Profil Pelajar Pancasila: Studi Kasus Capaian Karakter di PAUD Istiqomah

Authors

  • Yuli Yulianti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Istiqomah, Kota Bandung
  • Wikanengsih Wikanengsih Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi
  • Rita Nurunnisa Insitut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi https://orcid.org/0009-0007-4481-0477

Keywords:

Character Education, Pancasila Student Profile

Abstract

Pendidikan karakter sangat penting diterapkan sejak usia dini karena akan berpengaruh terhadap kehidupan selanjutnya. Penguatan karakter profil pelajar Pancasila terdapat pada kurikulum merdeka. Beberapa sekolah sudah mulai menerapkan kurikulum merdeka termasuk PAUD Istiqomah Bandung sehingga peneliti tertarik untuk menganalisa adanya capaian karakter profil pelajar Pancasila pada seluruh anak melalui serangkaian kegiatan pembelajaran sehari-hari dari mulai kegiatan pembuka sampai penutup. Metode penelitian menggunakan studi kasus dengan sasaran penelitian seluruh anak kelompok A dan B di PAUD Istiqomah. Pengumpulan data berupa observasi terhadap seluruh anak pada saat pembelajaran berlangsung, wawancara terhadap guru dan studi dokumentasi. Data dikaji dengan mengunakan model Miles dan Huberman mencakup 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan tercapainya 5 dari 6 dimensi karakter profil pelajar Pancasila di PAUD Istiqomah, yaitu; (1) beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, (2) mandiri, (3) bergotong royong, (4) berkebhinekaan global, dan (5) kreatif, namun capaian karakter bernalar kritis masih rendah, sehingga perlu adanya inovasi kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan capaian tersebut.

Character education is critical to implement from an early age because it will influence later life. Strengthening the character of the Pancasila student profile is found in the independent curriculum. Several schools have started implementing the independent curriculum, including PAUD Istiqomah Bandung, so researchers are interested in analyzing the achievements of the Pancasila student profile character among all children through a series of daily learning activities from opening to closing activities. The research method uses a case study, with the research target being all children in groups A and B at PAUD Istiqomah. Data collection involves observations of all children during learning, teacher interviews, and documentation studies. The data was studied using the Miles and Huberman model, which includes three stages, namely data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this research show that five of the six dimensions of the character profile of Pancasila students at PAUD Istiqomah have been achieved, namely: (1) have faith, have devotion to God Almighty, and have noble character; (2) be independent; (3) work together; (4) have global diversity; and (5) be creative, but the achievement of critical reasoning character is still low, so there is a need for innovation learning activities that can improve these achievements.

References

Diputera, A. M., Damanik, S. H., & Wahyuni, V. (2022). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Prototipe untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(1), 1-12. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i1.32650

Harahap, R. A. S. (2022). Mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui bermain. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 625-630. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6601

Hidayat, T., & Purwokerto, U. M. (2019). Pembahasan studi kasus sebagai bagian metodologi penelitian. Jurnal Study Kasus, 3(1), 1-13. https://www.researchgate.net/profile/Taufik-Hidayat-32/publication/335227300_PEMBAHASAN_STUDI_KASUS_SEBAGAI_BAGIAN_METODOLOGI_PENELITIAN/links/5d58b188299bf151badcdc65/PEMBAHASAN-STUDI-KASUS-SEBAGAI-BAGIAN-METODOLOGI-PENELITIAN.pdf

Hidaya, N., & Aisna, Y. (2020). Pendidikan karakter anak usia dini sebagai upaya peningkatan karakter bangsa: Literature Review. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak, 2(1), 11-22. 10.29300/hawapsga.v2i1.2793

Lesmana, I. (2022). Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Pada Jenjang Pra Sekolah Ditinjau Dari Konsep Psikokultural. Semnas Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila pada PAUD dan Pendidikan Dasar, 1(1). https://conference.um.ac.id/index.php/ap/article/view/3328/0

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas program sekolah ramah anak dalam meningkatkan karakter anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20-29. 10.31004/obsesi.v4i1.204

Peraturan Menteri Pendidikan serta Kebudayaan No 22 tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementrian dan Pendidikan Kebudayaan Tahun 2020-2024

Safitri, H. D. A. (2022). Strategi Implementasi Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Pada Jenjang Paud (Studi Kasus Di Kb Tunas Bangsa). Semnas Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila pada PAUD dan Pendidikan Dasar, 1(1). https://conference.um.ac.id/index.php/ap/article/view/3327

Simatupang, N. D., Widayati, S., Adhe, K. R., & Shobah, A. N. (2021). Penanaman Kemandirian Pada Anak Usia Dini Di Sekolah. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Inte-gratif (AUDHI), 3(2), 52-59. http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v3i2.593

Sitompul E., Dhieni N., & Hapidin. (2022). Karakter Gotong Royong dalam Paket Pem-belajaran Tokoh Sema. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3473-3487. 10.31004/obsesi.v6i4.1674

Sulistyati, D. M,.Wahyaningsih, S., Wijania, W. I., (2021). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1679308669_manage_file.pdf

Downloads

Published

2024-09-18