Permainan Montessori dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini

Authors

  • Ai Sumiati Raudhatul Athfal (RA) Durrotul Qolbi, Cimahi
  • Andrisyah Andrisyah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

Keywords:

Logical thinking, Montessori Games, Early Childhood

Abstract

Penelitian pada anak-anak Kelompok A RA Durrotul Qolbi Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berpikir logis anak-anak kelompok A karena kegiatan pembelajaran masih menggunakan lembar kerja Anak (LKA). Maka dari itu, pengembangan daya pikir anak harus dilakukan dengan cara yang berbeda supaya ada peningkatan dalam kemampuan berpikir logis salah satunya melalui permainan Montessori . Penelitian ini bertujuan untuk menstimulus anak dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Jenis Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 13 anak. Pengolahan data yang dilakukan menggunakan analisis data kualitatif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan permainan Montessori dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis anak. Terlihat pada indikator mengelompokan benda anak dapat mengelompokan sesuai kategorinya, anak sudah mulai mengenal gejala sebab akibat, hal yang menyebabkan anak terstimulus ini karena anak antusias serta bahagia ketika sedang melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan permainan Montessori.   Research on children from Group A RA Durrotul Qolbi, South Cimahi District, Cimahi City, was motivated by the low logical thinking ability of group A children because learning activities still used Children's Worksheets (LKA). Therefore, developing children's thinking power must be done in different ways so that there is an increase in logical thinking abilities, one of which is through Montessori games. This research aims to stimulate children in learning activities to improve their logical thinking abilities. The research used is qualitative. The type of approach used is a qualitative-descriptive approach. The data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. The research subjects consisted of 13 children. Data processing was carried out using qualitative data analysis, namely data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this research show that Montessori games can improve children's logical thinking abilities. It can be seen from the indicators for grouping objects that children can group them according to their categories. children have begun to recognize the symptoms of cause and effect. The thing that causes children to be stimulated is that children are enthusiastic and happy when they are carrying out learning activities using Montessori games.

References

Britton, L. (2017). Montessori play and learn . Bandung: Mizan Media Utama

Haloho, O. (2022). Membangun logika matematika anak usia dini dengan metode Montessori Oktani Haloho. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7708–7712. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9470

Ismawati, P., & Ningtias, I. W. (2019). Pengaruh APE Montessori Manich Math terhadap kemampuan berhitung kelompok A Di RA Brudu Sumobito Jombang. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(1), 49–69. https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i1.48

Malapata, E., & Wijayanigsih, L. (2019). Meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun melalui media lumbung hitung. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 283-293. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.183

Fauziah, N., & Nafiqoh, H. (2021). Penerapan permainan bola pompom dalam mening-katkan kecerdasan visual pada anak usia dini di KB Al-Ghifari. CERIA (Cerdas En-ergik Responsif Inovatif Adaptif), 4(4), 350-354. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i4.p%25p

Noor, S., & Widayati, S. (2014). Pengaruh alat permainan montessori terhadap kemampuan berhitung anak 1-10 kelompok A KB-TK Arisska. PAUD Teratai, 3(3), 1–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/8301

Nurtaniawati, N. (2017). Peran guru dan media pembelajaran dalam menstimulasi perkembangan kognitif pada anak usia dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 3(1), 1–20. http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/315

Rahmadhani, E., & Surbakti, A. H. (2022). Analisis kemampuan berpikir logis anak usia dini melalui permainan montessori. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5079–5090. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1894

Septiani, I. P., Nugroho, I. H. N., & Lestariningrum, A. (2017). Meningkatkan kemampuan membaca melalui permainan cari pasangan menggunakan media papan tempel pada anak kelompok B TK Pertiwi Wates Kecamatan Tanjunganom Nganjuk Tahun 2016-2017. Simki-Pedagogia, 01(07), 1–9. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2015/11.1.02.02.0345.pdf

Sunarti, C., Uwie, W., & Sumitra, A. (2018). Pembentukan karakter mandiri pada anak usia dini melalui metode montessori di TK Almarhamah Cimahi. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(2), 47. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i2.p47-57

Y Yumalasari, N., & Aprianti, E. (2022). Kegiatan finger painting pada anak usia 4-5 ta-hun dalam meningkatkan motorik halus di sps miftahul jannah. CERIA (Cerdas En-ergik Responsif Inovatif Adaptif), 5(5), 577-583. https://doi.org/10.22460/ceria.v5i5.12348

Published

2024-07-24