Keluarga dan Sekolah : Pembentukan Perilaku Disiplin Belajar Salat Anak Usia Dini

Authors

  • Wina Roihah Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Sukabumi
  • Asep Munajat Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Sukabumi
  • Alfian Ashshidiqi Poppyariyana Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Sukabumi

Keywords:

Family, School, Disciplined Behavior, Salat

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kewajiban orang tua sebagai pembina dasar atau pendidik utama terhadap anaknya dalam pembinaan belajar salat dan perilaku disiplin anak usia dini ketika belajar salat. Sejalan dengan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam pembentukan perilaku disiplin belajar salat dan perilaku disiplin anak dalam belajar salat di sekolah. Jenis penelitiannya kualitatif dengan desain studi kasus. Sumber data yaitu 14 orang tua beserta dua orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa jenis pola asuh yang diterapkan oleh orang tua dalam membentuk disiplin belajar salat yaitu pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, dan pola asuh permisif. Berdasarkan hasil penelitian dalam enam kali pertemuan perilaku disiplin anak dalam belajar salat sudah bisa dinyatakan dapat berdisiplin dengan baik sebanyak 11 anak dari jumlah total 14 anak, dengan rincian tujuh anak dari pola asuh demokratis sekaligus menjadi pola asuh mayoritas dan menjadi pola asuh yang berdampak positif terhadap disiplin belajar salat, sisanya dari pola asuh otoriter sebanyak satu anak dan dari pola asuh permisif sebanyak tiga anak. Kesimpulannya bahwa pola asuh demokratis lebih berdampak positif terhadap perilaku disiplin anak, sehingga anak dapat dinyatakan berdisiplin dengan baik dan konsisten.    This research is motivated by the obligations of parents as basic coaches or primary educators for their children in fostering prayer learning and early childhood discipline behavior when learning to pray. In line with this background, this research aims to determine parental parenting patterns in forming disciplined behavior in learning to pray and children's disciplinary behavior in learning to pray at school. The type of research is qualitative with a case study design. The data sources are 14 parents and two teachers. The data collection techniques used were interviews, observation, and documentation. Data analysis is data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this research show that the types of parenting patterns applied by parents in forming the discipline of learning to pray are authoritarian parenting, democratic parenting, and permissive parenting. Based on the results of research in six meetings of children's disciplinary behavior in learning to pray, it can be stated that 11 children out of a total of 14 children can be disciplined well, with details of seven children from a democratic parenting style, which is also the majority parenting style, and a parenting style that has a positive impact on discipline in learning to pray, the rest from an authoritarian parenting style of one child, and a permissive parenting style of three children. The conclusion is that democratic parenting has a more positive impact on children's disciplinary behavior so that children can be declared well and consistently disciplined.

References

Al-‘Ajil, Nada ’Ajil (2021). Al-tarbiyah al-nabawiyah li al-thifl. Kuwait: Perpustakaan Nasional Kuwait

A'in, U. K. (2017). Pola asuh demokratis dalam pendidikan keislaman di Panti Asuhan Nurussholihin Palangka Raya (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya). http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/1248/1/Skripsi%20Uliffatul%20Khurun%20A%27in%20-%201301111793.pdf

Akmaluddin, A., & Haqqi, B. (2019). Kedisiplinan belajar siswa di sekolah dasar (sd) negeri cot keu eung kabupaten aceh besar (studi kasus). Journal Of Education Sci-ence, 5(2),1-12. https://www.jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/view/467

Cahyani, A., & Munajat, A. (2021). Partisipasi orang tua terhadap program layanan pendidikan anak usia dini di kecamatan waluran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5118-5122. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1759

Endahwati, K. P. (2021). Konsep pembiasaan shalat dhuha terhadap kedisiplinan siswa mi/sd dalam melaksanakan shalat lima waktu. UNIEDU: Universal Journal of Edu-cational Research, 2(1), 120-135. https://edutrimedia.com/ojs/index.php/uniedu/article/view/30

Handayani, A. S. N. (2015). Perkembangan emosi ditinjau dari pola asuh orangtua pada anak kelompok b raudhatul athfal di kecamatan kalijambe kabupaten sragen tahun ajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakar-ta). https://eprints.ums.ac.id/34429/

Khodijah, N. (2018). Pendidikan karakter dalam kultur islam melayu (studi terhadap pola asuh orang tua, faktor-faktor yang mempengaruhinya, dan pengaruhnya terhadap religiusitas remaja pada suku melayu palembang). Tadrib, 4(1), 21-39. https://doi.org/10.19109/Tadrib.v4i1.1949

Lasyin, Musa Syahin (2022). Fathu al-mun’im syarh shahih muslim. Kairo : Dar al-Syaruq

Marijan. (2017). Metode pendidikan anak membangun karakter anak yang berbudi mulia, cerdas dan berprestasi. Yogyakarta : Tim Sabda Media

Moleong, L. J. (2017). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdaya Karya

Munajat, A. (2022). Pola asuh ayah terhadap prilaku prososial anak. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1), 1611-1621. https://doi.org/10.33394/realita.v7i1.5930

Rachmawati, T. (2015). Teori belajar dan proses pembelajaran yang men-didik. Yogyakarta: Gava Media.

Rositania, L. W. R. L. W., & Ardianti, S. D. (2021). Pola asuh orang tua dalam pembentukan disiplin belajar anak selama pembelajaran daring di desa trangkil rw 02. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 30-42. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.86

Rusdiantoro, A. (2020). Identifikasi kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal induksi matematika dengan teknik analisis miles dan hubberman. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 5(2). http://i-rpp.com/index.php/jipk/article/view/1132/371371627

Saputra, F. W., & Yani, M. T. (2020). Pola asuh pola asuh orang tua dalam pembentukan karakter anak. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(3), 1037-1051. https://doi.org/10.26740/kmkn.v8n3.p1037-1051

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cip-ta

Sudarna. (2014). Paud pendidikan anak usia dini berkarakter. Yogyakarta: Genius Pub-lisher

Sugiyono (2019). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : AlFabeta

Sulasmi, T. S. (2016). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak usia 3-4 tahun. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, 1(2), 54-59. https://doi.org/10.33061/ad.v1i2.1474

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2022). Analisis pola asuh demokratis terhadap perkem-bangan sosial dan emosional anak di masa pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5506-5518. 10.31004/obsesi.v6i6.1717

Syamsudin (2022, Mei). Metode pembelajaran salat untuk anak usia dini. Pwmu.co, https://pwmu.co/240414/05/10/metode-pembelajaran-shalat-untuk-anak-usia-dini/2/

Tridhonanto, A. (2014). Mengembangkan pola asuh demokratis. Jakarta: PT Gramedia

Published

2024-03-24