Digital Storytelling: Penerapan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia 5-6 Tahun
Kata Kunci:
Digital Storytelling, Receptive LanguageAbstrak
Penelitian tentang pendidikan anak usia dini dan teknologi telah banyak dilakukan sejak pandemik COVID-19 mulai mewabah, terutama dalam segi perkembangan bahasa reseptif anak. Dimana karena tidak adanya pembelajaran secara tatap muka sosialisasi dan komunikasi anak terbatas hanya dengan keluarga saja. Namun diera digital ini para pendidik dapat memanfaatkan semua aplikasi yang tersedia untuk meningkatkan perkembangan bahasa reseptif anak, dan terbukti bahwa teknologi memiliki efek positif pada pencapaian belajar anak. Guru dituntut untuk menciptakan media pembelajaran yang kreatif inovatif dengan alat bantu digital yang tepat dan efektif seperti Digital Storytelling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media digital storytelling dapat meningkatkan perkembangan bahasa reseptif anak usia 5-6 tahun di TKA Nurul Ilmi?. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas menggunakan media digital storytelling untuk meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak. Penelitian ini menunjukkan bahwa dari data sampel 19 anak di TKA Nurul Ilmi Cimahi mulai dari pra siklus sampai siklus dua yang terdiri dari dua pertemuan setiap siklusnya memperlihatkan hasil yang cukup signifikan dengan adanya peningkatan disetiap pertemuan persiklusnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan bahasa reseptif anak dapat ditingkatkan melalui penerapan teknologi digital storytelling. Hal ini menunjukkan bahwa digital storytelling dapat meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak usia 5-6 tahun .
Referensi
Asri, A. N., Indrianti, T., & Perdanasari, N. (2017). Penerapan digital storytelling dalam pembelajaran bahasa Inggris di Program Studi Manajemen Informatika. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 8(2), 81-89. https://doi.org/10.26858/pengabdi.v1i2.16366
Doludea, A., & Nuraeni, L. (2018). Meningkatkan keterampilan menyimak pada anak usia dini 5-6 tahun dengan metode bercerita melalui wayang kertas di tk makedonia. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(1), 1-5. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i1.p1-5
Karlina, D. N., Widiastuti, A. A., & Soesilo, T. D. (2018). Meningkatkan kemampuan berbicara anak TK B usia 5-6 tahun melalui digital storytelling di TK Apple Kids Salatiga semester I tahun ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 1-11. https://doi.org/10.21009//JPUD.121.01
Khosibah, S.A., & Dimyati, D. (2021). Bahasa reseptif anak usia 3-6 tahun di indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860-1869. 10.31004/obsesi.v5i2.1015
Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books.
Nuraeni, L., & Westisi, S. M. (2020). Efektivitas pembelajaran dengan pendekatan reggio emilia untuk meningkatkan kreativitas anak dalam konteks merdeka belajar di taman kanak-kanak kota cimahi pada masa pandemi covid 19. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(2), 51-63. https://doi.org/10.22460/ts.v6i2p51-63.2065
Nuraeni, L., & Santana, F. D. T. (2015). Persepsi, pola pengasuhan, dan peran serta keluarga pemulung tentang pendidikan anak usia dini (studi deskriptif pada keluarga pemulung dikampung cibatu desa cilame kecamatan ngamprah kabupaten bandung barat). P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 160-168. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i2p160-168.175
Permendikbud No. 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
Permendikbud No. 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.
Rosyidah, F. (2018). Pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan berbahasa anak kelompok b ra raden fatah podorejo. Skripsi. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8840/
Rukajat, A. (2018). Penelitian tindakan kelas (classroom action research): disertai contoh judul skripsi dan metodologinya. Deepublish.
Wahidah, F. A. N. M., & Latipah, E. (2021). Pentingnya mengetahui perkembangan bahasa anak usia dini dan stimulasinya. Jurnal Pendidikan, 4(1), 44-62.. https://doi.org/10.15575/japra.v4i1.10940
Windarsih, C. A., & Nurunnisa, R. (2022). Pemanfaatan Digital Story In Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Bagi Anak Usia Dini. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 5(1), 48-6. https://doi.org/10.15575/japra.v5i1.16914