Metode Cantol Roudhoh: Metode Pengajaran dalam Mengem-bangkan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B

Authors

  • Ika Cartika Kelompok Bermain (Kober) Arafah, Bandung
  • Ema Aprianti Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

Keywords:

Cantol Roudhoh, Early Reading

Abstract

Dalam mengembangkan kemampuan bahasa  anak diperlukan pola yang tepat agar kemampuan bahasa berkembang optimal. Kemampuan bahasa dapat ditingkatkan melalui metode cantol roudhoh yang menarik untuk peserta didik karena disampaikan dengan cara belajar sambil bermain dan bernyanyi. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat peningkatan kemampuan membaca awal menggunakan metode cantol roudhoh pada kelompok B di Kober Arafah Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu sebuah metode yang sifatnya mendeskripsikan, dengan analisis yang merujuk pada  data dan teori yang ada  dengan teknik pengumpulan data melalui  observasi, wawancara dan dokumentasi dengan subjek penelitian berjumlah delapan anak. Teknik pengumpulan data dan reduksi data menjadi teknik yang digunakan dalam penelitian ini. Sebelum penelitian, terdapat empat anak belum berkembang (BB) dan empat anak mulai berkembang (MB) dalam memahami cerita yang disampaikan, dan mampu menyebutkan suku kata. Melalui kegiatan pembelajaran cantol roudhoh ini, menunjukkan hasil penelitian terdapat dua anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) dan enam anak berkembang sangat baik (BSB). Anak mulai memahami suku kata dan cantolan kata, memahami cerita yang disampaikan, mampu menebak kata dan mampu meniru huruf. Selain itu anak juga mampu menjawab pertanyaan sederhana. Dengan cantol roudhoh, pemahaman membaca peserta didik terbukti meningkat.   To improve language skills in children, appropriate methods are needed so that language skills develop optimally. Language skills can be improved by using the cantol roudhoh method, which is interesting for children because it is delivered by learning while playing and singing. This research was conducted because the ability to read has not reached the minimum standard according to the standard rules. The purpose of this study was to improve early reading skills through the cantol roudhoh method in group B in Kober Arafah, Bandung City. This study uses a qualitative descriptive method, which is a method that is descriptive in nature, with analysis that refers to existing data and theories and data collection techniques through observation, interviews, and documentation methods. Subjects in the study amounted to eight children. Before the study, there were four out of eight children who were still underdeveloped  and four children were starting to develop  in understanding the story being told and mentioning syllables and words well. After the learning process using the cantol roudhoh method showed the results of the study, there were two children who developed as expected  and six children who developed very well. Children begin to understand syllables and word hooks, understand the story being told, are able to guess words, and are able to imitate letters. In addition, children are also able to answer simple questions. Overall, the cantol roudhoh method can improve reading skills in children in Group B.

References

Amelia, M., & Aprianti, E. (2020). Peran orang tua dalam perkembangan bahasa terhadap membaca anak usia dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(6), 527-535. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i6.p%25p

Anggito, A & Setiawan, J. (2018). Metodelogi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publish).

Kartika, G., Utami,S.S., Margaretha.M., & Utami, T.C. (2013). Pengaruh metode cantol roudhoh terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak tk b di paud terpadu lab belia semarang. Prediksi: Kajian Ilmiah Psikologi, 2 (1). 5-8. https://www.neliti.com/publications/160301/pengaruh-metode-cantol-roudhoh-terhadap-kemampuan-membaca-permulaan-pada-anak-tk#cite

Nurhasanah, E., & Kusnandar, Y. (2007). Penuntun penggunaan metode cantol roudhoh. Bandung: Mumtaz Agency.

Slamet. (2011). Teori wawancara psikologistik. Yogyakarta: Leutikaprio

Sofa. (2008). Kajian bahasa: perspektif multidisiplin. Suarkarta: Penerbit Muhammadiyah University Press.

Sudarmanto, E., Yenni, Y., Rahmawati, I., Hana, K. F., Prasetio, A., Umara, A. F., & Panggabean, S. (2022). Metode Riset Kuantitatif dan Kualitatif. yayasan kita menulis.

Sujiono, N. Y. (2009). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT.Indeks

Sugiyono, (2016). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2011). Perkembangan anak usia dini pengantar dalam berbagai aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Published

2024-03-21