Peran Guru dalam Mengelola Anak Hiperaktivitas Pada Proses Pembelajaran

Authors

  • Dhifa Noor Restya Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta
  • Hayani Wulandari Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Purwakarta, Purwakarta

Keywords:

Hyperactive Children, Teacher’s Role, Learning Process

Abstract

Artikel ini menyoroti pentingnya peran guru PAUD dalam mengatasi hiperaktivitas anak selama pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman peran guru PAUD dalam mengelola proses pembelajaran pada anak hiperaktif. Penelitian ini melibatkan guru PAUD di Purwakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kuantitatif yang didukung oleh studi kepustakaan sehingga lebih memperkuat analisa peneliti dalam membuat suatu kesimpulan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner yang kemudian dikaitkan dengan teori behavior modification. Data yang diperoleh selanjutnya dilakukan analisis deskriptif kuantitatif terhadap pemahaman guru PAUD terhadap anak hiperaktivitas. Hasil menunjukkan bahwa pemahaman guru PAUD terhadap anak hiperaktivitas cukup baik. Sebagian guru PAUD memiliki pemahaman yang cukup paham (55,55%) mengenai karakteristik dan kebutuhan anak hiperaktif. Meskipun demikian, terdapat sebagian kecil guru PAUD yang hanya memiliki pemahaman sedikit paham (33,33%), dan hanya sedikit yang sangat paham (11,11%). Tidak ada guru PAUD yang tidak paham mengenai anak hiperaktif. Hal ini menunjukkan masih adanya ruang perbaikan dalam pemahaman guru PAUD terhadap anak hiperaktif.   This article highlights the importance of the role of PAUD teachers in overcoming children's hyperactivity during learning. The purpose of this study is to determine the understanding of the role of PAUD teachers in managing the learning process in hyperactive children. This study involved PAUD teachers in Purwakarta. This study uses a descriptive method of quantitative approach supported by a literature study to further strengthen the researcher's analysis in concluding with data collection techniques through observation and questionnaires, which are then associated with behavior modification theory. The data obtained were then subjected to quantitative descriptive analysis of PAUD teachers' understanding of hyperactive children. The results show that PAUD teachers' understanding of hyperactive children is quite good. Most PAUD teachers have a fairly good understanding (55.55%) of the characteristics and needs of hyperactive children. However, there are a small number of PAUD teachers who only have a little understanding (33.33%), and only a few who understand very well (11.11%). There are no PAUD teachers who do not understand hyperactive children. This shows that there is still room for improvement in PAUD teachers' understanding of hyperactive children.

References

Alim, A. (2009). Mengatasi Sulit Konsentrasi Pada Anak Usia Dini. Medikora, 1.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Ardimaningsih, D. (2020). TERAPI BEHAVIOR DALAM MENANGANI ANAK HIPE-RAKTIF DI HARMONY PSYCHOLOGY BUREAU RAJABASA BANDAR LAMPUNG. http://repository.radenintan.ac.id/9875/1/bab%201&2.pdf

Bening, T. P., & Putro, K. Z. (2022). Upaya Pemberian Layanan Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD Non-Inklusi. Jurnal Basicedu, 6(5), 9096–9104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3401

Christian, S., & Hidayat, D. (2020). Peran Guru Dalam Menangani Perilaku Meng-ganggu (Disruptive Behavior) Siswa Pada Proses Pembelajaran di Kelas [The Role of Teachers in Handling Disruptive Behavior Students in The Classroom Learning Pro-cess]. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 2(3), 45–60. http://dx.doi.org/10.19166/dil.v2i3.2374

Desiningrum, D. R. (2017). Psikologi anak berkebutuhan khusus. Yogyakarta: Psikosain

Dewi, T. N. (2021). Strategi Guru Dalam Mendidik Anak berkebutuhan khusus pada masa pandemi covid 19 di paud alam mahira kota bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/5431/

Giovani, E. (2022). PERAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PENDIDIKAN INKLUSI DI PAUD ALAM MAHIRA KOTA BENGKULU. http://repository.iainbengkulu.ac.id/10093/

Habibi, M. M. (2018). Analisis kebutuhan anak usia dini (buku ajar S1 PAUD). Yogya-karta: Deepublish.

Hartati, S. (2015). Perilaku Hiperaktif Anak Usia Dini Dan Pola Asuh Mengatasinya. Conciencia, 15(2), 201–222. https://doi.org/10.19109/conciencia.v15i2.6145

Hidayati, R. (2014). Peran Konselor Sekolah Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pada Siswa Hiperaktif (ADHD). Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1). DOI: https://doi.org/10.24176/re.v5i1.431

Iftitah, S. L. (2022). Upaya Guru Dalam Membimbing Anak Hiperaktif Di TK PKK Tan-jung Pademawu Pamekasan. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 5(1), 15–22. http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v5i1.950

Islamiah, R., Na’imah, & Wulandari, H. (2023). Peran Guru Dalam Menangani Anak Hiperaktif. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 36–41. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2051JEBIA, F. K. (2022). PERAN GURU DALAM PENANGANAN PERILAKU ANAK HIPERAKTIF DI PAUD SANTU IGNATIUS SAMPAR DESA PONGLALE KECAMATAN RUTENG KABUPATEN MANGGARA.

Mingkala, H. (2021). Pendampingan Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Hiperaktif Serta Cara Menangani Anak Hiperaktif. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 1(1), 27–34. http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.1.1.27-34.2021

Mirnawati, M., & Amka, A. (2019). Pendidikan anak ADHD (attention deficit hyperac-tivity disorder). https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17389

Muhadi, Y. (2016). Sudah Benarkah Cara Kita Mendidik Anak?: Mendidik Anak Ber-basis Karakter dan Kepribadian. Yogyakarta: Diva Press.

Nurafifah, W., & Rachmania, S. (2023). Analisis Kepribadian Anak Hiperaktif dalam Proses Pembelajaran di Kelas II Sekolah Dasar serta Upaya Mengatasinya. Mindset: Jurnal Pemikiran Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 36–43. https://doi.org/10.56393/mindset.v3i2.1557

Nurfadillah, S. (2021). Pendidikan Inklusi Tingkat SD. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Pub-lisher).

Parnawi, A. (2019). Psikologi belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Published

2024-01-28