Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Produk Berbasis Problem Based Learning pada Anak Kelas 1 Sekolah Dasar
Keywords:
Differentiated Products, Problem Based Learning , Differentiated LearningAbstract
References
Ambarita, J., Jarwati, S., & Restanti, D. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Penerbit Adab.
Arumasharroh, R., Purnamasari, V., & Rachmawati, Y. (n.d.). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas III SD Negeri Sendangmulyo 02.
Aslan, A. (2021). Problem-Based Learning in Live Online Classes: Learning Achievement, Problem-Solving Skill, Communication Skill, and Interaction. Computers & Education, 171. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104237.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pro-gram Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Frambach, J. M., Talaat, W., Wasenitz, S., & Martimianakis, M. A. (2019). The case for plural PBL: An analysis of dominant and marginalized perspectives in the globaliza-tion of problem-based learning. Advances in Health Sciences Education, 24(5), 931–942. https://doi.org/10.1007/s10459-019-09930-4
Irianti, R. I. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pengimplementasian Pendidikan yang Sesuai dengan Kodrat Alam dan Zaman. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(2), 10. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i2.56
Kusuma, W., & Alawiyah, T. (2021). Guru Penggerak: Mendorong Gerak Maju Pendidikan Nasional. Penerbit Andi.
Kusumawati, I., Citrawati Lestari, N., Sihombing, C., Purnawati, F., Wahyu P Soemarsono, D., Kamadi, L., Valentino Latuheru, R., & Hanafi, S. (2023). Pengantar Pendidikan. CV Rey Media Grafika.
Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Cv. Afifa Utama.
Ningrum, M., Maghfiroh, & Andriani, R. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 85–100. https://doi.org/10.33367/jiee.v5i1.3513
Putri Febrianti, V. (2023). Analisis Kesulitan Guru Biologi SMAN 2 Pandeglang dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Terdiferensiasi. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 6(1), 17–24. https://doi.org/10.21009/JPI.061.03
Setiawan, Y., Kurnia, G. J., & Soetedja, Z. S. (2023). Implementasi Pembelajaran Ber-diferensiasi Berbasis Asesmen Diagnosis pada Pembelajaran Seni Rupa di SMA. 5(1).
Sopianti, D. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS XI DI SMAN 5 GARUT. 1(1).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Tan, Oo. S. (2004). Enhancing Thinking through Problem Based learning Approaches. Cengage Learning.
Tarigan, M., Alvindi, A., Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean, P. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Maha-guru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 149–159. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922
Triwibowo, R., Sumardi, L., & Fauzan, A. (2024). Implementasi Pembelajaran PPKn Berbasis Kurikulum Merdeka di SMAN 4 Mataram. ISLAMIKA, 6(2), 647–680. https://doi.org/10.36088/islamika.v6i2.4620
Widyawati, R., & Rachmadyanti, P. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Ber-diferensiasi. 11.
Yuliana, Y., & Winanto, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Kerja Sama dan Hasil Belajar Tema 9. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(6), 7378–7386. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4092