Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak melalui Media Loose Part pada Anak Usia Dini

Authors

  • Siti Dewi Riyani Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi
  • Andrisyah Andrisyah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi
  • Ratna Dwi Nurcahyani Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

Keywords:

Gross Motor, Loose Part, Early Childhood

Abstract

Penggunaan media loose part saat ini sangat mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Melalui media loose part anak diberikan kebebasan untuk bermain dengan benda-benda konkrit atau nyata. Adapun manfaat media loose part ini sangat berpengaruh pada perkembangan anak usia dini, salah satunya yaitu kemampuan motorik kasar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui stimulasi kemampuan motorik kasar anak melalui media loose part pada anak kelompok B di PAUD Al-hafijh. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan sampel data anak kelompok B usia 5-6 tahun berjumlah 13 anak. Pengolahan data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penenelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar anak dapat meningkat melalui media loose part seperti kemampuan kelincahan, kelenturan, keseimbangan dan meningkatnya kemampuan koordinasi mata, tangan dan kaki. Hal ini terlihat ketika guru menstimulasi kemampuan motorik kasar anak yaitu harus menciptakan suasana yang menyenangkan dengan menggunakan media yang menarik bagi anak, dengan demikian kemampuan motorik anak akan terstimulasi dengan baik. Anak dapat bergerak bebas, berkereasi dan menciptakan karya baru dengan media loose part yang terlah disediakan guru. Orang tua dapat bersinergi dengan guru untuk menyiapkan bahan-bahan loose part di rumah.

The use of loose-part media is currently very easy to find in the surrounding environment. Through loose-part media, children are given the freedom to play with concrete or real objects. The benefits of this loose part media are very influential on the development of early childhood, one of which is the child's gross motor skills. This study aims to determine the stimulation of children's gross motor skills through loose part media in group B children in PAUD Al-Hafijh. This study uses a qualitative descriptive methodology with observation, interviews, and documentation techniques with 13 children in group B aged 5-6 years as sample data. Data processing uses data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the study show that children's gross motor skills can be improved through loose part media such as agility, flexibility, balance, and eye, hand, and foot coordination skills. This can be seen when the teacher stimulates the child's gross motor skills, which is to create a pleasant atmosphere by using media that is attractive to children, thus the child's motor skills will be well stimulated. Children can move freely, be creative, and create new works with the loose part media provided by the teacher. Parents can work together with teachers to prepare loose part materials at home.

References

Annisa, M. A. P. C. W., & Febriastuti, R. (2021). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Steam Berbahan Loose Parts Dalam Mengembangkan Ketrampilan Abad 21 Pada Anak Usia Dini. ABNA: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 118-130. https://oldjournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/abna/article/view/4484

Baan, A. B., Rejeki, H. S., & Nurhayati, N. (2020). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Bungamputi, 6(1). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/15916/11618

Elisa, T. (2021). Estetika Sentra Olah Tubuh Dalam Menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 6(2), 136-141. https://doi.org/10.51529/ijiece.v6i2.270

Fransiska, Y., & Yenita, R. (2021). Penggunaan media loose parts dalam pembelajaran di masa pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5454-5462. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1852

Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain dan permainan anak usia dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52-64. https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6985

Indriani, D., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Analisis Penggunaan Media Loose Parts untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Ta-hun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1180-1187. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5414

Mukhlisa, N., & Kurnia, S. D. (2021). Penerapan Permainan Papan Titian dalam Mengembangkan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education), 2(1), 65-75. https://ejournal.iain-bone.ac.id/index.php/educhild/article/view/1312

Pranita, U., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Pelaksanaan Supervisi Klinis Kepala Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu Kota Bengkulu (Studi Deskriptif Kualitatif di PAUD IT Auladuna Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Poten-sia, 3(1), 54-65. https://doi.org/10.33369/jip.3.1.54-65

Septiani, F. I., Purnama, W., & Sumitra, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Kreatifitas Seni. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(3), 74-83. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i3.p74-83

Siantajani, Y. (2020). Loose Part Material Lepasan Otentik Stimulsi PAUD. Semarang: PT Sarang Seratus Aksara

Izzah, L., Adhani, D. N., & Fitroh, S. F. (2020). Pengembangan Media Buku Dongeng Fabel untuk Mengenalkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Di Wonorejo Glagah. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 62-68. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/8856

Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis penerapan senam irama da-lam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844-1852. 10.31004/obsesi.v5i2.993

Downloads

Published

2024-05-18