Meningkatkan Sikap Disiplin Anak Usia Dini melalui Metode Pemberian Tugas Berbasis Potensi Alam

Authors

  • Astry Aditya Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi
  • Ema Aprianti Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

Keywords:

Early Childhood, Natural Potential-Based Tasking Methods, Discipline

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran meningkatkan sikap disiplin anak usia dini melalui metode pemberian tugas berbasis potensi alam, memaparkan proses pelaksanaan pembelajaran metode pemberian tugas berbasis potensi alam untuk meningkatkan sikap disiplin anak usia dini, dan menguraikan hasil dari pembelajaran meningkatkan sikap disiplin anak usia dini melalui metode pemberian tugas berbasis potensi alam di kelompok A. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan data yang dihasilkan melalui observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi. Penelitian ini dilaksanakan di TKA Assalam dengan melakukan pembelajaran pada sembilan anak di kelompok A yang menjadi subjek penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan beberapa temuan diantaranya yaitu 1) Perencanaan pembelajaran meningkatkan sikap disiplin anak usia dini melalui metode pemberian tugas berbasis potensi alam disusun dengan langkah-langkah yang baik oleh guru. 2) Proses pelaksanaan pembelajaran metode pemberian tugas berbasis potensi alam disambut dengan antusias oleh siswa dan membuat pelaksanaan pembelajaran berjalan secara kondusif 3) Hasil pembelajaran menunjukan bahwa sikap disiplin siswa mengalami peningkatan yang sangat signifikan dengan mayoritas siswa berada dalam tingkat Berkembang Sangat Baik setelah dilakukan metode pembelajaran pemberian tugas berbasis potensi alam.   This research aims to determine learning planning to improve the disciplinary attitude of early childhood through a natural potential-based assignment method, explain the process of implementing learning using a natural potential-based assignment method to improve the disciplinary attitude of early childhood and describe the results of learning to improve attitudes. Early childhood discipline through a method of giving assignments based on natural potential in group A. To obtain data in this research, researchers used descriptive qualitative research methods with data generated through observation and interviews. The data analysis used is data reduction, data display, and verification. This research was carried out at TKA Assalam by conducting learning on 9 children in group A who were the research subjects. The results of the research revealed several findings, including 1) Learning planning improves the disciplinary attitude of early childhood through a method of giving assignments based on natural potential, prepared in good steps by the teacher. 2) The process of implementing the learning method based on natural potential was greeted enthusiastically by students and made the implementation of learning run conductively. 3) The learning results showed that students' disciplinary attitudes experienced a very significant improvement, with the majority of students being at the Very Good Developing level after implementing the learning method and giving assignments based on natural potential.

References

Aslindah, A., & Suryani, L. (2021). Pembuatan media pembelajaran PAUD berbasis bahan alam di TK Alifia Samarinda. Jurnal Pengabdian Ahmad Yani, 1(1), 49-57. https://www.researchgate.net/publication/367903193_Pembuatan_Media_Pembelajaran_PAUD_Berbasis_Bahan_Alam_Di_TK_Alifia_Samarinda

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54. 10.21831/hum.v21i1.38075

Foekh, N. P. (2022). Menyusun Instrumen Penelitian dalam Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Media Sains Indonesia

Iting, A. (2021). Upaya guru dalam meningkatkan kreativitas melalui metode pemberian tugas pada anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Anugrah Kecamatan Palakka Ka-bupaten Bone. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education), 1(1), 81-95. https://ejournal.iain-bone.ac.id/index.php/educhild/article/view/1304

Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnnal golden Age Hamzanwadi University, 3 (1), 1-12. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/739

Latifsan, F. A., Ahmad, A., & Yeniningsih, T. K. (2021). Mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui media bahan alam di PAUD Nurul Hidayah Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4). 29-37. https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/19069

Mursid. (2018). Belajar dan Pebelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Siddiq, U., & Moh Miftachul Choiri. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pen-didikan. Ponorogo: CV Nata Karya.

Sufiati, V., & Afifah, S. N. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48-53. 10.21831/jpa.v8i1.26609

Susilawati, S., Syukri, M., & Ali, M. Peningkatan kecerdasan interpersonal melalui metode pemberiantugas kelompok pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pem-belajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(6). 1-9. https://doi.org/10.26418/jppk.v8i6.33433

Syukur, A., & Fallo, Y. T. (2019). Peningkatan kemampuan anak dalam mengenal kon-sep bilangan melalui penggunaan media pembelajaran berbasis alam. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 1-11. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5365

Utami, F., & Prasetyo, I. (2021). Pengasuhan keluarga terhadap perkembangan karakter disiplin anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1777-1786. DOI: 10.31004/obsesi.v5i2.985

Yanti, D. (2020). Metode pemberian tugas pembelajaran pada anak usia dini di masa pandemi covid-19. E-JURNAL AKSIOMA AL-ASAS, 1(2). 86-99 https://doi.org/10.55171/jaa.v1i2.624

Published

2024-11-14