PERAN GURU PAUD DALAM MENGELOLA ANAK HIPERAKTIVITAS PADA PROSES PEMBELAJARAN

Penulis

  • Dhifa Noor Restya Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Purwakarta, Purwakarta
  • Hayani Wulandari Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Purwakarta, Purwakarta

Kata Kunci:

Anak; Guru PAUD; hiperaktivitas; kolaborasi; mengelola

Abstrak

Artikel ini menyoroti pentingnya peran guru PAUD dalam mengatasi hiperaktivitas anak selama pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner, yang kemudian dikaitkan dengan teori behavior modification. Analisis data mengikuti model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Tujuan penelitian ini adalah memahami dan menjelaskan peran guru PAUD dalam memberikan dukungan emosional dan sosial, membentuk struktur dan rutinitas, memberikan motivasi dan stimulasi belajar, serta berkolaborasi dengan orang tua anak hiperaktif selama proses pembelajaran. Penelitian ini melibatkan guru PAUD di Purwakarta. Hasil menunjukkan bahwa peran guru PAUD sangat krusial dalam mengelola anak hiperaktif. Guru yang memahami dengan baik hiperaktivitas dan menerapkan strategi pengelolaan, menggunakan pendekatan behavior modification dengan penguatan positif, penataan lingkungan terstruktur, dan strategi pengelolaan diri, dapat membawa perubahan positif pada perilaku anak tersebut. Kolaborasi antara guru PAUD, orang tua, dan ahli juga memberikan dampak signifikan, memungkinkan pemahaman yang lebih holistik tentang kebutuhan anak hiperaktif.

Referensi

Alim, A. (2009). Mengatasi Sulit Konsentrasi Pada Anak Usia Dini. Medikora, 1.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Ardimaningsih, D. (2020). TERAPI BEHAVIOR DALAM MENANGANI ANAK HIPE-RAKTIF DI HARMONY PSYCHOLOGY BUREAU RAJABASA BANDAR LAMPUNG. http://repository.radenintan.ac.id/9875/1/bab%201&2.pdf

Bening, T. P., & Putro, K. Z. (2022). Upaya Pemberian Layanan Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD Non-Inklusi. Jurnal Basicedu, 6(5), 9096–9104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3401

Christian, S., & Hidayat, D. (2020). Peran Guru Dalam Menangani Perilaku Meng-ganggu (Disruptive Behavior) Siswa Pada Proses Pembelajaran di Kelas [The Role of Teachers in Handling Disruptive Behavior Students in The Classroom Learning Pro-cess]. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 2(3), 45–60. http://dx.doi.org/10.19166/dil.v2i3.2374

Desiningrum, D. R. (2017). Psikologi anak berkebutuhan khusus. Yogyakarta: Psikosain

Dewi, T. N. (2021). Strategi Guru Dalam Mendidik Anak berkebutuhan khusus pada masa pandemi covid 19 di paud alam mahira kota bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/5431/

Giovani, E. (2022). PERAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PENDIDIKAN INKLUSI DI PAUD ALAM MAHIRA KOTA BENGKULU. http://repository.iainbengkulu.ac.id/10093/

Habibi, M. M. (2018). Analisis kebutuhan anak usia dini (buku ajar S1 PAUD). Yogya-karta: Deepublish.

Hartati, S. (2015). Perilaku Hiperaktif Anak Usia Dini Dan Pola Asuh Mengatasinya. Conciencia, 15(2), 201–222. https://doi.org/10.19109/conciencia.v15i2.6145

Hidayati, R. (2014). Peran Konselor Sekolah Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pada Siswa Hiperaktif (ADHD). Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1). DOI: https://doi.org/10.24176/re.v5i1.431

Iftitah, S. L. (2022). Upaya Guru Dalam Membimbing Anak Hiperaktif Di TK PKK Tan-jung Pademawu Pamekasan. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 5(1), 15–22. http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v5i1.950

Islamiah, R., Na’imah, & Wulandari, H. (2023). Peran Guru Dalam Menangani Anak Hiperaktif. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 36–41. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2051JEBIA, F. K. (2022). PERAN GURU DALAM PENANGANAN PERILAKU ANAK HIPERAKTIF DI PAUD SANTU IGNATIUS SAMPAR DESA PONGLALE KECAMATAN RUTENG KABUPATEN MANGGARA.

Mingkala, H. (2021). Pendampingan Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Hiperaktif Serta Cara Menangani Anak Hiperaktif. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 1(1), 27–34. http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.1.1.27-34.2021

Mirnawati, M., & Amka, A. (2019). Pendidikan anak ADHD (attention deficit hyperac-tivity disorder). https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17389

Muhadi, Y. (2016). Sudah Benarkah Cara Kita Mendidik Anak?: Mendidik Anak Ber-basis Karakter dan Kepribadian. Yogyakarta: Diva Press.

Nurafifah, W., & Rachmania, S. (2023). Analisis Kepribadian Anak Hiperaktif dalam Proses Pembelajaran di Kelas II Sekolah Dasar serta Upaya Mengatasinya. Mindset: Jurnal Pemikiran Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 36–43. https://doi.org/10.56393/mindset.v3i2.1557

Nurfadillah, S. (2021). Pendidikan Inklusi Tingkat SD. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Pub-lisher).

Parnawi, A. (2019). Psikologi belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-28