Quizizz: Lembar Kerja Anak untuk Meningkatkan Kemam-puan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini
Keywords:
Quizizz, Symbol Thinking Skills , Kids WorksheetAbstract
Kemampuan kognitif khususnya kemampuan berpikir simbolik pada anak kelompok B di TK Al-Hikmah masih rendah. Hal ini disebabkan kurangnya stimulus dan media pembelajaran yang diberikan guru. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti menggunakan media lembar kerja anak melalui aplikasi quizizz. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan media lembar kerja anak menggunakan aplikasi quizizz untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dijadikan metode dalam penelitian ini. Subyek penelitian adalah anak kelompok B di TK Al-Hikmah, dengan jumlah tujuh anak. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yaitu reduksi data, display data, kesimpulan atau verifikasi. Penelitian dilakukan selama lima kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan dari tujuh anak yang diteliti, tiga anak sudah berkembang sangat baik dan tiga anak sudah berkembang sesuai harapan dan satu anak yang mulai berkembang, karena masih membutuhkan arahan dari guru. Dalam kegiatan tersebut anak mampu menyebutkan simbol bilangan dari 1 sampai 10, mengasosiasikan bilangan dengan simbol bilangan, menggunakan simbol bilangan untuk menghitung dan menyajikan berbagai benda berupa gambar dan hurufmelalui media tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa melalui media lembar kerja anak menggunakan aplikasi quizizz meningkat dalam perkembangan berpikir simbolik setelah dilakukan penelitian di TK Al-Hikmah. Cognitive abilities, especially symbolic thinking skills, in group B children in Al-Hikmah Kindergarten are still low. This is due to the lack of stimulus and learning media provided by the teacher. To overcome this, researchers used children's worksheets through the Quizizz application. The purpose of this study was to describe the application of children's worksheets using the Quizizz application to improve symbolic thinking skills. Descriptive research with a qualitative approach is used as the method in this study. The research subjects were group B children in Al-Hikmah Kindergarten, with a total of seven children. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. The data analysis technique in this study uses qualitative analysis, namely data reduction, data display, conclusion, or verification. The research was conducted in five meetings. The results showed that of the seven children studied, three have developed very well, three have developed as expected, and one is starting to develop because they still need direction from the teacher. In this activity, children can name number symbols from 1 to 10, associate numbers with number symbols, use number symbols to count and present various objects in the form of pictures and letters through the media. Based on the results of the study, it was found that the use of children's worksheets using the Quizizz application increased the development of symbolic thinking after research was carried out at Al-Hikmah Kindergarten.References
Ananda R., & Amiruddin, A. (2019). Perencanaan pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI)
Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Astuti, H. P. (2013). Smart parenting: upaya peningkatan kemampuan kognitif dan krea-tivitas anak di Kelurahan Banjarjo, Boja, Kendal. Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi dan Pembelajaran, 11(2), 117-126.
Bodedarsyah, A., & Yulianti, R. (2019). Meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia dini kelompok a (usia 4-5 tahun) dengan media pembelajaran lesung ang-ka. Jurnal Ceria, 2(6), 354-58. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p354-358
Fitri, A., Saparahayuningsih, S., & Agustriana, N. (2017). Perencanaan pembelajaran ku-rikulum 2013 pendidikan anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 1-13. https://doi.org/10.33369/jip.2.1.1-13
Hasjiandito, A., Adiarti, W., & Wantoro, W. (2016). Efektivitas media pembelajaran ber-basis powerpoint tema agama di KB-TK Assalamah Ungaran Kabupaten Sema-rang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 33(1), 7-12. https://doi.org/10.15294/jpp.v33i1.7660
Hidayat, & Maulidiyah, E.M. (2016). Peningkatan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan membilang benda sekitar. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2). 790-797. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12376
Hidayati, T., & Budiarti, E. (2022). Pengaruh penggunaan aplikasi quizizz sebagai game edukasi untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di TK Anak Bang-sa. Al-Abyadh, 5(1), 42-50. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v5i1.502
Hujair, A.H. S. (2009). Media pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press
Iis,I., Nurhayati, S., & Nurunnisa, R. (2022). Penerapan metode pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan kognitif anak usia 5-6 tahun. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(1), 50-53. https://doi.org/10.22460/ceria.v5i1.p%25p
Imamuddin, M., & Isnaniah, I. (2022). Perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan penilaian autentik oleh guru matematika madrasah. KARIWARI SMART : Journal of Education Based on Local Wisdom, 2(1), 9-19. https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v2i1.154
Nasrullah, A. (2017). Efektivitas penggunaan media edmodo pada pembelajaran matemat-ika ekonomi terhadap komunikasi matematika: edmodo; efektifitas; komunikasi ma-tematika; sikap. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i1.346
Nurfadillah, R. R., & Rakhman, A. (2020). Implementasi metode steam berbasis media film dalam meningkatkan aspek kognitif pada pendidikan anak usia dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(4), 266-274. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i4.p%25p
Paramita, N., Rintayati, P., & Wahyuningsih, S. (2019). Peningkatan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun melalui penerapan permainan sains. Kumara Cendekia, 7(2), 126-137. https://doi.org/10.20961/kc.v7i2.36372
Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah kimia fisika I. Jurnal Dinamika Pen-didikan, 12(1), 29-39. https://doi.org/10.51212/jdp.v12i1.1028
Purnamasari, R. (2017). Analisis lembar kerja untuk anak usia dini di taman kanak-kanak wilayah Banjarejo, Boja, Kendal. Universitas Negeri Semarang. http://lib. unnes. ac. id/30347/1/1601412074. pdf.
Solikah, H. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi teks persuasif kelas VIII di SMPN 5 Si-doarjo tahun pelajaran 2019/2020. BAPALA, 7 (3). 1-8. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/34508
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Suryadi, M. U. (2013). Konsep dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya