Media Ular Tangga sebagai Media Pembelajaran terhadap Pengembangan Kosakata Anak Usia Dini

Authors

  • Tasya Kania Putri Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi
  • Komala Komala Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

Keywords:

Snake Ladder Media, Vocabulary

Abstract

Kefasihan kosakata sangat penting bagi anak usia dini, karena dengan banyaknya pembedaharaan kosakata yang dimiliki, akan berpengaruh pada kemampuan berbicaranya, akan tetapi pembelajaran mengenai kosakata ini dirasa kurang menyenangkan bagi anak. Hal ini diakibatkan oleh beberapa faktor baik dari guru maupun media dan metode pembelajaran yang digunakan sebagai pendukungnya. Sehingga dengan adanya media ular tangga ini dapat membantu anak dalam proses pembelajaran mengenai pengembangan kosakata, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan media ular tangga dalam mengembangkan kosakata anak kelompok B di Pos PAUD Al-Ikhlas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B usia 5-6 tahun sebanyak lima orang anak dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui teknik observasi, pengolahan data yang telah dikumpulkan, dianalisis menggunakan reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Penerapan media ini dilakukan dengan cara membiarkan anak menyusun setiap ular tangga sesuai dengan urutan huruf lalu anak memainkannya dan menjadi bidak utama untuk melewati setiap kotak yang terdapat kosakata, lalu anak membaca setiap kata yang telah dilewatinya. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya penerapan media ular tangga dapat membantu anak dalam mengembangkan kosakatanya sehingga anak sudah mampu memahami dan menyebutkan setiap kata dengan benar yang terdapat dalam media ular tangga.   Vocabulary fluency is very important for early childhood because the amount of vocabulary they have will affect their speaking ability, but learning about this vocabulary is not fun for children. This is caused by several factors, both from the teacher and the media and learning methods used to support it. So the snake and ladder media can help children learn about vocabulary development; therefore, this study aims to determine the process of applying snake and ladder media to developing group B vocabulary at the Al-Ikhlas PAUD Post. This study used the descriptive-qualitative method. The subjects in this study were children in group B aged 5-6 years as many as 5 people and the data collection techniques in this study were through observation techniques, processing the collected data, analyzing using data, displaying data, and drawing conclusions. The application of this medium is done by letting the child arrange each ladder according to the order of the letters, then playing it and becoming the main pawn to pass each box that contains vocabulary, and then the child reads every word he passes. Based on the results of this study, show that the application of snake ladder media can help children develop their vocabulary so that children are able to understand and correctly pronounce every word contained in snake ladder media.

References

Aguselly, D., & Irdamurni. (2019). Upaya meningkatkan kosakata melalui permainan ular tangga pada anak tunarungu. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Re-search and Development, 2(1), 58-66. Retrieved from https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/194

Andayani, S. (2021). Bermain sebagai sarana pengembangan kreativitas anak usia dini. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 7(01), 230-238. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/87

Asadi, H., & Suryana, D. (2020). Studi deskriptif pengaruh permainan snakes and ladders terhadap perkenalan kosakata bahasa inggris anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2993–3006. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.802

Syamsiyah, L., Diana, D. (2022). Efektivitas media fuzzy felt untuk meningkatkan kosa-kata anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2700-2710. 10.31004/obsesi.v6i4.1803

Herlina, E., & Aprianti, E. (2021). Implementasi pembelajaran daring dalam meningkat-kan kemampuan bahasa anak dengan metode bercakap-cakap melalui media balon pintar pada kelompok a di paud senyum ananda bandung. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(6), 647-656. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i6.p%25p

Ilhami, B. S., Fitri, B. F. H., & Ramdhani, S. (2019). Permainan kuda bisik untuk meningkatkan kemampuan pembendaharaan kosakata anak usia 5-6 ta-hun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 101-108. https://doi.org/10.17509/cd.v10i2.19866

Lusiana, M., & Aprianti, E. (2021). Pembelajaran daring untuk meningkatkan perkem-bangan bahasa melalui kegiatan bermain dadu huruf pada kelompok b di tk ikhsan muslimin bandung. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(6), 706-713. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i6.p%25p

Muspawi, M., Suryani, I., & Rahayu, A. Y. (2020). Penerapan permainan scrabble untuk meningkatkan penguasaan kosakata anak. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(1), 1-9. 10.22437/jssh.v4i1.9761

Rosalina, R., & Sumitra, A. (2022). Pembelajaran melalui media audio visual dalam mengembangkan kemampuan kosa kata bahasa pada anak usia dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(3). 23 https://doi.org/10.22460/ceria.v5i3.10447

Wati, A. (2021). Pengembangan media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Da-sar, 2(1), 68-73. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/view/1728

Published

2024-05-12