Strategi Pengembangan Kecakapan Berbahasa Anak Speech Delay
Keywords:
Language Proficiency, Speech Delay, StrategyAbstract
References
Alfin, J., & Pangastuti, R. (2020). Perkembangan bahasa pada anak speechdelay. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 76-86. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.572
Awwaabiin, S. (2021). Studi literatur: Pengertian, ciri-ciri, dan teknik pengumpulan datanya. Retrieved Oktober, 23, 2021. from https://penerbitdeepublish.com/studi-literatur/
Ardianti, N., Kusyairy, U., & Tahir, M. Y. (2021). Penggunaan nyanyian untuk mening-katkan perkembangan bahasa anak speech delay. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 4(2), 89-101. https://doi.org/10.24252/nananeke.v4i2.25880
Hartanto, W. S. (2018). Deteksi Keterlambatan Bicara dan Bahasa pada Anak. Cermin Dunia Kedokteran, 45(7), 545-550. https://doi.org/10.55175/cdk.v45i7.775
Hutami, E. P., & Samsidar, S. (2018). Strategi Komunikasi Simbolik Speech Delay Pada Anak Usia 6 Tahun di TK Paramata Bunda Palopo. Tunas Cendekia: Jurnal Pro-gram Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 39-43. https://doi.org/10.24256/cendekia.v1i1.384
Khoiriyah, K., Ahmad, A., & Fitriani, D. (2016). Model Pengembangan Kecakapan Ber-bahasa Anak Yang Terlambat Berbicara (Speech Delay). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini. 1 (1). 36-45. https://www.neliti.com/publications/187403/model-pengembangan-kecakapan-berbahasa-anak-yang-terlambat-berbicara-speech-dela#cite
Jayanti, D. D. (2019). Sistem Percakapan Visual Untuk Stimulasi Anak Usia Dini Dengan Hambatan Perkembangan Bahasa Dan Bicara. JCE (Journal of Childhood Education), 1(1). 36-45. https://doi.org/10.30736/jce.v1i1.5
Nahri, V. H., & Kasturi, T. (2019). Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Pada Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 tahun 2014 tentang Kuriku-lum 2013 PAUD
Rohmalina, R. (2017). 3R “(Reduce, Reuse, Recycle)“Sebagai inovasi media pembelaja-ran paud dalam menyongsong indonesia bebas sampah di paud siaga kota cimahi. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Sili-wangi Bandung, 2(2), 43-53. https://doi.org/10.22460/ts.v2i2p43-53.333
Rusniah, R. (2017). Meningkatkan perkembangan bahasa indonesia anak usia dini melalui penggunaan metode bercerita pada kelompok A di TK Malahayati Neuhen tahun pela-jaran 2015/2016. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 114-130. http://dx.doi.org/10.22373/je.v3i1.1445
Sari, S. N. L., Memy, Y. D., & Ghanie, A. (2015). Angka kejadian delayed speech dis-ertai gangguan pendengaran pada anak yang menjalani pemeriksaan pendengaran di bagian neurootologi IKTHT-KL RSUP Dr. Moh. Hoesin. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan: Publikasi Ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, 2(1), 121-127. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jkk/article/view/2543
Saida, Naili (2018) Bahasa sebagai Salah Satu Sistem Kognitif Anak Usia Dini. Bahasa sebagai Salah Satu Sistem Kognitif Anak Usia Dini. https://repository.um-surabaya.ac.id/2984/
Taseman, T., Safaruddin, S., Erfansyah, N. F., Purwani, W. A., & Femenia, F. F. (2020). Strategi Guru dalam Menangani Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) yang Berpengaruh Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Surabaya. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 13-26. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.519
Zubaidah, E. (2004). Perkembangan bahasa anak usia dini dan teknik pengembangan di sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). 459-479. 10.21831/cp.v3i3.7600