Metode Bernyanyi: Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini
Keywords:
Singing Method, Confidence, Early ChildhoodAbstract
Rasa percaya diri pada anak merupakan kemampuan yang perlu dikembangkan melalui suatu metode pembelajaran yang diajarkan di sekolah, salah satunya adalah dengan menggunakan metode bernyanyi, sebab kemampuan rasa percaya diri anak kelompok B menunjukan hasil yang rendah dikarenakan kurangnya stimulus dalam pembelajaran I kelas. Oleh karena itu tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mengoptimalkan rasa percaya diri anak-anak melalui metode bernyanyi. Penelitian ini diteliti dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan jenis model penelitian Kemmis & Mc. Taggart dengan subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 11. Setelah data terkumpul, data dianalisis data menggunakan nilai rata-rata dalam bentuk persentase yang diperoleh dari data observasi. Setelah dianalisis diperoleh hasil penelitian bahwa terdapat peningkatan rasa percaya diri anak yang di setiap siklus antara lain 1) kemampuan rasa percaya diri pada pra siklus berada pada nilai rata-rata 40,90%, mengalami peningkatan pada siklus I dengan nilai rata-rata 50,30% dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 78,78%, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan metode bernyanyi yang diterapkan sebagai solusi permasalahan yang dilaksanakan mulai dari pra siklus hingga siklus ke-2 kemampuan rasa percaya diri dapat meningkatkan.
Self-confidence in children is an ability that needs to be developed through a learning method taught at school, one of which is using the singing method because the self-confidence ability of group B children shows low results due to the lack of stimulus in class I learning. Therefore, this research aimed to optimize children's self-confidence through singing methods. This research was conducted using classroom action research with the Kemmis & Mc research model. Taggart's research subjects were 11 group B children. After the data was collected, the data were analyzed using average values in the form of percentages obtained from observation data. After analysis, the research results showed that there was an increase in children's self-confidence in each cycle, including 1) the ability to feel confident in the pre-cycle was at an average value of 40.90%; 2) there was an increase in the first cycle with an average value of 50, 30%; and 3) in the second cycle the average score was 78.78%, so it can be concluded that by using the singing method as a solution to problems implemented from the pre-cycle to the second cycle, self-confidence can increase.
References
Agusriani, A. (2015). Peningkatan kemampuan motorik kasar dan kepercayaan diri melalui bermain gerak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 33–50.
Dea, L. Fertiliana, Setiawan, A., & Asmiyati, L. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun melalui metode bernyanyi menggunakan media kartu gambar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53–64.
Fabiani, R. R. M., & Krisnani, H. (2020). Pentingnya peran orang tua dalam membangun kepercayaan diri seorang anak dari usia dini. Prosiding Penelitian & Pengambdian Kepala Masysrakat, 7(1), 40–47.
Fauziah, W. (2018). Meningkatkan Percaya Diri Anak Melalui Metode Bernyanyi Di Ra Al-Falah Bina Insan Islami Simpang Asrama Simpuruik Kec. Sungai Tarab Ba-tusangkar.
Kastanja, J., & Watini, S. (2022a). Implementasi metode bernyanyi asyik dalam meningkatkan rasa percaya diri anak kelompok A1 TK Negeri Pembina Nasional. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2614–8854. Http://Jiip.Stkipyapisdompu.Ac.Id
Kastanja, J., & Watini, S. (2022b). Implementasi metode bernyanyi asyik dalam meningkatkan rasa percaya diri Kelompok A1 TK Negeri Pembina Tingkat Nasional. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2171. Https://Doi.Org/10.37905/Aksara.8.3.2171-2180.2022
Kurniasih, K., Supena, A., & Nurani, Y. (2021). Peningkatan kepercayaan diri anak usia dini melalui kegiatan jurnal pagi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2250–2258. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i2.1109
Lahadji, S., & Salam, A. (2021). Meningkatkan percaya diri anak usia dini melalui metodebernyanyi di tk negeri pembina tolitoli. Early Childhood Education Indonesian Journal, 4(2), 57–60.
Maryatun, I. B. (2016). Peran pendidik paud dalam membangun karakter anak. Jurnal Pendidikan, 5(1), 747–752.
Munawaroh, H., Imroatun, & Ibrohim, B. (2019). Upaya peningkatan rasa percaya diri aud melalui kegiatan bernyanyi di depan kelas. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 133–142.
Permatasari, D., Rohaeti, E. E., & Westhisi, S. M. (2019). Meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia dini melalui metode bernyanyi pada anak Kelompok B. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 230–236. Https://Doi.Org/10.22460/Ceria.V2i5.P230-236