Analisis Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Live Music Performances

Authors

  • Rama Firdaus Rama Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Jepara
  • Muhammad Nofan Zulfahmi Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Jepara

Keywords:

Musical Intelligence, Early Childhood, Live Music Performance

Abstract

Kecerdasan musikal ialah suatu kecerdasan untuk mengetahui bentuk aktivitas musikal seperti halnya menikmati musik, dan mengingat irama lagu. Kecerdasan musikal pada anak usia dini perlu dikembangkan sejak dini. Adapun salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan kecerdasan musikal anak dapat melalui live music performances. Adapun tempat kegiatan Live Music Performances yaitu PAUD Among putra, Dealova caffe, Noms Choffe, dan Resto taman Joglo. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis kecerdasan musikal pada anak usi 0-6 tahun melalui live music performances di daerah Jepara. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan mengambil pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tiga indikator dengan mengambil data dari lembar observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu anak usia dini yang usianya 0-6 tahun menjadi informan buat mengetahui latar belakang dari permasalahan yang berjumlah satu anak perempuan. Reduksi data, display data dan yang terakhir diambil Kesimpulan merupakan analisis data yang digunakan. Adapun penjelasan hasil di penelitian ini menjelaskan bahwa analisis kecerdasan musikal anak melalui aktivitas live music performances sudah berkembang secara optimal. Hal tersebut terlihat dari tercapainya indicator yaitu anak sudah mampu bermain dengan alat musik, peka dengan suara musik, mampu mengekspresikan diri dengan menyanyi.

Musical intelligence is the intelligence to know forms of musical activities such as enjoying music and remembering the rhythm of songs. Musical intelligence in young children needs to be developed from an early age. One way to improve children's musical intelligence is through live music performances. The venues for live music performances are PAUD Among Putra, Dealova Caffe, Noms Choffe, and Taman Joglo Resto. This research aims to analyze musical intelligence in children aged 0–6 through live music performances in the Jepara area. This research uses descriptive research methods and takes a qualitative approach. The data collection techniques used include three indicators: observation sheets, interview guides, and documentation. The research subjects in this study were young children aged 0–6 years who became informants to find out the background of the problem, which consisted of one girl. Data reduction, data display, and finally the conclusion drawn are the results of the analysis of the data used. The explanation of the results in this research explains that the analysis of children's musical intelligence through live music performance activities has developed optimally. This can be seen from the achievement of indicators, namely that children can play with musical instruments, are sensitive to the sound of music, and can express themselves by singing.

References

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54. 10.21831/hum.v21i1.38075

Febriana, D., & Sofyan, F. A. (2022). Analisis Pengembangan Bakat Terhadap Kecer-dasan Musikal Dalam Animasi “bing bunny: moment musikal”. JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 21-28. https://doi.org/10.62668/jimr.v1i01.141

Ifadloh, L., & Widayati, S. (2021). Pengaruh youtube konten musik anak terhadap kecer-dasan musikal pada usia 4-5 tahun di masa pandemi covid-19. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini), 2(2), 107-116. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2021.2.2.107-116

Indriani, M. (2024). Pengembangan Kecerdasan Musikal Pada Anak Usia Dini di Ta-man Kanak-Kanak Pertiwi 3 Kantor Gubernur Padang (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Pendidikan). http://repository.unp.ac.id/51936/

Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidi-kan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Is-lam, 1(2), 1-9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Novela, T., & Yeni, I. (2020). Efektivitas penggunaan talempong pacik terhadap kecer-dasan musikal di taman kanak-kanak nurul hidayah bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 33–38. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.423

Oktaviyoza, S., & Yeni, I. (2022). Efektivitas rebana dalam meningkatkan kecerdasan musikal anak usia dini di taman kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 15866–15874. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4887

Pratiwi, S. (2021). Pemanfaatan barang-barang bekas sebagai alat musik sederhana untuk mengasah kecerdasan musikal anak usia dini di masa pandemi Covid 19. Interlude: Indonesian Journal of Music Research, Development, and Technology, 1(1), 1-11. https://ejournal.upi.edu/index.php/Interlude/article/view/68636

Putri, P. A., & Ismet, S. (2020). Efektivitas permainan perkusi kastanyet terhadap kecer-dasan musikal anak. Jurnal pendidikan tambusai, 4(1), 463-468. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.484

Putri, R. D., & Yeni, I. (2020). Efektivitas penggunaan perkusi sederhana terhadap kecer-dasan musikal anak di Taman Kanak-Kanak Assyofa Padang. Bunayya: Jurnal Pen-didikan Anak, 5(2), 31-42. http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v5i2.6388

Rizka, T. A (2023). Strategi pengembangan kecerdasan musikal dengan bantuan gamolan di Tk Alam Al Khair Labuhan Ratu Bandar Lampung. https://digilib.unila.ac.id/70811/

Saripudin, A. (2017). Strategi pengembangan kecerdasan naturalis pada anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 1-18. 10.24235/awlady.v3i1.1394

Setyawati, T., Permanasari, A. T., & Yuniarti, T. C. E. (2017). Meningkatkan kecerdasan musikal melalui bermain alat musik angklung (Penelitian Tindakan Pada Anak Ke-lompok B Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Kota Serang-Banten). JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 2(1), 63-77. http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v2i1.2503

Siregar, I. R., Roaina, L., Lubis, N. A., & Lubis, H. Z. (2023). Meningkatkan kecerdasan musikal anak usia dini melalui alat musik pianika di TK Cambridge Binjai. IJM: In-donesian Journal of Multidisciplinary, 1(6), 2510-2516.https://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/view/544

Sudarto, S., Rahmawati, S., & Watini, S. (2023). Implementasi model ASYIK dalam mengembangkan kecerdasan musikal melalui kegiatan bermain angklung pada anak TK. Jurnal Pendidikan Anak, 12(2), 206-216. 10.21831/jpa.v12i2.57754

Telaumbanua, S. M., Parinduri, D. A. F., br Nasution, A. K., & Lubis, H. Z. (2023). Pengaruh penerapan metode bernyanyi terhadap perkembangan kecerdasan musikal pada anak usia dini. TARBAWI: Journal on Islamic Education, 1(1), 27-33.. 10.24269/tarbawi.v1i1.2530

Turchet, L., West, T. & Wanderley, M.M. Touching the audience: musical haptic weara-bles for augmented and participatory live music performances. Pers Ubiquit Com-put 25, 749–769 (2021). https://doi.org/10.1007/s00779-020-01395-2

Published

2024-07-02