Nilai Karakter Islami dalam Metode Pembiasaan Pada Bulan Ramadhan untuk Anak Usia Dini
Keywords:
Character Values, Habituation Methods, The Holy Month of Ramadan, Early ChildhoodAbstract
Pada masa kanak-kanak merupakan masa awal pembentukan karakter. Anak memiliki potensi besar pada masa ini yang harus dikembangkan agar dapat tumbuh dengan sempurna. Mempunyai perilaku yang baik dan taat kepada Tuhan akan dapat bersikap baik pula kepada sesama, anggota keluarga dan anggota masyarakat merupakan sikap dasar yang harus dimiliki seorang anak. Oleh karena itu, nilai karakter islami pada Pendidikan Anak Usia Dini dilakukan oleh guru karena anak akan cenderung mendengarkan perintah gurunya, padahal peran orang tua lebih penting dalam pembiasaaan karakter islami anak dirumah. Maka dari itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi nilai karakter dengan metode pembiasaan pada bulan suci Ramadhan pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini sebanyak lima orang dari TK Bina Ihsani Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi, dokumentasi tidak lupa catatan lapangan dengan analisis deskriptif. Analisis penelitian ini menggunakan reduksi, display data, dan simpulan. Hasil dari berhasil, hasil penelitian menunjukan bahwa nilai karakter islami pada anak yang ditanamkan di sekolah selama Bulan Suci Ramadhan yaitu mengenalkan puasa Ramdahan kepada anak-anak, membiasakan mengikuti gerakan tata cara shalat serta do’a atau bacaan tarawih bersama-sama, serta mengajarkan arti dari puasa itu sendiri. Childhood is the initial period of character formation. Children have great potential at this time, which must be developed to grow perfectly. Having good behavior and being obedient to God will also allow you to be kind to others, family members, and community members, which is a basic attitude that a child must have. Therefore, the value of Islamic character in early childhood education is carried out by teachers because children tend to listen to their teacher's orders, even though the role of parents is more important in accustoming children to Islamic character at home. Therefore, this research aims to determine the implementation of character values using the habituation method in early childhood during the holy month of Ramadan. This research uses a qualitative descriptive research method. The subjects of this research were five people from Bina Ihsani Kindergarten, Sindangkerta District, West Bandung Regency. The data collection techniques are interviews, observation, documentation, and not forgetting field notes with descriptive analysis. This research analysis uses reduction, data display, and conclusions. As a result of this success, the research results show that Islamic character values in children are instilled in schools during the Holy Month of Ramadhan, namely introducing children to the Ramdahan fast, getting used to following prayer movements and prayers or reciting tarawih together, and teaching the meaning of fasting itself.References
Aprianti, E. (2018). Pengaruh komunikasi interpersonal dalam kegiatan mengajar antara guru dan murid paud pada proses pembentukan karakter. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 4(1), 1-9.https://doi.org/10.22460/ts.v4i1p1-9.716
Destriani, D. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beraga-ma Menuju Society Era 5.0. INCARE, International Journal of Educational Re-sources, 2(6), 647-664. https://doi.org/10.59689/incare.v2i6.356
Fadillatunnisa, F., & Nawawi, Z. M. (2022). Dampak Pendapatan di Bulan Suci Ramadan dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pedagang yang berjulanan di Pusat Pasar Medan). JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 1595-1600. https://ummaspul.e-journal.id/JKM/article/view/3650/1283
Hidayati, N., Asfiyak, K., & Anggraheni, I. (2019). Upaya Pembiasaan Karakter Islami Pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Tarbiyatush Shibyan Kabupaten Malang. Jurnal Dewantara, 1(2), 78-88. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jd/article/view/3229
Kahar, M. I. (2019). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini dalam Perspektif Is-lam. Musawa: Journal for Gender Studies, 11(1), 123-150. https://www.researchgate.net/publication/345411686_PENDIDIKAN_KARAKTER_PADA_ANAK_USIA_DINI_DALAM_PERSPEKTIF_ISLAM
Mahmudah, I., & Hidayat, N. (2022). Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Karakter Siswa pada Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 859-868. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2014
Muhajir, A., Duarsa, A. B. S., Atmojo, J. T., Nurhayati, I., Widyaningrum, N. R., Widi-yanto, A., ... & Firnanda, I. M. (2022). Pengabdian Masyarakat Puasa dan Wisata Sehat di Bulan Suci Ramadhan 1443 H. Jurnal Peduli Masyarakat, 4(1), 47-52. https://www.jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPM/article/view/962
Monalisa, F. N., Akmalia, R., Harahap, A. S. S., & Aulia, P. F. (2022). Upaya Dalam Menumbuhkan Karakter Agamis Siswa Pada Bulan Suci Ramadhan Di Madrasah Tsanawiyyah Negeri Binjai. FONDATIA, 6(2), 206-222. 10.36088/fondatia.v6i2.1791
Nafiqoh, H., Aprianti, E., & Rohaeti, E. E. (2019). Peningkatan Keaksaraan Awal dan Pengenalan Kemampuan Berhitung Dasar Anak Usia Dini dengan Menggunakan Model Maya Hasyim. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). 9-15 https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4813
Saputra, A. (2022). Strategi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Smp. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2854449
Tiara, D., & Syukron, A. (2019). Perancangan Sistem Informasi Monitoring Perkem-bangan Anak Berbasis Website Pada Rumah Pintar Indonesia (Rpi) YOGYAKAR-TA. Bianglala Informatika, 7(2), 130-136. https://doi.org/10.31294/bi.v7i2.6691