audio visual berbasis youtube bisa meningkatkan kemampuan kognitif. Seperti mengenal angka, mengenal hewan dan mengekplorasi cerita yang ditonton. Meskipun demikian, dalam penggunaan youtube tetap harus selalu dalam pengawasan orang tua.

Vocabulary fluency is very important for early childhood because the amount of vocabulary they have will affect their speaking ability, but learning about this vocabulary is not fun for children. This is caused by several factors, both from the teacher and the media and learning methods used to support it. So the snake and ladder media can help children learn about vocabulary development; therefore, this study aims to determine the process of applying snake and ladder media to developing group B vocabulary at the Al-Ikhlas PAUD Post. This study used the descriptive-qualitative method. The subjects in this study were children in group B aged 5-6 years as many as 5 people and the data collection techniques in this study were through observation techniques, processing the collected data, analyzing using data, displaying data, and drawing conclusions. The application of this medium is done by letting the child arrange each ladder according to the order of the letters, then playing it and becoming the main pawn to pass each box that contains vocabulary, and then the child reads every word he passes. Based on the results of this study, show that the application of snake ladder media can help children develop their vocabulary so that children can understand

References

Departemen Kesehatan Republik Indonesia (2006). Pedoman Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita, Departemen Kesehatan Indonesia. https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/upload/download-center/Buku%20SDIDTK_1554107456.pdf

Fadlillah, M. (2016). Desain pembelajaran PAUD: Tinjauan teoritik & praktik. Jogjakar-ta Ar-Ruzz Media

Kiftiyah, I. N., Sagita, S., & Ashar, A. B. (2017). Peran media youtube sebagai sarana optimalisasi perkembangan kognitif pada anak usia dini. Muhammadiyah Universitas Pers. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/9276/Iva%20Nur%20Kiftiyah.pdf?sequen

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas program sekolah ramah anak dalam meningkatkan karakter anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20-29. 10.31004/obsesi.v4i1.204

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2020). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(1), 6-15. https://doi.org/10.22460/ts.v6i1p%25p.1481

Nuraeni, L., & Santana, F. D. T. (2015). Persepsi, Pola Pengasuhan, Dan Peran Serta Keluarga Pemulung Tentang Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Deskriptif Pada Keluarga Pemulung Dikampung Cibatu Desa Cilame Kecamatan Ngamprah Kabupat-en Bandung Barat). P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 160-168. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i2p160-168.175

Partini. (2010). Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Veronica, N. (2018). Permainan edukatif dan perkembangan kognitif anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49-55. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939

Published

2024-05-27