Penggunaan Papan Flanel Angka sebagai Media Pembelajaran terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini

Authors

  • Aan Diana TK Plus Al-Hikmah
  • Ema Aprianti Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi
  • Aghnia Farrassyania Azhar Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

Keywords:

Mathematical Logic, Numbers Flanel Board

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi rasa jenuh yang dialami anak usia dini dalam pembelajaran. Pembelajaran kurang kreatif dan bervariasi, sehingga berpengaruh pada kecerdasan logika matematikanya. Tenaga pendidik harus memiliki inovasi dan kreatif membuat media belajar menyenangkan untuk menstimulus kecerdasan logika matematika anak. Maka, diperlukan media menyenangkan yang dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika, yaitu menggunakan media papan flannel angka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media papan flannel angka dapat meningkatkan kemampuan logika matematika anak kelompok B. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode deskriftif kualitatif dengan subjek penelitian lima peserta didik di TK Plus Al-Hikmah. Alat dan bahan penelitian yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan lembar ceklis. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan logika matematika anak dengan menggunakan media papan flannel angka dalam mengenal angka 1-20 cukup baik. Hal ini terlihat adanya peningkatan dari pertemuan ke-1 sampai ke-5 mengalami peningkatan dengan capaian perkembangan Berkembang Sesuai Harapan, sehingga anak dapat mengenal bentuk angka 1-20. Dapat disimpulkan bahwa media papan flannel angka dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika pada anak usia 5-6 tahun.

The research was motivated by the boredom experienced by young children in learning. Learning is less creative and varied, affecting their mathematical logic intelligence. Educators must be innovative and creative in making learning media fun to stimulate children's mathematical logic intelligence. So, fun media is needed to increase mathematical logic intelligence, namely using number flannel board media. This research aimed to find out whether the number flannel board media could improve the mathematical logic skills of group B children. The research method used was a qualitative descriptive method with five students at Kindergarten Plus Al-Hikmah as research subjects. The research tools and materials used were observations, interviews, documentation, and checklist sheets. Based on the research results, show that there is an increase in children's mathematical logic by using the number flannel board media in recognizing numbers 1-20 quite well. This can be seen as an improvement from the 1st to the 5th meeting with the development achievement Developing According to Expectations so that children can recognize the shape of the numbers 1-20. It can be concluded that number flannel board media can improve mathematical logic intelligence in children aged 5–6 years.

References

Anggraeni, R. (2015). Upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media papan flanel pada anak. Pendidikan Guru PAUD S-1. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/viewFile/334/306

Aprianti, E. (2017). Penerapan pembelajaran BCM (bermain, cerita, menyanyi) dalam konteks perkembangan sosial emosional anak usia dini di Kober Baiturrohim Kabupaten Bandung Barat. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 195-211. https://doi.org/10.22460/ts.v3i2p195-211.651

Chourmain, I. (2008). Acuan normatif penelitian untuk penelitian skripsi, tesis dan disertasi. Jakarta : Al-Haramain Publishing House.

Kannan, K., Bhamidipaty, A., & Narendra, N. C. (2011, March). Design time validation of service orientation principles using design diagrams. In 2011 Annual SRII Global Conference (pp. 795-804). IEEE. https://doi.org/10.1109/SRII.2011.87

Keraf. G. (2004). Komposisi: sebuah pengantar kemahiran bahasa. Ende Flores. Nusa Indah

Musfiroh, (2008). Cerdas melalui belajar. Jakarta : Grasindo.

Neni, N., & Aprianti, E. (2020). Meningkatkan kemampuan logika matematika anak me-lalui pembelajaran terpadu di taman kanak-kanak. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(1), 59-63. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i1.p%25p

Musfiroh, (2008). Cerdas melalui belajar. Jakarta : Grasindo

Nurunnisa, R., Nuraeni, L., & Andrisyah, A. (2020). Penyuluhan program sekolah ramah anak dalam meningkatkan kompetensi pedagogik berbasis child center pada pendidik di taman kanak-kanak kota Purwakarta. Abdimas Siliwangi, 3(1), 94-103. https://doi.org/10.22460/as.v3i1p%25p.3393

Nopayana, S., Rostika, D., & Ismail, M. H. (2015). Upaya meningkatkan pemahaman konsep bilangan beserta lambang bilangan pada anak melalui media papan flanel modifikasi. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1). https://doi.org/10.17509/cd.v7i1.10545

Puspitorini, T. D. (2018). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media papan flanel pada anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Taman Kota Madiun. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Educa-tion), 5(2), 41-51. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD

Rahmalia, D., & Suryana, D. (2021). Pengembangan media papan flanel untuk mening-katkan kecerdasan logika matematika pada anak. Jurnal Basicedu, 5(2), 605-618. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.782

Sujiono, Y. (2011). Metode pengembangan kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka

Suripatty, P & Nurani, Y. (2020). Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Melalui Permainan Bingo Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4 (1). 100-109. https://doi.org110.31004/obsesi

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Anak Usia Dini.

Published

2024-09-17