Strategi Pengembangan Kecakapan Berbahasa Anak Speech Delay

Authors

  • Lia Herliawati Taman Kanak-kanak (TK) Al Husainiyyah, Kota Bandung
  • Rohmalina Rohmalina Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

Keywords:

Language Proficiency, Speech Delay, Strategy

Abstract

Perkembangan bahasa anak berkembang sesuai dengan stimulasi yang diberikan dari lingkungannya, kecakapan berbahasa pada anak ditandai dengan anak dapat berbicara dengan jelas dan dapat dimengerti sehingga memudahkan anak dalam berkomunikasi. Namun tidak sedikit hambatan yang dihadapi anak seperti hambatan keterlambatan berbicara atau Speech delay. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan kecakapan berbahasa pada anak speech delay. Artikel ini menggunakan metode studi literatur berdasarkan sumber bacaan dari karya tulis dan hasil penelitian yang telah dipublikasi. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dengan mengumpulkan beberapa sumber bacaan dari beberapa artikel mengenai strategi pengembangan berbahasa anak. Data yang diperoleh dianalisis dengan strategi analisis isi sehingga mendapatkan kesimpulan. Berdasarkan analisis hasil penelitian terdahulu menyebutkan bahwa dampak dari keterlambatan bicara pada anak dapat menyebabkan anak menjadi cenderung diam, sulit berkomunikasi dan merespon lingkungan disekitarnya, belum mampu berbicara dengan jelas sehingga sulit untuk bersosialisasi. Untuk itu perlu dirancang strategi yang dapat mengembangkan kecakapan berbahasa anak speech delay melalui kegiatan:  melatih anak berbicara dengan jelas, perlahan dan diulang-ulang, saat berbicara selalu memperhatikan kosakata dan tata bahasa yang diucapkan, dan melibatkan anak dalam setiap percakapan dengan mengontrol dan memperbaiki pengucapan anak yang masih keliru.   Children's language development develops through the stimulation provided by their environment. Language skills in children are characterized by being able to speak clearly and understandably, making it easier for children to communicate. However, children face quite a few obstacles, such as speech delays. This research describes teachers' strategies for developing language skills in speech-dead children. This article uses a literature study method based on reading sources from written works and published research results. The data collection technique used in this research is a literature study by collecting several reading sources from several articles regarding children's language development strategies. The data obtained was analyzed using a content analysis strategy to obtain conclusions. Based on the analysis of previous research results, it is stated that the impact of delayed speech on children can cause children to tend to be silent, have difficulty communicating and responding to the environment around them, and are not yet able to speak clearly, making it difficult to socialize. For this reason, it is necessary to design strategies that can develop the language skills of speech-delayed children through activities: training children to speak, slowly, and repeatedly when speaking, always paying attention to the vocabulary and grammar spoken, and involving children in every conversation by controlling and correcting pronunciation. a child who is still mistaken.

References

Alfin, J., & Pangastuti, R. (2020). Perkembangan bahasa pada anak speechdelay. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 76-86. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.572

Awwaabiin, S. (2021). Studi literatur: Pengertian, ciri-ciri, dan teknik pengumpulan datanya. Retrieved Oktober, 23, 2021. from https://penerbitdeepublish.com/studi-literatur/

Ardianti, N., Kusyairy, U., & Tahir, M. Y. (2021). Penggunaan nyanyian untuk mening-katkan perkembangan bahasa anak speech delay. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 4(2), 89-101. https://doi.org/10.24252/nananeke.v4i2.25880

Hartanto, W. S. (2018). Deteksi Keterlambatan Bicara dan Bahasa pada Anak. Cermin Dunia Kedokteran, 45(7), 545-550. https://doi.org/10.55175/cdk.v45i7.775

Hutami, E. P., & Samsidar, S. (2018). Strategi Komunikasi Simbolik Speech Delay Pada Anak Usia 6 Tahun di TK Paramata Bunda Palopo. Tunas Cendekia: Jurnal Pro-gram Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 39-43. https://doi.org/10.24256/cendekia.v1i1.384

Khoiriyah, K., Ahmad, A., & Fitriani, D. (2016). Model Pengembangan Kecakapan Ber-bahasa Anak Yang Terlambat Berbicara (Speech Delay). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini. 1 (1). 36-45. https://www.neliti.com/publications/187403/model-pengembangan-kecakapan-berbahasa-anak-yang-terlambat-berbicara-speech-dela#cite

Jayanti, D. D. (2019). Sistem Percakapan Visual Untuk Stimulasi Anak Usia Dini Dengan Hambatan Perkembangan Bahasa Dan Bicara. JCE (Journal of Childhood Education), 1(1). 36-45. https://doi.org/10.30736/jce.v1i1.5

Nahri, V. H., & Kasturi, T. (2019). Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Pada Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 tahun 2014 tentang Kuriku-lum 2013 PAUD

Rohmalina, R. (2017). 3R “(Reduce, Reuse, Recycle)“Sebagai inovasi media pembelaja-ran paud dalam menyongsong indonesia bebas sampah di paud siaga kota cimahi. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Sili-wangi Bandung, 2(2), 43-53. https://doi.org/10.22460/ts.v2i2p43-53.333

Rusniah, R. (2017). Meningkatkan perkembangan bahasa indonesia anak usia dini melalui penggunaan metode bercerita pada kelompok A di TK Malahayati Neuhen tahun pela-jaran 2015/2016. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 114-130. http://dx.doi.org/10.22373/je.v3i1.1445

Sari, S. N. L., Memy, Y. D., & Ghanie, A. (2015). Angka kejadian delayed speech dis-ertai gangguan pendengaran pada anak yang menjalani pemeriksaan pendengaran di bagian neurootologi IKTHT-KL RSUP Dr. Moh. Hoesin. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan: Publikasi Ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, 2(1), 121-127. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jkk/article/view/2543

Saida, Naili (2018) Bahasa sebagai Salah Satu Sistem Kognitif Anak Usia Dini. Bahasa sebagai Salah Satu Sistem Kognitif Anak Usia Dini. https://repository.um-surabaya.ac.id/2984/

Taseman, T., Safaruddin, S., Erfansyah, N. F., Purwani, W. A., & Femenia, F. F. (2020). Strategi Guru dalam Menangani Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) yang Berpengaruh Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Surabaya. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 13-26. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.519

Zubaidah, E. (2004). Perkembangan bahasa anak usia dini dan teknik pengembangan di sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). 459-479. 10.21831/cp.v3i3.7600

Published

2024-09-08