Pasir Kinetik sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kretivitas Seni Rupa Anak Usia Dini

Authors

  • Iceu Hernawati Tempat Penitipan Anak (TPA) Hati Bunda, Cimahi
  • Syah Khalif Alam Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

Keywords:

Creativity, Kinetic Sand, Fine Art

Abstract

Kreativitas seni rupa yaitu kemampuan seni rupa yang memiliki ide yang baik dalam seni rupa atau disebut seni menggambar dan mewarnai. Dengan demikian, anak usia yang berada dalam masa golden age yang berusia 0-6 tahun. Anak usia dini sangat suka melakukan permainan, salah satunya pasir kinetik. Pasir Kinetik adalah permainan dari bahan pasir pantai dengan berwarna-warni dan tidak berbahaya dapat digunakan oleh anak. Maka peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas seni rupa anak usia dini melalui permainan pasir kinetik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di TPA Hati Bunda pada kelompok B, dengan subjek yang berjumlah empat anak, yaitu dua anak perempuan dan dua anak laki-laki. Analisis data penelitian menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan semua data observasi diatas hasil penelitian menunjukkan kreativitas seni rupa pada anak usia dini sangat berhasil. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak dapat membuat berbagai macam bentuk dengan tingkat perkemangan mulai berkembang sangat baik  yaitu empat anak. Anak memilih warna pasir kinetik yang tersedia dengan tingkat perkembangan berkembang sesuai harapan yaitu dua anak dan ada tingkat perkembangan berkembang sangat baik yaitu dua anak.

Art creativity is the ability of art to have good ideas in fine arts or the art of drawing and coloring. Thus, children who are in the golden age are 0-6 years old. Early childhood likes to play games, one of which is kinetic sand. Kinetic Sand is a colorful and harmless game made of beach sand that can be used by children. So, researchers conducted a study that aims to increase the creativity of early childhood art through kinetic sand games. This study used a descriptive qualitative method. Data collection techniques were used by researchers using observation and documentation techniques. This research was carried out at the Hati Bunda TPA in group B, with a subject of four children, namely two girls and two boys. Analysis of research data using data collection, data reduction, data presentation, and conclusions. Based on all the observation data above, the results of the study show that artistic creativity in early childhood is very successful. The results showed that children can make various shapes with the level of development starting to develop very well, namely four children. The child chooses the color of kinetic sand that is available with the level of development as expected which is two children and there is a very good level of development which is two children.

References

Bahari, J. I., & Hamidah, U. N. (2022). Optimalisasi kemampuan motorik halus siswa melalui media kinetic sand di tk bahrul ulum bangorejo banyuwangi. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 6(1), 132-145. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v6i1.1305

Destiani, A., Saparahayuningsih, S., & Wembrayarli, W. (2016). Upaya peningkatan kre-ativitas seni rupa siswa melalui teknik pencetakan dengan bantuan Media Asli. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 7-14. https://doi.org/10.33369/jip.1.1.7-14

Dewi, D. K., Iswantiningtyas, V., & Nugroho, I. H. (2021, December). Bermain Pasir Ajaib Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 4, pp. 394-402). https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1576

Hayati, S.N., & Na’imah, N. (2022). Analisis Kompetensi Berbicara Anak Usia Dini pa-da Masa New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3203-3217. 10.31004/obsesi.v6i4.2107

Heryani, H., & Sumitra, A. (2021). Pembelajaran seni rupa dalam mengembangkan krea-tivitas anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan mewarnai. CERIA (Cerdas Energik Re-sponsif Inovatif Adaptif), 4(3), 251-259. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i3.p%25p

Hidayati, I. (2019). Pengenalan Bentuk Geometri Melalui Penerapan Media Pasir Kinetik Untuk Anak Usia 2-3 Tahun Di Ppt Mawar 01 Ar-Rachman Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Narotama). http://repository.narotama.ac.id/743/

Jalilah, M., & Alam, S. K. (2019). =. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(6), 23-30. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i6.p23-30

Khamaliyah, A., Fatimah, A., & Kusumawardani, R. (2019). Pengaruh bermain pasir ki-netik terhadap Kreativitas anak. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 21-28. http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v6i1.7369

Kurniati. E & Rachmawati, Y. (2010). Strategi pengembangan kreativitas pada anak usia taman kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Muthiah, M., Sumardi, S., & Rahman, T. (2020). Desain Media Pasir Kinetik untuk Memfasilitasi Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 207-218. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/30440

Rakhman, A., & Alam, S. K. (2022). Metode bermain kooperatif dalam meningkatkan antusias belajar anak usia dini pada masa covid-19. Abdimas Siliwangi, 5(1), 54-61. https://doi.org/10.22460/as.v5i1.6880

Rupnidah, R., & Suryana, D. (2022). Media pembelajaran anak usia dini. Jurnal Paud Agapedia, 6(1), 51-61. https://doi.org/10.17509/jpa.v6i1.48199

Triananingsih, Y., & Alam, S. K. (2019). Meningkatkan kemampuan kognitif (berpikir kreatif) anak usia dini melalui media pembelajaran balok studi quasi pada kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(1), 70-77. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i1.p%25p

Umah, K. K., & Rakimahwati, R. (2021). Perkembangan kreativitas anak melalui per-mainan pasir ajaib di Taman Kanak-kanak. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 28-36. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.86

Umami, R., Sunaringtyas, W., & Ishariani, L. (2020). Pengaruh kinetic play sand ter-hadap kemampuan adaptasi lingkungan sekolah pada anak preschool. Jurnal Penelitian Keperawatan, 6(2), 86-96. https://doi.org/10.32660/jpk.v6i2.486

Winnuly, W., & Pamungkas, J. (2022). Analisis penggunaan bahan sisa pada pembelaja-ran kreativitas seni rupa anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4631-4639. 10.31004/obsesi.v6i5.2637

Published

2024-05-18