Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Prososial Anak Usia Dini
PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPU-AN PROSOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN
Keywords:
Storytelling Method, Prosocial Ability, Early ChildhoodAbstract
References
Adinurani, P. G. (2022). Statistik non parametrik (aplikasi bidang permainan, manual dan SPPS). Yogyakarta: Deepublish.
Aisyah, S., Amini, M., Chandrawati, T., & Novita, D. (2014). Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini. https://repository.ut.ac.id/4707/
Desmita, D. (2009). Psikologi perkembangan peserta didik: Panduan bagi orang tua dan guru dalam memahami psikologi anak usia SD, SMP dan SMA. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dewi, K. N., Wirya, N., Ujianti, P. R., & Psi, S. (2017). Pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan sosial emosional pada anak kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Gugus Vii Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undik-sha, 5(3), 305-314. https://doi.org/10.23887/paud.v5i1.11515
Kusumastuti, N., & Rukiyati, R. (2017). Penanaman nilai-nilai moral melalui kegiatan bercerita pada anak usia 5 tahun. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 5(2), 162-175. https://doi.org/10.21831/jppfa.v5i2.14830
Lufri, L., Ardi, A., Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, A. (2020). Metodologi pembelaja-ran : Stategi pendekatan, model, metode pembelajaran. Malang : CV IRDH.
Moeslichatoen, M. (2004). Metode pengajaran di taman kanak-kanak. Jakarta:PT. Rineka Cipta.
Mursid, M. (2016). Pengembangan pembelajaran Paud. Bandung: Rosdakary
Nurjanah, N. E. (2016). Peningkatan perilaku prososial melalui bercerita dengan boneka (Penelitian tindakan pada anak kelompok B TK Eka Puri Mandiri Surakarta Tahun 2015/2016). Jurnal Perspektif Pendidikan, 10(2), 11-27. https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/402
Parapat, A. (2020). Bimbingan dan konseling untuk anak usia dini upaya menumbuhkan perilaku prososial. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Renata, S., & Parmitasari, L. N. (2016). Perilaku prososial pada mahasiswa ditinjau dari jenis kelamin dan tipe kepribadian. Psikodimensia: Kajian Ilmiah Psikologi, 15(1), 24-39. https://doi.org/10.24167/psiko.v15i1.590
Rizqiyani, R., & Azizah, N. (2018). Kemampuan bercerita anak prasekolah (5-6 ta-hun). Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 146-155.https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.24458
Sari, R. M. (2017). Penerapan metode bercerita dalam mengembangkan moral dan nilai-nilai agama anak di tk aisyiyah bustanul athfal i teluk betung selatan bandar lampung [Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/2065/
Susanto, A. (2018). Bimbingan dan konseling di sekolah: Konsep, teori, dan aplikasinya. Jakarta: Kencana.
Susetyo, Y. F. (2018). Anakku, guru kehidupanku: catatan seorang Psikolog. Jakarta: Bumi Aksara.
Warso, A. W. D. D. (2021). Mengenal penelitian tindakan kelas dan dilengkapi con-tohnya. Deepublish.