Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Prososial Anak Usia Dini

PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPU-AN PROSOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN

Authors

  • Isna Arifah Dwi Astuti Institut Agama Islam Negeri Metro, Lampung
  • Revina Rizqiyani Institut Agama Islam Negeri Metro, Lampung
  • Uswatun Hasanah Institut Agama Islam Negeri Metro, Lampung
  • Nihwan Nihwan Institut Agama Islam Negeri Metro, Lampung

Keywords:

Storytelling Method, Prosocial Ability, Early Childhood

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh kemampuan prososial anak yang belum berkembamg secara optimal. Guru yang mengajar belum menggunakan metode bercerita seperti menggunakan alat peraga dan audio visual. Permasalahan tersebut didasari oleh faktor terbatasnya penggunaan media di RA Al-Islamiyah, sehingga anak kurang antusias dalam mengikuti kegiatan dikarenakan kegiatan metode bercerita yang diterapkan kurang menarik serta anak merasa bosan, dengan ini peneliti menyajikan kegiatan metode bercerita dengan cara berbeda yang dapat mengembangkan kemampuan prososial anak yaitu menggunakan metode bercerita dengan alat peraga dan audio visual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian Eksperimen dengan desain penelitian Quasi-Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak-anak RA Al-Islamiyah, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah Kelompok A1 dan Kelompok A2. Instrument pengumpulan data untuk kemampuan prososial anak berupa lembar observasi. Analisis data menggunakan uji non parametrik (Uji Mann Whitney). Berdasarkan hasil dari penelitian hipotesis serta analisis data yang telah dilakukan yaitu bahwa penggunaan metode bercerita berpengaruh terhadap kemampuan prososial anak. Hal ini dapat diketahui dari perolehan jumlah nilai skor pre-test dan post-test. Maka nilai sig 0,00 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan prososial anak usia 4-5 tahun di RA Al-Islamiyah.   Research is motivated by children's prosocial abilities, which have not yet developed optimally. Teachers who teach rarely use storytelling methods such as props and audiovisuals. Teachers focus more on the available media, such as storybooks. This problem is based on the limited use of media in Ra Al-Islamiyah, so children are less enthusiastic about participating in activities because the storytelling methods used are less interesting and children feel bored. The researcher presents storytelling method activities in different ways that can develop children's prosocial abilities—namely, using storytelling methods with props and audiovisuals. This method is designed with an educational concept that combines elements of creativity, fun, adventure, motivation, skills, and others. The type of research used is field research using experimental research methods with a quasi-experimental research design. The population in this study were all Ra Al-Islamiyah children, while the samples in this study were Group A1 and Group A2. The data collection instrument for children's prosocial abilities is an observation sheet. Data analysis used non-parametric tests (the Mann-Whitney test). Based on the results of hypothesis research and data analysis that has been carried out, it is known that the use of the storytelling method influences children's prosocial abilities. This can be seen from the total score of the pre-test and post-test. So the sig value is 0.00 < 0.05, so Ho is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that there is an influence of the storytelling method on the prosocial abilities of children aged 4-5 years at RA Al-Islamiyah.

References

Adinurani, P. G. (2022). Statistik non parametrik (aplikasi bidang permainan, manual dan SPPS). Yogyakarta: Deepublish.

Aisyah, S., Amini, M., Chandrawati, T., & Novita, D. (2014). Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini. https://repository.ut.ac.id/4707/

Desmita, D. (2009). Psikologi perkembangan peserta didik: Panduan bagi orang tua dan guru dalam memahami psikologi anak usia SD, SMP dan SMA. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewi, K. N., Wirya, N., Ujianti, P. R., & Psi, S. (2017). Pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan sosial emosional pada anak kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Gugus Vii Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undik-sha, 5(3), 305-314. https://doi.org/10.23887/paud.v5i1.11515

Kusumastuti, N., & Rukiyati, R. (2017). Penanaman nilai-nilai moral melalui kegiatan bercerita pada anak usia 5 tahun. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 5(2), 162-175. https://doi.org/10.21831/jppfa.v5i2.14830

Lufri, L., Ardi, A., Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, A. (2020). Metodologi pembelaja-ran : Stategi pendekatan, model, metode pembelajaran. Malang : CV IRDH.

Moeslichatoen, M. (2004). Metode pengajaran di taman kanak-kanak. Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Mursid, M. (2016). Pengembangan pembelajaran Paud. Bandung: Rosdakary

Nurjanah, N. E. (2016). Peningkatan perilaku prososial melalui bercerita dengan boneka (Penelitian tindakan pada anak kelompok B TK Eka Puri Mandiri Surakarta Tahun 2015/2016). Jurnal Perspektif Pendidikan, 10(2), 11-27. https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/402

Parapat, A. (2020). Bimbingan dan konseling untuk anak usia dini upaya menumbuhkan perilaku prososial. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Renata, S., & Parmitasari, L. N. (2016). Perilaku prososial pada mahasiswa ditinjau dari jenis kelamin dan tipe kepribadian. Psikodimensia: Kajian Ilmiah Psikologi, 15(1), 24-39. https://doi.org/10.24167/psiko.v15i1.590

Rizqiyani, R., & Azizah, N. (2018). Kemampuan bercerita anak prasekolah (5-6 ta-hun). Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 146-155.https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.24458

Sari, R. M. (2017). Penerapan metode bercerita dalam mengembangkan moral dan nilai-nilai agama anak di tk aisyiyah bustanul athfal i teluk betung selatan bandar lampung [Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/2065/

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan konseling di sekolah: Konsep, teori, dan aplikasinya. Jakarta: Kencana.

Susetyo, Y. F. (2018). Anakku, guru kehidupanku: catatan seorang Psikolog. Jakarta: Bumi Aksara.

Warso, A. W. D. D. (2021). Mengenal penelitian tindakan kelas dan dilengkapi con-tohnya. Deepublish.

Published

2024-07-02